Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Menggunakan Format Waktu(Date Time) di Program Java

Di bahasa pemrograman Java ,kita bisa menggunakan class library Date (import java.util.Date), untuk menampilkan waktu dan tanggal secara real time (waktu nyata). Selain itu kita juga bisa menentukan  format waktu dan tanggal ,sesuai dengan pattern(pola) yang kita inginkan(import java.text.SimpleDateFormat). Untuk  menampilkan output hasilnya , kita menggunakan objek dari class library String. Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan mencoba membuat salah satu contoh penggunaan format waktu dan tanggal, di bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak selengkapnya:

cara menampilkan menggunakan membuat format waktu dan tanggal  date to,e di program java



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh code :

Contoh Format Waktu (DateTime) java
Contoh Format Waktu (DateTime)



 Penjelasan :

Pada contoh code diatas, pada baris pertama code ,kita menginstansi objek  waktu dari class Date , untuk menampilkan waktu saat ini ,dengan mengimport library import java.util.Date; 

Selanjutnya untuk menentukan format waktu , kita bisa menginstansi objek dari class  SimpleDateFormat  ,lalu kita mengisi argument, dengan pola yang kita inginkan misal  seperti  SimpleDateFormat("dd/MM//YY"); Serta menggunakan method,  pada objek simpleDateFormat.format(waktu) ,untuk menampilkan output hasil.

Selain itu  juga , kita menggunakan class DateFormat , untuk mengconvert waktu dan tanggal saat ini ,dengan format yang telah ditentukan secara default.


Output:

Output Hasil Format Waktu dan Tanggal Program Java
Output Hasil Format Waktu dan Tanggal









Baca juga : Belajar Convert Waktu UTC ke Waktu Lokal di Program Java

Post a Comment for "Belajar Menggunakan Format Waktu(Date Time) di Program Java"