Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Convert Waktu UTC ke Waktu Lokal di Program Java

Terkadang ,saat kita ingin mengambil atau memparsing data lewat JSON ,terdapat salah satu data yang kita harus olah lagi lebih lanjut , yaitu soal zona waktu UTC. Zona waktu UTC yang digunakan pada sebuah API, yang memuat bahasa JSON. Karena UTC yang merupakan kepanjangan dari Coordinated Universal Time , adalah sebuah standar dasar ,yang digunakan untuk sinkronisasi waktu komputer di seluruh dunia. Berbeda dengan GMT ,yang menerapkan zona waktu ,jika di UTC digunakan untuk standar waktu. Namun sebenarnya waktu di UTC dan GMT sama ,hanya acuanya saja berbeda. Misal ketika Waktu di kota London (Inggris) ,mengacu pada jam 00.00 GMT , maka di  kota Jakarta(Indonesia) yang menerapkan WIB , akan menjadi jam 07.00 , karena UTC+ 7.


Cara Convert Waktu UTC ke Waktu Lokal di Program Java



Pada artikel belajar java kali ini , kita tidak akan membahas JSON  dan zona waktu UTC lebih dalam. Namun disini,  kita akan mencoba mengconvert waktu UTC dengan  waktu lokal dengan bahasa pemrogaman java . Karena waktu UTC tidak mudah dibaca oleh user atau pengguna , oleh karena itu kita harus mengconvert ke waktu lokal agar mudah dibaca. Perlu diingat bahwa lokal disini mengacu pada format standar pada umumnya. Berikut mari kita simak lebih jelasnya:


1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :

Konvert Waktu UTC ke Local java
Contoh Konvert Waktu UTC ke Local



Penjelasan :

Pada baris code pertama , kita akan mendefinisikan nilai berdasarkan sistem format UTC ,yang menggunakan akhiran Z, pada variable waktuUTC.

Lalu di dalam class Main ,kita membuat method static , dengan return tipe data String , dengan nama convertWaktuUTC(String convert).


Di dalam block method tersebut , yang pertama kita gunakan baris code ,yang menginstansi objek class Date ,yang menggunakan class Calender.getInstance().getTime() ,yang berfungsi untuk menunjukan waktu dan tanggal saat ini.

Lalu kita gunakan format class SimpleDateFormat ,dengan menginstansi objek outputFmt .

Nah ,disini tahap conversinya dilakukan , disini kita menggunakan method pada objek outputFmt. yaitu setTimezone() ,yang berisi TimeZone.getTimeZone("UTC") . Untuk mengconversi waktu UTC ,yang digunakan pada variable waktuUTC ,  ke waktu lokal ,yang dapat di baca oleh user atau pengguna.

Lalu nilainya akan dikembalikan (return),  berdasarkan format yang digunakan pada pola di class SimpleDateFormat()

Kita lihat output hasilnya akan ada perbedaan waktu sistem UTC , sebelum dan sesudah di convert.

Output :


Output Hasil Convert Waktu UTC ke Waktu Lokal di Program Java









Baca juga :  Belajar Menggunakan Format Waktu(Date Time) di Program Java

Post a Comment for "Belajar Convert Waktu UTC ke Waktu Lokal di Program Java"