Contoh Program Membuat Segitiga Bintang dan Angka di Java
Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program tentang membuat segitiga bintang dan angka ,menggunakan bahasa pemrograman Java. Seperti yang kita tahu , jika kita sebelumnya sudah mengenal atau mempelari tentang Looping (Perulangan) , dan Nested Loops (Perulangan Bersarang) ,kita dapat membuat suatu pola ,yang dapat digambarkan atau ditampilkan dalam bentuk segitiga , dengan barisan bintang (*) , dan juga angka (123). Ini juga merupakan salah satu latihan yang penting ,dalam meningkatkan kemampuan coding kalian.
Biasanya ini juga merupakan salah satu tugas atau ujian test , yang diberikan oleh dosen , saat kalian menjadi mahasiswa ,khususnya untuk jurusan seperti ilmu komputer. Serta ini juga , termasuk salah satu test , jika kalian ingin melamar dan bekerja sebagai programmer Java. Oleh karena itu , sekarang kita akan mencoba membuatnya , pada program java berikut. Selangkapnya , mari kita simak lebih lanjut:
1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.
2. Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:
Latihan awal :
Contoh Code:
Penjelasan :
Pada contoh code awal diatas, pertama kita mendeklarasikan variable a dan b.
Disini kita akan bagi perulangannya menjadi 2 jenis , yaitu outer loop dan inner loop.
Pada outer loop , tepatnya ,pada code (a = 1; a <= 5; a++) , yang artinya kita memberikan nilai =1 ,sebagai awalan looping pada variable a, yang dimana jika a kurang dari sama dengan 5. Maka , lakukan penambahan nilai atau increement.
Di dalam block outer loop {} ,kita gunakan untuk mengakhiri baris spasi ke bawah , dan juga untuk menampilkan perulangan inner loop sebanyak 5x , yang menampilkan baris bintang.
Selanjutnya pada inner loop ,tepatnya pada code (b = 1; b <= 4; b++) , yang artinya kita memberikan nilai =1 , sebagai awalan looping pada variable b , yang dimana jika b kurang dari sama dengan 4. Maka , lakukan penambahan nilai atau increement.
Di dalam block inner loop {} ,kita gunakan untuk menampilkan baris bintang ,yang berjumlah 4 bintang.
Setelah itu , kita jalankan programnya lalu kita lihat output hasilnya.
Output :
1. Menampilkan Segitiga Siku-Siku
Latihan awal :
Contoh Code:
Contoh Code Awal |
Penjelasan :
Pada contoh code awal diatas, pertama kita mendeklarasikan variable a dan b.
Disini kita akan bagi perulangannya menjadi 2 jenis , yaitu outer loop dan inner loop.
Pada outer loop , tepatnya ,pada code (a = 1; a <= 5; a++) , yang artinya kita memberikan nilai =1 ,sebagai awalan looping pada variable a, yang dimana jika a kurang dari sama dengan 5. Maka , lakukan penambahan nilai atau increement.
Di dalam block outer loop {} ,kita gunakan untuk mengakhiri baris spasi ke bawah , dan juga untuk menampilkan perulangan inner loop sebanyak 5x , yang menampilkan baris bintang.
Selanjutnya pada inner loop ,tepatnya pada code (b = 1; b <= 4; b++) , yang artinya kita memberikan nilai =1 , sebagai awalan looping pada variable b , yang dimana jika b kurang dari sama dengan 4. Maka , lakukan penambahan nilai atau increement.
Di dalam block inner loop {} ,kita gunakan untuk menampilkan baris bintang ,yang berjumlah 4 bintang.
Setelah itu , kita jalankan programnya lalu kita lihat output hasilnya.
Output :
Output Hasil |
1. Menampilkan Segitiga Siku-Siku
- Dengan pola barisan bintang
Contoh Code Perulangan Bintang Segitiga Siku-Siku |
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas , pertama kita mendeklarasikan variable x dan y ,yang digunakan untuk menyimpan nilai index dari perulangan for.
Disini kita menggunakan perulangan , yang terbagi menjadi 2 jenis, yaitu outer loop (perulangan luar ) dan inner loop (perulangan dalam).
Pada outer loop , bertugas untuk menambah spasi ke bawah , yang akan membentuk pola segitiga.
Pada inner loop , bertugas untuk menampilkan barisan bintang.
Pada code ( x = 1; x <= 6; x++) , yang artinya kita menggunakan variable x ,untuk menyimpan nilai index ,yang dimana kondisinya kurang dari sama dengan 6 , lalu lakukan penambahan nilai atau increement.
Begitu juga dengan code (y = 1; y <= x; y++) , yang artinya kita menggunakan variable y , untuk menyimpan nilai index, yang dimana kondisinya kurang dari sama dengan , nilai yang ada di variable x , lalu lakukan penambahan nilai atau increement.
Selanjutnya , di dalam block {} kedua perulangan for tersebut , kita menampilkan output hasilnya ,dengan method print() dan println().
Setelah itu ,kita jalankan programnya , akan membentuk barisan bintang dari 1 sampai 6.
Output :
Output Hasil Program Perulangan Bintang Segitiga Siku-Siku |
- Dengan pola barisan angka
Contoh Code:
Contoh Code Perulangan Angka Segitiga Siku-Siku |
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas ,sebenarnya sama seperti yang sudah dijelaskan pada contoh code program pertama ,yang menampilkan perulangan barisan bintang.
Hanya saja, bedanya kita disini menggunakan nilai angka ,yang terdapat pada variable y, dengan spasi kesamping ,tepatnya pada code (System.out.print(y+" ");
Setelah itu , kita tampilkan output hasilnya.
Output :
Output Hasil Program Perulangan Angka Segitiga Siku-Siku |
Contoh Code :
Contoh Code Perulangan Angka Segitiga Siku-Siku 2 |
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas ,sedikit berbeda dengan contoh code program kedua ,dengan perulangan angka.
Bedanya disini , terletak pada hasil yang akan ditampilkan ,dan juga penggunaan method dengan keyword static.
Pada method yang bernama cetakAngka (dengan parameter int a ) ,di dalamnya kita mendeklarasikan variable x dan y , dan juga menginisialisasi nilai pada variable angka = 1.
Jadi variable angka , ditentukan dengan nilai 1 , sebagai awalan untuk pola yang akan dibentuk , yang dimana polanya bukan 1 12 123 1234 , tapi akan menampilkan pola 1 23 456.. dan seterusnya.
Selanjutnya ,pada outer loop kita hanya perlu , menggunakan baris code System.out.println(); ,untuk membuat spasi ke bawah , atau mengakhiri baris ,untuk membentuk segitiga.
Pada inner loop , kita menggunakan baris code System.out.print(angka + " "); , untuk menampilkan nilai pada variable angka, lalu melakukan proses increement , pada code angka ++.
Pada method main atau eksekutor , kita inisialiasi variable baris , untuk menentukan berapa baris yang ingin ditampilkan. Sebagai contoh ,disini saya ingin menampilkan 4 baris.
Setelah itu kita memanggil method cetakAngka(baris);, yang diisi argument variable baris.
Output Hasil Program Perulangan Angka Segitiga Siku-Siku 2 |
2. Menampilkan Segitiga Siku-Siku Terbalik Ke bawah
- Dengan pola barisan bintang
Contoh Code Perulangan Bintang Segitiga Siku-Siku Terbalik |
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas ,hampir sama seperti contoh code pertama , pada perulangan bintang, untuk menampilkan segitiga siku-siku.
Pertama , kita mendeklarasikan variable x dan y.
Bedanya ,disini kita akan membuatnya terbalik ke bawah , khususnya untuk outer loop , pada code (x = 5; x >= 1; x--) , yang artinya kita menggunakan variable x ,lalu memberikan nilainya = 5 , sebagai awalan untuk perulangan atau looping.
Lalu kita kondisikan nilai pada variable x ,lebih dari sama dengan 1. Nah , disini bedanya kita akan lakukan pengurangan nilai atau decreement.
Output :
Output Hasil Program Perulangan Bintang Segitiga Siku-Siku Terbalik |
3. Menampilkan Segitiga Siku-Siku Terbalik Ke samping
- Dengan pola barisan angka
Contoh Code :
Contoh Code Perulangan Angka Segitiga Siku-Siku Terbalik |
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas ,untuk membentuk segitiga terbalik kesamping , pertama kita menggunakan 3 variable yaitu x , y, dan z.
Selanjutnya , kita menggunakan 1 outer loop ,dan 2 inner loop.
Lalu di outer loop , khususnya pada code (x = 1; x <= 6; x++) , kita menggunakan variable x , lalu memberikan nilainya =1 , sebagai awalan perulangan atau looping, yang dimana kondisinya, jika x kurang dari sama dengan 6 , maka lakukan iterasi atau increement.
Di dalam block {} outer loop , kita gunakan untuk membentuk spasi ke bawah.
Lalu di inner loop 1 , tepatnya pada code (y = 5; y >= x; y--) , kita menggunakan variable y , lalu memberikan nilainya = 5 , yang dimana kondisinya , jika y lebih dari sama dengan x , maka lakukan decreement.
Di dalam block {} inner loop 1 , kita gunakan untuk membentuk spasi ke samping, agar segitiga terbalik kesamping kanan.
Lalu di inner loop 2 , tepatnya pada code (z = 1; z <= x; z++) , kita menggunakan variable z , lalu memberikan nilainya = 1 , yang dimana kondisinya , jika z kurang dari sama dengan x , maka lakukan increement.
Di dalam block {} inner loop 2 , kita gunakan untuk menampilkan nilai barisan angka ,dari variable z.
Output :
Output Hasil Program Perulangan Angka Segitiga Siku-Siku Terbalik |
4. Menampilkan Segitiga Sama Kaki atau Piramida
- Dengan pola barisan bintang
Contoh Code :
Contoh Code Perulangan Bintang Segitiga Segitiga Sama Kaki atau Piramida |
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas , kita akan membentuk segitiga sama kaki atau piramida , pertama kita mendeklarasikan variable x , y ,z ,dan a.
Hampir sama ,seperti pada contoh code program ketiga, tentang menampilkan segitiga siku-siku ,terbalik kesamping.
Bedanya disini ,kita akan menambahkan inner loop 3, lalu kita akan menampilkanya dengan pola barisan bintang.
Pada inner loop 3 ,tepatnya code (a = 1; a <= x - 1; a++) , yang artinya kita menggunakan variable a , lalu memberikan nilainya =1 , yang dimana kondisinya , jika a kurang dari sama dengan x ,dan juga kurangi nilainya -1 , selanjutnya kita lakukan increement.
Di dalam block {} inner loop 3 , kita akan menampilkan pola barisan bintang.
Output :
Output Hasil Program Perulangan Angka Segitiga Sama Kaki atau Piramida |
5. Menampilkan Segitiga Sama Kaki atau Piramida Terbalik Ke bawah
- Dengan pola barisan angka
Contoh Code :
|
Penjelasan :
Pada contoh code program di atas , pertama kita mendeklarasikan variable x , y ,dan z.
Disini kita akan mencoba membuat dan menampilkan , segitiga sama kaki atau piramida terbalik ke bawah.
Lalu kita akan menggunakan outer loop , dan juga 2 inner loop, yang dibagi menjadi inner loop 1 dan inner loop 2.
Pada outer loop , khususnya code (x = 5; x >= 1; x--), yang artinya kita menggunakan variable x , lalu memberikan nilainya =5 , sebagai awalan perulangan atau looping, yang dimana kondisinya , jika x lebih dari sama dengan 1, maka kita lakukan decreement.
Di dalam block {} outer loop ,kita gunakan untuk membuat spasi ke bawah , atau mengakhiri barisan.
Pada inner loop 1 , khususnya code (y = 5; y > x; y--) ,yang artinya kita menggunakan variable y, lalu memberikan nilainya =5 , sebagai awalan perulangan atau looping ,yang dimana kondisinya , jika y lebih dari nilai di dalam variable x , maka kita lakukan decreement.
Di dalam block {}inner loop 1 , kita gunakan untuk membuat spasi ke samping , untuk membentuk segitiga siku-siku.
Selanjutnya pada inner loop 2, khususnya code (z = 1; z < (x * 2); z++) , yang artinya kita menggunakan variable z , lalu memberikan nilainya = 1, sebagai awalan perulangan atau looping , yang dimana kondisinya , jika z kurang dari hasil x dikalikan 2 , maka lakukan increement.
Disini kita akan mencoba menggandakan nilainya ,yang tadinya hanya menampilkan segitiga siku-siku , lalu karena faktor kondisi z < (x * 2) , maka yang akan tampil segitiga sama kaki atau piramida terbalik ke bawah.
Setelah itu , di dalam block inner loop 2 , kita membentuk pola barisan angka ,dengan menggunakan nilai variable z.
Output :
Output Hasil Program Perulangan Angka Segitiga Sama Kaki atau Piramida Terbalik Ke bawah |
Post a Comment for "Contoh Program Membuat Segitiga Bintang dan Angka di Java"
Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP