Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer

Saat kita membeli sebuah PC(Komputer) atau Laptop , dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone , kita pasti menggunakanya untuk berbagai keperluan , baik itu untuk pekerjaan , bisnis , tugas sekolah atau kuliah , atau juga sekedar untuk hiburan semata, dan lain sebagainya.

Saat kita mulai menggunakanya , beberapa di antara kalian atau khususnya untuk pengguna awam , mungkin tidak sadar. Jika kalian sebenarnya , telah menjalankan sistem operasi ,aplikasi atau software di Komputer  , yang di dalamnya ditulis dengan bahasa pemrogramanan. 
Belajar Mengenal Contoh Dasar  Apa itu Pengenalan Pengertian Fungsi dari Bahasa Pemrograman di Komputer

Karena pada dasarnya , komputer atau smartphone , yang kita beli dan miliki , telah diprogram atau diberikan instruksi sebelumnya. Agar dapat dijalankan dan digunakan dengan baik, oleh user atau pengguna. Sebelum kita mengenal lebih jauh lagi , tentang apa itu bahasa pemrograman. Kita mungkin akan sedikit flashback sebentar,  tentang bagaimana komputer itu di ciptakan. 




1. Kapan kata Komputer pertama kali digunakan ?


Kata "komputer" sendiri ,  pertama kali digunakan pada tahun 1613 ,yang awalnya untuk menggambarkan seseorang yang mampu melakukan kalkulasi atau komputasi (baca: perhitungan). Definisi dari kata komputer ini , masih terus digunakan sampai pada akhir abad ke-19. Ketika munculnya revolusi industri  ,yang mempunyai tujuan utama ,bahwa mesin digunakan untuk perhitungan.

2. Siapa yang menemukan komputer pertama kali ?


Sekilas tentang sejarah sebuah komputer itu dapat di program, di gagas oleh mekanikal pertama yang bernama Charles Babbage. Pada tahun 1822 , Charles Babbage mulai mengembangkan suatu konsep Difference Engine, atau bisa juga disebut Mesin Penghitung.  Sayangnya , mesin yang dikembangkan itu tidak sampai selesai. Lalu pada tahun 1991 ,mesinnya mulai dikembangkan lagi. Dimana  secara fisik , komputer pada jaman dahulu ,tidak seperti yang biasa kita gunakan pada jaman sekarang. Jika kita definisikan arti yang sebenarnya, komputer dulunya adalah alat penghitung seperti halnya kalkulator.

Difference Engine
Difference Engine (source : britanica)


Jika Charles Babbage , adalah orang yang menggagas konsep mesinnya pertama kali. Berlanjut pada tahun berikutnya,  sekitar tahun 1900an. Seorang peneliti komputer modern digital pertama , yang bernama Alan Turing,  berpikir bahwa komputer ,dapat digunakan untuk berbagai keperluan , dapat menjalankan program. Serta, komputer juga dapat menjalankan sekumpulan perintah , yang dulu dinamakan sebagai Mesin Turing


Charles Babbage dan Alan Turing sang penemu dan pencipta komputer pertama kali
Charles Babbage dan Alan Turing (source 1 and 2)

  • Siapakah programmer komputer pertama di dunia ?

Beberapa di antara kalian mungkin , ada yang belum tahu siapa programmer komputer pertama di dunia. Faktanya dia adalah seorang perempuan ,yang bernama Ada Lovelace.  Ada Lovelace bekerja sama dengan Charles Babbage , dengan membantu menulis program komputer pertama , pada mesin yang merupakan pengembangan dari Difference Engine , yaitu Analytical Engine. Serta Ada Lovelace juga  , berperan menjelaskan pengenalan tentang komputer dan perangkat lunak (software).

Ada Lovelace
Ada Lovelace (source)

Mungkin itu saja ,sedikit yang bisa saya jelaskan , tentang sejarah komputer itu ditemukan dan diciptakan. Selebihnya , kalian bisa mengoreksi lebih dalam lagi.


3. Jadi Apa itu Komputer ?


Dengan kemajuan teknologi yang kian cepat dewasa ini. Pastinya,  komputer sekarang, berbeda dengan komputer jaman dahulu. Baik itu dari segi kemampuan , dari segi bentuk atau fisiknya, dan lain sebagainya. Jadi kita bisa artikan bahwa:

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Serta juga memiliki kemampuan untuk menyimpan , mengambil dan memproses suatu data. Serta dengan berkembangnya kemampuan dari hardware di jaman sekarang , komputer dapat berfungsi untuk menjalankan berbagai proses , dari suatu software aplikasi .  Seperti membuat suatu dokumen , mengirim email, browsing di Internet, bermain games, dan masih banyak lagi fungsi dari sebuah komputer, yang bisa kalian lakukan.


Contoh ilustrasi mengenal pengertian pengenalan apa itu komputer adalah
Contoh ilustrasi komputer

4. Pengertian atau definisi apa itu komputer,  menurut para ahli  , yaitu sebagai berikut :



1. Robert H Blissmer menyatakan bahwa komputer, adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas,  antara lain menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,  dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  
2. Fouri berpendapat bahwa komputer , adalah suatu alat pemroses data yang mampu melakukan perhitungan dengan jumlah besar dengan cepat,termasuk operasi logika dan aritmatika,tanpa manusia ikut campur.
  
3. Jhon J. Longkutoy, berpendapat bahwa komputer , adalah pemecah persoalan atau pengolah data yang dapat menghasilkan informasi yang diperlukan.

4. Donald H.Sanders , menyatakan bahwa komputer,  adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat ,dan tepat ,  serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output,  dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi,  program yang tersimpan di memori.

5. V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky , menyatakan bahwa  komputer , adalah mesin penghitung elektronik yang cepat , dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan,  di memorinya dan menghasilkan output informasi.

6. Gordon B. Davis Komputer adalah tipe khusus alat penghitung , yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
  
7. William M.Fouri Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) , yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.

8. Elias M Awad menyatakan bahwa komputer adalah alat hitung,  yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital),  dan data kontinyu (analog).

9. LarryLong & Nancy Long komputer adalah alat hitung elektronik , yang mampu menginterpretasikan dan melaksanakan,  perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan , dan operasi-operasi logik.

10. June Parsons berpendapat bahwa komputer,  adalah perangkat serba guna yg menerima input, proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaian instruksi di simpan.


11. Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter menyatakan bahwa komputer , merupakan perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali instruksi di simpan dalam memori, yang dapat menerima data, mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan, memproduksi hasil.

(source : reference)


5. Sekilas tentang perintah atau instruksi


Salah satu fungsi dari sebuah komputer , selain yang sudah saya sebutkan diatas , yaitu komputer dapat menciptakan dan mengembangkan suatu program. Nah , untuk membuat suatu program , dibutuhkan adanya perintah atau instruksi. Kita bisa contohkan perintah atau instruksi,  di dalam kehidupan  seperti :


  • Kalian disuruh oleh orang tua kalian , beli sesuatu di pasar atau di warung.
  • Kalian mengerjakan tugas , yang diberikan oleh guru atau dosen kalian.
  • Kalian diberi tugas, oleh bos atau atasan kalian , di dalam suatu pekerjaan.


Contoh ilustrasi perintah atau instruksi
Contoh ilustrasi perintah atau instruksi


Dari ketiga contoh perintah atau instruksi diatas ,kita bisa simpulkan bahwa , kita wajib atau harus melakukan perintah tersebut, dengan catatan itu wajib dan baik untuk kalian. Karena jika tidak  , pasti ada konsekuensinya. Itu saja,  mungkin sedikit gambaran tentang contoh,  dari suatu perintah atau instruksi. Sekarang kita coba masukan kata jika dan maka, pada  ketiga contoh perintah atau instruksi diatas. Menjadi seperti ini :



  • Jika orang tua kalian memerintahkan untuk membeli sesuatu ,maka kalian akan segera melaksanakanya.
  • Jika guru atau dosen kalian memberi tugas, maka kalian akan segera mengerjakanya.
  • Jika bos atau atasan kalian memberi tugas ,maka kalian akan segera menyelesaikanya.

Ketiga kalimat diatas ,adalah contoh bentuk respon secara logika , terhadap suatu perintah atau instruksi ,yang ditujukan kepada kalian. 


6. Apa hubunganya dengan membuat suatu program ? 

Jika kita ingin berkomunikasi  dengan orang luar negeri , seperti orang jepang , kita harus mampu berbahasa jepang , atau juga berbahasa inggris sebagai bahasa international. Seperti yang kita tahu , komputer tidak dapat mengerti bahasa manusia. Sebuah komputer , hanya dapat mengerti bahasa mesin , atau bisa juga dibilang hanya mampu membaca bilangan biner(kombinasi 0 dan 1). Nah , agar komputer dapat mengerti dan memahami bahasa manusia , perlu adanya suatu perintah atau instruksi, yang dapat menghubungkan , antara user atau kita sebagai manusia ,dengan komputer. Caranya adalah dengan menggunakan bahasa ,yang digunakan untuk media komunikasi ,antara user dengan komputer. Inilah yang biasa kita kenal sebagai bahasa pemrograman.


Apa itu bahasa pemrograman ?

Bahasa pemrograman adalah sekumpulan instruksi atau perintah standar yang digunakan oleh programer atau user ,untuk komunikasi kepada sebuah mesin,  yang bernama komputer , untuk menjalankan dan mengembangkan suatu program aplikasi atau software.

Akitvitas menulis baris code bahasa pemrograman atau disebut juga coding
Aktivitas menulis baris code bahasa pemrograman atau disebut juga coding


Jadi lewat bahasa pemrograman , kita dapat memerintahkan komputer , untuk melakukan sesuatu berdasarkan apa yang kita perintahkan , lalu menjalankan dan menciptakan  suatu program , seperti apa yang kita inginkan. 

Karena komputer ,ditemukan dan diciptakan berdasarkan alur logika atau ilmu pasti , maka ketika kita memerintahkan sesuatu ke komputer , maka komputer hanya akan memproses berdasarkan apa yang kita perintahkan. 

Seperti pada contoh kalimat ,yang menggunakan kata jika dan maka tadi. Jika kita ketik A , maka komputer akan menampilkan A. Jika kita menjalankan B , maka komputer akan menjalankan B. Beda halnya , jika terjadi kesalahan sistem  dari banyak faktor , yang menyebabkan komputer ,tidak dapat melakukan atau menampilkan , berdasarkan apa yang kita perintahkan. Itu  pembahasaanya akan berbeda lagi.

Intinya adalah memberi tahu komputer ,tentang apa yang ingin dilakukan.



7. Tingkatan Bahasa Pemrograman

Dari sekian banyak , bahasa yang tersedia. Terdapat 2 Tingkatan dasar bahasa pemrograman ,yang perlu kalian ketahui. 2 Tingkatan dasar itu ,  terdiri dari bahasa tingkat rendah dan dan bahasa tingkat tinggi :

erbandingan Bahasa tingkat tinggi dengan Bahasa tingkat rendah
Perbandingan Bahasa tingkat tinggi dengan Bahasa tingkat rendah. (source: slideshare)

  • Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Bahasa Tingkat Rendah adalah sekumpulan kode instruksi  , yang berasal dari produsen komputer  ,yang mempunyai bentuk bilangan biner ,dengan kombinasi angka 0 dan 1 ,  dalam sebuah sistem komputer digital. Serta dirancang untuk menangani atau mengoperasikan ,semua perangkat keras (hardware) , yang mengelola arsitektur komputer. Jadi fungsi utama dari bahasa tingkat rendah,  adalah untuk mengoperasikan , mengatur dan menjalankan perangkat keras (hardware) , pada  komponen sistem , di dalam komputer, agar dapat digunakan oleh user atau pengguna. Terdapat dua bahasa  , yang termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah,   yaitu bahasa mesin dan bahasa assembly.


  • Bahas Tingkat Tinggi (High Level Language)
Bahasa Tingkat Tinggi adalah bahasa pemrograman yang kita kenal sekarang , dan juga yang biasa kita gunakan, untuk membantu kita sebagai manusia ,dalam membaca ,menulis atau merawat. Ini juga termasuk bahasa generasi ketiga ,yang digunakan dan di jalankan sampai sekarang , oleh banyak programmer. Contoh bahasa pemrograman , yang termasuk ke dalam bahasa tingkat tinggi , pada jaman dahulu , seperti : FORTRAN ,C, dan PASCAL. Dari situlah muncul , banyak bahasa pemrograman baru ,yang kita kenal dan gunakan sampai sekarang.




8. Macam-Macam Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman 

Terdapat banyak sekali ,macam-macam bahasa pemrograman ,yang dapat kita pelajari. Diantaranya ,pastinya ada beberapa yang kita kenal dan gunakan. Seperti macam-macam contoh penggunaan bahasa pemrograman berikut :


Macam-macam jenis fungsi bahasa pemrograman ,yang telah digunakan di sekitar kita.
Macam-macam bahasa pemrograman ,yang telah digunakan di sekitar kita.

  • Windows  OS
Sistem Operasi terpopuler 1 juta umat ,yang biasa kita gunakan ini,  ditulis menggunakan bahasa pemrograman campuran seperti : C, C++, and C#.

  • Linux  OS
Sistem Operasi ,yang termasuk ke dalam open source , atau bebas di kembangkan dan gratis ini ,  memang hanya beberapa kalangan tertentu saja yang menggunakanya. OS ini juga ditulis menggunakan bahasa pemrograman campuran seperti : C and C++ .

  • Mac OS
Sistem Operasi .yang biasa digunakan oleh kalangan atas ,seperti programmer atau designer ini, ditulis menggunakan bahasa pemrograman utama Objective-C.

  • Aplikasi Android
Sistem Operasi untuk mobile ,yang terkenal oleh jutaaan user atau pengguna ini. Pada tiap Aplikasi nya   secara native , ditulis dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Kotlin.

  • Aplikasi iPhone
Sistem Operasi untuk mobile ,yang terkenal karena logo corak apple di belakang perangkatnya ini . Pada tiap Aplikasinya  secara native,   ditulis dan dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman  Objective-C dan Swift.

Selengkapnya , jika kalian ingin melihat list atau daftar bahasa pemrograman,  bisa kunjungi halaman disini.




Everybody in this country should learn to program a computer, because it teaches you how to think
-Steve Jobs





Baca juga : 7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak dibutuhkan di 2018


Post a Comment for "Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer"