Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Cara Membuat Aplikasi Basic Android Augmented Reality di Unity dan Vuforia

Augmented Reality atau biasa disingkat AR merupakan  suatu gabungan teknologi antara benda maya yang meliputi 2D atau 3D ke dalam sebuah ruang lingkup tata ruang yang nyata. Augmented Reality masih tergolong teknologi baru ,dan sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan agar bisa berguna dan bermanfaat digunakan di masyarakat. Namun ada produk waralaba yang sudah diaplikasikan menggunakan teknologi Augmented Reality seperti Google Glass produk dari Google. Augmented Reality Memang Pertama kali di kenal di Negara Amerika Serikat dan Jepang. Dan juga Smartphone Android yang mendemokan  Augmented Reality pertamakali yaitu merk HTC.

Berikut  Daftar Video Augmented Reality di Youtube.




Nah gimana keren kan masih banyak  Contoh -contoh Video Augmented Reality lainya.. yang bisa kalian temukan di Youtube.

Nah Sekarang kita akan Belajar Cara Membuat Aplikasi Basic  Augmented Reality di Unity dan Vuforia di  Smartphone Android, atau juga di Tablet Android agar Tampilan layar jadi lebih besar. Aplikasi yang akan dibuat sederhana , mungkin bisa juga disebut Basic untuk Membuat Aplikasi Augmented Reality di Unity dan Vuforia khususnya di Platform Android.


Kita Menggunakan Software Unity Free dan Plugin Vuforia untuk membuatnya.

Yang kalian butuhkan :


  1. Smartphone/Tablet Android
  2. Software Unitiy Free (http://unity3d.com/unity/download)
  3. Plugin Vuforia SDK (https://developer.vuforia.com/)

Loading Unity 4.3.0


Setelah kalian Download Unity Free (kalian bisa membeli versi Pro ) kalian klik Unity-Setup.exe nya lalu Install Seperti Software pada Umumnya(Versi Unity akan berubah tergantung Update).

Unity-Setup.exe
Unity Setup
Lalu Setelah Install Kalian Buka Software Unitynya kalian akan melihat loading Unity seperti gambar dibawah:

Loading Unity 4.3.0
Loading Unity 4.3.0





Lalu kita buat Project Baru 
File >New Project

Kalian Bisa menentukan lokasi folder untuk penyimpanan project dan memberi nama project.

Lalu Pilih Create
lokasi folder untuk penyimpanan project.
Lokasi Folder Project

Kemudian kalian akan melihat tampilan  default Unity  seperti gambar di bawah:

Tampilan Default Unity
Layout Default Unity

Sebelumnya kita perlu Setting ke Platform Android agar bisa berjalan di Smartphone/Tablet Android kita.

Pilih File > Build Settings 

Build Setting Unity
File > Build Settings



Lalu muncul tampilan Build Settings Seperti gambar di bawah:
Kita Pilih Platform Android lalu Switch Platform.
Setelah itu Pilih Player Settings.

Build Settings Unity
Build Settings Unity

Akan muncul tampilan Player Settings Seperti gambar  di bawah :

Pilih Resolution and Presentation atur seperti di gambar

Resolution and Presentation
Player Settings

Pilih Other Settings , lalu atur Bundle Identifier dan Minumum Api Levelnya.

Other Settings
Player Settings


Setelah itu kita import Vuforia SDK kedalam Project Aplikasi kita.
Bisa juga disebut Vuforia Unity  Plugin (Versi Vuforia akan berubah tergantung Update) .

Vuforia Unity  Package
Vuforia Unity 
Pilih All dan Import.





Package Vuforia Plugin akan masuk ke folder Assets di Unity seperti di gambar


Vuforia di Unity
Vuforia di Unity

Untuk Membuat Aplikasi  Basic  Android Augmented Reality kita bisa Mencari folder Prefabs

lokasi : Assets>Qualcomm Augmented Reality>Prefabs

Kita bisa menghapus Main Camera, lalu Mendrag file ARCamera dan ImageTarget kedalam panel Hierarchy.


Drag file ARCamera dan Image Target
Drag file ARCamera dan Image Target


Kemudian kita akan membuat Marker dari Image Target

Pilih Image Target pada panel Hierarchy lalu pada bagian Inspector di bagian Kanan  pilih No Target Defined...



Kita akan masuk ke Situs Web Vuforia Developer Portal

Jika kalian sudah punya akun Vuforia Developer kalian bisa Login jika belum kalian bisa Register.

Lalu kalian bisa menyiapkan gambar untuk Marker pada Image Target

Saya menggunakan Gambar berikut untuk Marker.






Kalian bisa membuat Database untuk menyimpan gambar-gambar untuk Marker.
Dengan cara pada Target Manager pilih Create Database  lalu isi nama database.

Create Database Marker
Create Database
Pilih nama Database kalian


Lalu Pilih Add Target pajak kanan atas.

Add Target
Lalu isi  Target Name,  pilih Target Type. atur Target Dimension dan lokasi gambar yang akan dijadikan Marker pada Target Image File seperti gambar di bawah.(Atau sesuaikan dengan settingan kalian).


Add New Target
Add  New Target

Pilih Target yang telah di buat, kemudian pilih Download Selected Targets.


Pilih Target
Pilh Target

Akan muncul Tampilan Download Selected Targets.

Pilih Unity Editor lalu Create


Download Selected Targets.
Download Selected Targets


Secara  Otomatis akan mendownload unitypackage.

Buka unitypackage yang telah dibuat .


Kemudian akan muncul tampilan Importing Package
Pilih All lalu Import.

Import Unity Package Pilih All lalu Import.
Import Unity Package

Pada bagian Image Target Behaviour.

Atur Data Set dan sesuaikan dengan nama unitypackage kalian

Dan Marker akan terload secara otomatis

Image Target Behaviour.
Image Target Behaviour



Kemudian kita atur Camera Priview pada ARCamera dan kita setting pada bagian Inspectors
seperti gambar dibawah

Atur Camera Priview dan Setting Inspector
Atur Camera Priview dan Setting Inspector



Setelah semua selesai kita buat Object 3D , kita bisa buat Sample 3D nya di Unity 

(i) Software Unity Bukan Software Modelling kalian harus membuat Model 3D nya di Software Modelling seperti Blender dan 3DSMax

Kalian bisa membuatnya dengan memilih GameObject>Create Other> Pilih Cube(atau Obyek 3D lain)

 GameObject>Create Other> Pilih Cube(atau Obyek 3D lain)
Game Object 

Kemudian Posisikan Cube ata Obyek 3D lain tepat diatas Marker yang telah di buat seperti gambar .



Posisikan Cube ata Obyek 3D lain tepat diatas Marker
Posisi Obyek tepat di Atas Marker


Setelah selesai semuanya kita Jalankan Aplikasi di menu Build Settings.
Pilih Add Curent lalu Build And Run. lalu save nama apk kalian.

Pastikan Smartphone/Tablet Android kalian sudah menggunakan mode USB Debugging  dan Adb/Usb driver sudah terinstall di PC/Laptop kalian. Untuk perangkat Android bertipe MTK bisa Baca: Cara Menginstall ADB Driver jenis MTK 65xx di Komputer.


Build Settings.
Build And Run



Saat kita menempatkan Aplikasi AR kita pada marker hasilnya akan seperti gambar dibawah

Hasil :

Hasil Aplikasi Basic Android Augmented Reality di Unity dan Vuforia
Hasil 


Selesai

12 comments for "Belajar Cara Membuat Aplikasi Basic Android Augmented Reality di Unity dan Vuforia"

  1. Mas minta tolong itu kok model saya tetep ada yah padahal udah gak diarahin kemarker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga. Jadi walaupun modelnya gak diarahin ke marker dianya tetep muncul, ganggu. Mohon pencerahannya mas

      Delete
    2. saya belum mengalami yang bgtu si mas intinya sih naro 3dnya di atas marker coba ulangi step by stepnya mas mungkin ada yng kelewat..

      Delete
  2. Numpang tanya gan, knp pas saya build and run kok engga bisa yaa??
    Bisa proses tapi engga selesai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan JDK nya belum terinstall gan ..ane make jdk 7

      Delete
  3. mas mau tanya dong, kalo bikin aplikasi AR nya ada home pagenya bisa ga ? jd ketika user membuka aplikasi ga langsung ke kamera, tp ke home page dulu baru nanti di home page ada tombol untuk ke kamera AR nya. kalo ada, mohon pencerahannya mas Fathur :)

    ReplyDelete
  4. mas saya udh mencoba, dan bisa , tapi ada kendala yaitu kamera ngk bisa full screen, cuma di pojokan kecil pula, mungkin ada solusi?

    ReplyDelete
  5. gan, agan punya SDK unity vuforia Video Playback gak gan? yang versi 3.0.10
    Kalo agan ada, ane mau donk... :)

    ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan tulisan diatas, saya juga memiliki tulisan serupa mengenai Augmented Reality, kunjungi balik ya disini Terimakasih.

    ReplyDelete
  7. mas saat aplikasi AR di jalankan di hp android kok blank y? gmn solusinya?

    ReplyDelete
  8. Mas saya kan mau bikin button yang menempel di layar di scene yg ada augmented realitynya jdi bukan di objeknya. Saya coba pake ui button ga bisa, gimana ya caranya ? Makasih

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP