Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Menentukan Kata Palindrome di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program mengecek atau menentukan kata palindrome atau tidak ,dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Sekilas bagi kalian yang belum tahu , palindrome itu apa. Palindrome adalah  salah satu jenis kata  , kalimat ,ungkapan ,atau bilangan unik ,yang apabila kita baca dari depan dan belakang , akan sama saja. Contoh katanya seperti : level , radar ,mom ,refer, wow dan lain sebagainya. Langsung saja , kita akan mencoba menerapkanya  di program java berikut:


Contoh Program Mengecek Menentukan Memeriksa Kata Palindrome atau Tidak di Java



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :

Contoh Code Program Cek Kata String Palindrome Palindrom Java
Contoh Code


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,baris code pertama kita menginisalisasi kan variable kataAsli dan kataBalik.

Lalu kita instansikan objek inputUser , yang akan digunakan untuk mengambil nilai kata String dari user atau pengguna , dengan method .nextLine(). 

Selanjutnya , simpan ke variable kataAsli , lalu kita gunakan method .length() , untuk mengambil nilai panjang atau jumlah dari kata string user atau pengguna ,yang disimpan ke variable panjang.


Disini kita akan gunakan looping for ,dan juga method .chartAt()  Untuk menampilkan nilai kata string ,ketika dibalik atau dari belakang karakter. 


Setelah itu , kita gunakan kondisi if else , dengan method .equals (), untuk mengecek apakah nilainya sama ketika di inputkan atau dibalik. Jika iya maka akan menampilkan output hasil , bahwa Kata termasuk Palindrome , sebaliknya akan menampilkan Kata bukan termasuk Palindrome.


Output :


Output Hasil Cek Kata Palindrome Palindrom di Java
Output Hasil

Post a Comment for "Contoh Program Menentukan Kata Palindrome di Java"