Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Input dan Output Menggunakan BufferedReader di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan mencoba membuat contoh program input dan output ,menggunakan  BufferedReader, di dalam bahasa pemrograman Java. Jika pada artikel sebelumnya ,kita telah membahas tentang penggunaan Scanner , disini kita akan mencoba membahas tentang penggunaan BufferedReader  di java, yang juga merupakan salah satu class library untuk input data.


BufferedReader adalah salah satu class library  di dalam bahasa pemrograman java (java.io.BufferedReader) sejak JDK Versi 1, yang fungsinya untuk membaca text , dengan menggunakan buffering ,untuk kemampuan dalam membaca ,dari  skala yang besar  dalam satu waktu. BufferedReader  akan membungkus dan  membaca karakter input stream , menggunakan objek dari class InputStreamReader (java.io.InputStreamReader) sebagai argument. InputStreamReader digunakan untuk mengkonversi byte stream menjadi character stream. Selain itu juga BufferedReader , dapat digunakan untuk membaca input file ataupun jaringan.


Contoh Program Input dan Output Data Nilai Menggunakan BufferedReader di Java





Kelebihan dari BufferedReader , bila dibandingkan dengan Scanner , yaitu memiliki thread safe , yang artinya aman digunakan untuk banyak thread (multiple thread). Serta  BufferedReader memiliki memori buffer yang lebih besar(8KB byte buffer) , dibandingkan dengan  Scanner yang hanya  (1KB char buffer). Disini kita akan mencoba menggunakanya dalam program java berikut. Selengkapnya mari kita simak lebih lanjut :




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :



Contoh Code Program Input dan Output Menggunakan BufferedReader di Java
Contoh Code 


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,beda halnya jika kita menggunakan Scanner , di BufferedReader  kita harus membuat Exception Handling terlebih dahulu , seperti pada code block  throws Exception. 

Lalu kita menginstansi objek inputStreamReader  dari class InputStreamReader , untuk menggunakan System.in  , sebagai argument untuk mengambil input ,lewat keyboard.

Serta kita instansi atau buat objek  bufferedReader dari class BufferedReader , untuk membaca text dan juga melakukan proses buffering ,dengan menggunakan objek inputStreamReader , sebagai argument.

Selanjutnya ,kita gunakan method .readLine() , untuk mengambil atau menerima inputan text dengan tipe data String , lalu kita simpan nilainya ke variable nama.


Setelah itu , kita tampilkan output hasilnya ,dengan menggunakan method .println() , dari class System.out.


Output :

Output Hasil Program Input dan Output Menggunakan BufferedReader di Java
Output Hasil



Post a Comment for "Contoh Program Input dan Output Menggunakan BufferedReader di Java"