Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Apa itu Refactoring

Dalam hal pembangunan software atau Aplikasi , dengan bahasa pemrograman apapun. Refactoring adalah salah satu kegiatan untuk memperbaiki atau membangun kembali struktur code, dengan cara menghapus baris code yang tidak terpakai ,serta mencegah baris code yang berulang-ulang (boilerpate),agar perancangan code yang telah dibangun dapat lebih jelas dipahami. Refactoring menurut Martin Fowler dan  Kent Beck adalah perubahan yang dilakukan pada struktur internal dari sebuah software agar lebih mudah dipahami dan lebih murah untuk dimodifikasi tanpa mengubah tingkah laku code tersebut. Ini adalah cara disiplin untuk membersihkan code ,serta meminimalkan kemungkinan terjadinya bug pada program.




Apa itu pengertian Refactoring adalah , kenapa harus refactoring ,bagaimana proses refactoring ,contoh refactoring




Kenapa harus Refactoring?

Alasanya dilakukan refactoring ini ,untuk membuat perbaikan atau perubahan pada struktur code kalian, yang dimana prosesnya agar struktur code kalian lebih mudah di mengerti ,dan dapat di maintain, dan sewaktu-waktu dapat digunakan kembali



Bagaimana proses Refactoring ?

  • Mendeteksi masalah
Langkah awal dalam ,melakukan kegiatan refactoring adalah dengan mendeteksi adanya masalah, pada struktur code kalian. Apakah ada masalah ? Apa masalahnya ?.

  • Mendeskripsikan masalah
Deskripsikan masalahnya ,lebih jelas. Dengan membuat pertanyaan seperti. Apakah harus dilakukan perubahan pada code ini ?  Apa manfaatnya setelah ini  ? atau juga Apakah ada resiko setelah ini ?.

  • Solusi Design
Kita bisa menggunakan solusi dari software arsitektur design atau design pattern  ,untuk memperbaiki dan membangun kembali struktur code yang telah kita kembangkan.

  • Modifikasi code
Langkah terakhir adalah ,mentransformasi struktur code di dalamnya ,tanpa harus merubah fungsi dari code tersebut.

Contoh Refactoring :

  • Mengganti nama 
Kalian bisa mengganti nama baru dari nama variable ,class , method ,atau nama item lain ,yang ada di struktur code kalian, agar dapat mudah dibaca dan membuat kalian bingung.

  • Memindahkan Class
Memindahkan Class ke dalam package ,yang lebih baik. Serta tak lupa mengimport referensi terkait class tersebut.

  • Membuat method baru
Kalian juga bisa memisahkan method lama atau juga membuat method baru ,untuk meningkatkan perawatan dan keterbacaan pada code kalian.


Jika kalian ingin belajar lebih dalam lagi , tentang kegiatan Refactoring ini , kalian bisa membacanya disini.

Post a Comment for "Belajar Mengenal Apa itu Refactoring"