Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Membuat Program Pertama Hello World Java di Netbeans

Netbeans adalah salah satu IDE yang terkenal di kalangan programmer , khususnya di Indonesia, yang digunakan untuk belajar pemrograman Java. Netbeans juga mendukung beberapa bahasa pemrograman ,seperti PHP ,C++ , Java Script ,dan lain sebagainya , serta beberapa dukungan frameworks. 

Bagi kalian yang belum pernah atau pertama kali , baru menggunakan Netbeans. Pada artikel belajar java kali  ini ,saya akan membahas tentang belajar membuat dan menjalankan program pertama hello world java , menggunakan netbeans. Berikut mari kita simak lebih lanjut :


belajar cara membuat contoh kode program hello world java sederhana dengan netbeans


1. Pertama-tama ,pastinya kalian bisa mendownload Netbeans IDE disini.  Disini kalian bisa memilih versi Java SE ,sebagai latihan awal. Lalu Pilih Download Lalu kalian bisa install di Komputer atau Laptop kalian.


Netbeans IDE Download
Netbeans IDE Download



2.  Sebelum itu kalian juga harus  Install JDK dan Setting PATH  terlebih dahulu, setelah itu kalian buka Software tools Netbeans IDE.  Pilih  menu File pada bagian pojok kiri atas. Lalu pilih New Project ,atau tekan Ctrl +Shift + N ,lewat Keyboard di Komputer atau Laptop kalian.



New Project Netbeans IDE
New Project



3.  Pada bagian Choose Project ,disini kalian bisa memilih jenis project yang ingin kalian buat. Untuk latihan pertama , kita bisa pilih project Java Application. Jika sudah pilih Next.


Choose Project > Java Aplication Netbeans IDE
Choose Project > Java Aplication



4. Pada jendela New Java Application , khususnya di bagian Name and Location , disini kalian bisa memberikan nama projek kalian di kolom Project Name , lalu menentukan lokasi penyimpanan folder dari projek kalian di kolom Project Location , dengan memilih Browse. Serta kalian juga bisa menentukan package dan juga nama class kalian pada kolom ceklist Create Main Class. Jika sudah semuanya , kalian pilih Finish.



New Java Application > Name and Location Netbeans IDE
New Java Application > Name and Location


5. Selanjutnya ,kalian bisa lihat pada gambar dibawah ,beserta keteranganya.


Contoh Tampilan Project Pertama di Netbeans IDE
Contoh Tampilan Project Pertama di Netbeans IDE
Keterangan :


  •  Project Explore : Pada bagian ini user atau programmer ,bisa mengatur struktur file dari sebuah project , seperti package ,dan beberapa file class. Seperti yang kalian lihat , kita membuat project yang bernama BelajarJava ,dengan nama package belajarjava , serta nama main class yang bernama BelajarJava.
  • Code Editor : Pada bagian ini user atau programmer ,dapat menuliskan baris code , seperti pada contoh diatas , khususnya pada baris code System.out.println("Hello World !");  , yang digunakan untuk menampilkan kata hello world , di output.
  • Output : Pada bagian ini user atau programmer ,dapat melihat output , pada baris code yang telah dikompilasi atau dijalankan. 

6. Untuk menjalankan program tersebut , agar dapat menampilkan output hasil. Kalian bisa menjalankanya dengan memilih  Run , pada bagian tengah atas  menu. Atau kalian juga bisa menekan tombol F6 ,  lewat keyboard di Komputer atau Laptop kalian.



Run Project Netbeans IDE
Run Project

7. Setelah itu , akan tampil output hasil seperti pada gambar dibawah.

Output Hasil Contoh Kode Program Hello World Netbeans IDE
Output Hasil

Selengkapnya ,jika kalian ingin  belajar java lebih lanjut.

Baca : Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java


Post a Comment for "Belajar Membuat Program Pertama Hello World Java di Netbeans"