Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Konversi Nilai Mata Uang di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program tentang konversi nilai mata uang menggunakan bahasa pemrograman Java. Seperti yang kita tahu , bahwa nilai mata uang rupiah terhadap dollar fluktuatif ( selalu berubah-rubah). Untuk itu ,sebagai contoh kita akan tetapkan nilai kurs 1 dollarnya = Rp 13.000. Jadi disini kita akan membuat contoh program , konvert nilai mata uang rupiah ke dollar , dan juga dollar ke rupiah. Disini kita juga akan menggunakan class library ( javax.swing.JOptionPane) , untuk menampilkan jendela input dan ouput dialog.  Selengkapnya mari kita simak lebih lanjut :



Contoh Program Konversi Nilai Mata Uang Dollar ke Rupiah ke Dollar di Java




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:


Contoh Code :




Contoh Code Konversi Nilai Mata Uang Dollar ke Rupiah ke Dollar di Java
Contoh Code 


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas, pertama-tama kita mendeklarasikan variable rupiahInput dan dollarInput dengan tipe data String , dan juga rupiah  dan dollar dengan tipe data double.


Lalu , kita gunakan rupiahInput dam dollarInput  , untuk menyimpan input nilai user dari  input dialog yang bernilai String , pada code (JOptionPane.showInputDialog).

Selanjutnya , kita konvert nilainya ke tipe data double , pada code (Double.parseDouble) , yang disimpan ke variable rupiah dan dollar.


Untuk perhitungan konvert dollar ke rupiah ,dan juga sebaliknya. Kita bisa gunakan pembagian dan perkalian 13000, atau sesuai nilai kurs yang ingin di tetapkan.


Setelah itu ,kita tampilkan output hasilnya , dengan output atau message dialog , pada code (JOptionPane.showMessageDialog).


Output :
Ouput Hasil Konversi Nilai Mata Uang Dollar ke Rupiah ke Dollar di Java
Ouput Hasil

Baca juga :  Contoh Program Input dan Output Menggunakan JOptionPane di Java


Post a Comment for "Contoh Program Konversi Nilai Mata Uang di Java"