Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Kenapa Game PUBG Mobile Jadi Game Terpopuler Saat ini

Mengingat jejak keberhasilan game PUBG versi PC, yang telah dirilis secara resmi pada akhir tahun 2017 ,setelah melewati tahap pengembangan early access. Saat itu game PUBG menjadi salah satu game terpopuler ,yang paling sering dimainkan di platform Steam. Bahkan game ini juga mengalahkan kepopuleran,  dari game yang dikembangkan oleh Valve ,seperti CS:GO dan Dota 2.  

Meskipun di pertengahan tahun ini , PUBG versi PC mengalami sedikit penurunan , dikarenakan  hadirnya pesaing dari game battle royale lain seperti Fortnite , atau mungkin juga karena ,sedikit lambat atau kurangnya Bluehole studio selaku developer , dalam memberikan update terbaru dan juga perbaikan atau peningkatan performa. Namun sampai saat ini versi PCnya , terutama dari segi player atau penggunanya yang bermain , masih terbilang stabil. Kita bisa lihat masih banyaknya streamer atau youtuber ,yang membuat konten tentang PUBG, begitu juga jumlah player di dalam game (steamdb).

7 Inilah Alasan Mengapa Faktor Penyebab Kenapa Game PUBG Mobile Jadi Game Begitu Populer Terpopuler Saat ini

Beda halnya  jika kita bandingkan dengan versi hape , atau untuk smartphonenya yang  disebut PUBG Mobile ,yang saat ini terus mengalami peningkatan  dari segi jumlah user atau penggunanya , hingga mencapai 10 juta pengguna aktif harian ,berdasarkan sumber gadgetndtv, yang bisa kalian baca artikelnya disini. Karena kepopuleran game PUBG Mobile ini , mungkin sebagian dari kalian ,sedikit penasaran tentang faktor apa yang membuatnya populer. Pada artikel kali ini ,saya akan membahas 7 Alasan Kenapa Game PUBG Mobile Jadi Game Terpopuler Saat ini ,berdasarkan referensi dari riset saya sendiri .Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :








Berikut 7 Alasan atau Faktor Kenapa Game PUBG Mobile Jadi Game Terpopuler Saat ini:


1. Gratis vs Berbayar

PUBG Mobile di Google Play Store
PUBG Mobile di Google Play Store

Faktor atau alasan yang pertama , yang membuat PUBG Mobile menjadi populer , yaitu karena game ini dapat dimainkan secara free alias gratis. Berbeda dengan PUBG versi PC ,yang dimana kita harus membayar 200 rb , untuk memainkanya lewat platform Steam. Serta kita juga harus memiliki spesifikasi pc atau komputer yang mumpuni , agar kita nyaman memainkan game ini. 

Nah, jika di PUBG Mobile kita cukup menggunakan hape atau smartphone kita , dengan memori ram 2GB atau 3GB lebih. Serta cukup koneksi internet untuk mendownload dan menginstallnya di Google Play Store ,kita sudah bisa memainkan game ini ,bersama teman-teman kalian.


Belum lagi untuk kalian ,yang terbiasa nyaman dengan mouse dan keyboard , kita juga bisa menggunakan emulator ,untuk memainkanya , atau kalian juga bisa main dan install emulator tencent gaming buddy ,yang merupakan Official PUBG Mobile Emulator.



2. Menjangkau semua kalangan




Tak sedikit ,banyak cewek gamer yang memainkan game PUBG Mobile ini ,karena mudahnya akses lewat hape atau smartphone mereka (gambar ilustrasi)
Tak sedikit ,banyak cewek gamer yang memainkan game PUBG Mobile ini ,karena mudahnya akses lewat hape atau smartphone mereka (gambar ilustrasi)

Faktor yang kedua yaitu , karena rilisnya versi mobile ,  dan  dapat dimainkan secara gratis ini juga , PUBG Mobile dapat menjangkau semua kalangan. Baik itu gamer atau-non-gamer sekalipun , sehingga pastinya akan ada banyak pemula yang belum mengenal game PUBG sebelumnya , ingin mencoba memainkan game ini.

Seperti yang kita tahu juga ,karena banyak juga game jenis lain ,yang mengalami peningkatkan jumlah player , dan juga dari segi keuntungan pastinya, sejak rilisnya versi mobile. Karena balik lagi tentunya , kita tidak perlu memiliki spesifikasi komputer yang high end ,untuk dapat memainkan game ini. Kita bisa memainkan game ini kapan saja  dan dimana saja , lewat hape atau smartphone kita , dan juga koneksi internet yang tersebar di berbagai tempat.




3. Dinantikan Sebelum Rilis versi Global




Faktor yang ketiga , meskipun game battle royale versi hape atau smartphone ,yang mirip atau tiruan PUBG  sudah lebih dulu ada. Tak mengganggu versi aslinya yaitu PUBG Mobile dirilis secara global. Justru dinantikan oleh banyak player atau pengguna , yang ingin memainkanya lewat hape atau smartphone mereka. Hypenya muncul sejak perilisan versi china , jadi banyak player atau pengguna yang menunggu versi inggris atau globalnya rilis.


Karena dinantikan oleh banyak player atau pengguna , tak heran saat setelah beberapa hari rilis PUBG Mobile di Google Play Store , sudah mencapai jutaan unduhan. Hingga sampai saat ini sudah lebih dari 50+ juta unduhan terinstall PUBG Mobile.


Mengingat kepopuleran game PUBG Mobile , dikarenakan sudah dikenal sejak rilisnya versi PC ,seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Jadi bukan tiba-tiba atau mendadak populer seperti sekarang ini.




4. Fitur Share atau Pamer Screenshot


Fitur Share Screenshot di PUBG Mobile
Fitur Share Screenshot di PUBG Mobile



Faktor keempat yaitu , di dalam game PUBG Mobile terdapat fitur share , untuk pamer screenshot. Kalian bisa pamer screenshot saat winner chicken dinner , statistik ranking ,atau saat mendapatkan outfit langka. Selanjutnya , kalian bisa share atau bagikan ke akun facebook atau twitter kalian. 

Karena  pastinya bakalan ada orang atau teman  ,yang melihat postingan yang kalian bagikan. Sehingga bakalan muncul rasa penasaran ,untuk menanyakan game apa ,yang sedang kalian mainkan. Strategi ini memang terbukti ampuh , untuk meningkatkan jumlah player atau pengguna , khususnya untuk game mobile. Seperti yang dilakukkan game developer lain ,selain mengiklankan gamenya.





5. Banyak Streamer atau Youtuber yang Memainkanya

Youtube Channel resmi PUBG Mobile
Youtube Channel resmi PUBG Mobile 


Faktor yang kelima juga ,yang pastinya sangat signifikan ,yaitu berkat banyaknya streamer atau youtuber yang memainkan game PUBG Mobile. Karena pastinya para subscriber atau viewer , akan senang melihat sang youtuber atau streamer saat bermain game. 

Otomatis karena sebagian viewer atau subscriber ada yang penasaran ingin mencoba gamenya, dan juga ada kesamaan atau kedekatan karena sama-sama suka gamenya. 

Selain itu juga banyaknya youtuber yang membuat konten ,dengan upload video seputar tips dan trik ,cara bermain , gameplay ,konten lucu atau funny moment, dan tema konten lain ,yang pastinya sudah banyak beredar di youtube. Turut berpartisipasi meningkatkan kepopuleran game PUBG Mobile ini



6. Update yang rutin oleh developer



Faktor yang keenam , tentu hal ini juga karena ,update yang secara rutin diberikan oleh developer. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang 7 Perbedaan Game PUBG Versi Mobile dengan PUBG Versi PC . 

Dari artikel tersebut saya menjelaskan bahwa , pada PUBG versi PC ,dibuat dan dikembangkan oleh Bluehole Studio ,yang bekerja sama dengan PUBG Corporation. Sedangkan untuk PUBG versi Mobile , dibuat dan dikembangkan oleh LightSpeed & Quantum Studio ,yang bekerja sama dengan Tencent Games. Jadi perusahaan Tencent ,hanya membeli lisensi atau hak cipta saja kepada PUBG Corporation. Namun kedua versi game PUBG tersebut ,sama-sama dikembangkan menggunakan software game engine ,yang bernama Unreal Engine.

Karena faktor perbedaan inilah ,yang membuat update dan fitur yang diberikan di dalam PUBG Mobile, berbeda dengan yang terdapat pada PUBG versi PC.

Salah satu update fitur yang sangat berguna, bagi para pemula di PUBG Mobile,  yaitu adanya fitur training mode. Dengan adanya training mode ini ,para pemula atau yang sering memainkan game  ini ,dapat mencoba belajar dan berlatih menembak ,membidik ,dan mengendalikan senjata ,yang ada di dalam game PUBG Mobile.



7. Karena gameplay dan konsep "Battle Royale"

Sebelum mulai di terbangkan pesawat  ,kita akan menunggu dulu Game PUBG Mobile Android
Sebelum mulai di terbangkan pesawat  ,kita akan menunggu dulu.

Faktor yang ketujuh ,  pastinya sebagian dari kalian para player atau pengguna, sudah tahu  bahwa kepopuleran  PUBG ini , bukan semata-mata game ini menggunakan senjata untuk  tembak-tembakan saja. Namun , game ini mengusung konsep battle royale , yang dimana konsep tersebut  , masih sangat jarang ada game yang populer seperti PUBG.

Bagi kalian , yang sudah pernah nonton film Battle Royale,  dari Jepang yang rilis di tahun 2000 ,  pasti sudah familiar atau akrab dengan gameplay PUBG. Karena memang sang kreator Brendan Greene , terinsipirasi dari film tersebut. Dimana cerita di film tersebut ,semua murid dalam satu kelas , harus saling membunuh satu sama lain , dengan senjata dan peralatan seadanya , sampai hanya 1 orang yang tersisa,  dialah pemenangnya. 


Setelah di implementasikan ke dalam game , terdapat beberapa perbedaan dan perubahan , pada game PUBG ini. Seperti kalian sebagai player ,  bisa bermain sendiri (solo mode) , 2 orang (duo mode ) dan juga 4 orang (squad mode). Kalian akan di kumpulkan pada suatu pulau ,yang berjumlah 100 orang atau player ,termasuk sesama tim kalian. Selanjutnya  kalian akan di terbangkan menggunakan pesawat , pada map yang tersedia , kalian bisa memlih tempat dimana kalian turun , untuk terjun payung menggunakan parasut.  



Demikan  artikel tentang 7 Alasan Kenapa Game PUBG Mobile Jadi Game Terpopuler Saat ini. Tentu saja masih ada faktor-faktor lain ,yang menyebabkan game PUBG Mobile menjadi sangat populer sampai sekarang ini. Tapi setidaknya ,artikel diatas sedikit menjelaskan dan memberikan gambaran referensi,  untuk kalian yang penasaran tentang faktor apa , yang membuat PUBG Mobile populer.

Post a Comment for "7 Alasan Kenapa Game PUBG Mobile Jadi Game Terpopuler Saat ini"