Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java
Gimana sih cara memahami konsep dasar bahasa program Java? Sebenarnya belajar syntax pada bahasa pemrograman Java, sama halnya seperti ketika kita ingin belajar grammar di bahasa inggris untuk menulis atau berbicara dengan orang lain.
Pentingnya memahami konsep dasar pada bahasa pemrograman Java terlebih dahulu. Dikarenakan kebanyakan pemula atau sebagian dari kalian, mungkin masih ada yang belum tahu tentang beberapa istilah, aturan-aturan, dan lain sebagainya yang ada di bahasa pemrograman Java.
Untuk itu pada artikel belajar java kali ini, kita akan belajar memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:
A). Sekilas tentang Java
Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level), artinya bahasa ini mudah dipahami oleh manusia pada umumnya, karena Java menggunakan bahasa sehari-hari manusia.
Java dulu dibuat oleh perusahaan Sun Microsystems, oleh James Ghosling, Patrick Naughton, dan Mike Sheridan pada tahun 1991.
Serta membutuhkan kurang lebih 18 bulan, untuk mengembangkan versi pertama dari Java yang dulu bernama Oak, yang dimana sekarang Java diakuisisi oleh perusahaan Oracle.
Sejarah Versi Java:
- JDK Alpha and Beta (1995)
- JDK 1.0 (23rd Jan, 1996)
- JDK 1.1 (19th Feb, 1997)
- J2SE 1.2 (8th Dec, 1998)
- J2SE 1.3 (8th May, 2000)
- J2SE 1.4 (6th Feb, 2002)
- J2SE 5.0 (30th Sep, 2004)
- Java SE 6 (11th Dec, 2006)
- Java SE 7 (28th July, 2011)
- Java SE 8 (18th March, 2014)
James Ghosling (Java) |
Bahasa pemrograman java mirip dengan bahasa pemrograman C++, namun dikembangkan agar mudah dipahami dan dipakai.
Java menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming), artinya semua inti program dari Java yaitu mengacu ke sebuah Obyek.
Java termasuk platform independent, yang artinya kalian bisa menjalankan dengan berbagai Macam OS(Sistem Operasi) dan arsitektur komputer.
Seperti pada perangkat Android dari Google, dan beberapa aplikasi desktop, seperti program AntiVirus, program media player, Aplikasi Enterprise dll.
Berikut contoh penggunaan bahasa pemrograman Java:
- Pengembangan Aplikasi Desktop (Komputer)
- Web Aplikasi
- Aplikasi Perusahaan
- Aplikasi Mobile (Android)
- System Tertanam
- Robot ,Game dan sebagainya.
B). Keunggulan atau Kelebihan Java
- Mudah dipelajari
Java memiliki salah satu keunggulan, yaitu mudah dipelajari oleh semua orang, karena syntax (tata bahasa ) yang mirip dengan bahasa manusia.
Dengan banyaknya artikel atau tutorial yang membahas bahasa pemrograman Java di Internet. Semakin memudahkan kita untuk pemula, untuk mempelajari semua hal yang ada di bahasa pemrograman Java.
Salah satu alasan ,yang membuat Java begitu populer karena mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh karena itu, untuk mengembangkanya jauh lebih mudah, serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.
Baca juga sebelumnya : Belajar Mengenal Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java
- Merupakan bahasa OOP
Salah satu alasan ,yang membuat Java begitu populer karena mempunyai konsep bahasa (OOP) Object Oriented Programming. Oleh karena itu, untuk mengembangkanya jauh lebih mudah, serta menjaga system tetap modular, flexible and extensible.
- Banyaknya API
- Robust
- Multi-threaded
- Platform Independent
Baca juga sebelumnya : Belajar Mengenal Perbedaan JDK ,JRE dan JVM pada Program Java
C). Konsep OOP di Java
Berikut beberapa Konsep OOP (Object Oriented Programming) , yang dimiliki Java:
- Class merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk tempat menaruh, dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek.
- Penamaan nama class diprogram, harus sama dengan nama di struktur file extention .java. jadi jangan salah. Contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan nyata dari Class adalah: class binatang ,class mobil ,class buah dll.
- Object merupakan sebuah representasi dan instance dari Class. Object adalah sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class.
- Object di definisikan sebagai state, dan behaviour dari Class. Contoh yang bisa kita ambil, dari kehidupan nyata dari object, dari class binatang ,kita bisa mengambil obyek, yaitu ,kucing,ayam,anjing dll.
Baca selengkapnya: Belajar Mengenal Contoh Class dan Object di Program Java
- Atribute merupakan sebuah unsur data yang ada di class, Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field. Atribut bisa juga disebut state dari objek tersebut. Misal Manusia Mempunyai atribut atau state : Nama ,Tinggi,Berat,Umur dan Jenis Kelamin.
- Method merupakan sebuah perilaku (behavior) dari sebuah class. Method bisa disebut juga perilaku dari objek tersebut : Misal Manusia mempunyai method : Berjalan ,Berlari ,Loncat,Berbicara ,dan Tidur.
- Method terbagi menjadi dua jenis ,method void dan methon non void. Method void artinya method yang tidak mengembalikan nilai. Method non void sebaliknya method yang mengembalikan nilai. Contoh method void seperti : public static void main(String[] args). Selengkapnya tentang Method.
Jadi maksud dari Java berorientasi pada objek itu , semua status dan method mengacu pada obyek ,yang dimana itu adalah wujud real atau nyata dari sebuah Class ,yang ada pada bahasa pemrograman Java.
Atribute dan Behavior |
- Encapsulation (Enkapsulasi) adalah suatu mekanisme membungkus suatu data (variabel) , agar tidak dapat di akses oleh class lain, dengan menggunakan modifier private atau protected (untuk Class Turunan).Di dalam konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain ,dan hanya bisa di akses di main class ,dengan menggunakan method modifier public.
- Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana , suatu class yang bisa disebut super class ,dapat mewarisi sifat atau ciri-ciri, seperti atribut dan method, ke dalam class turunanya yaitu sub class. Super class akan mewarisi nilai dari atribut atau behavior ke Class turunananya.
- Polymorphism (Banyak bentuk )adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebuah method ,yang memiliki nama sama ,namun dengan perilaku yang berbeda-beda. Kemampuan objek agar melakukan perilaku atau tindakan yang secara konsep sama namun dengan cara yang berbeda-beda.
- Abstraksi (Pemisahan) adalah proses menyembunyikan detail implementasi , dan hanya menampilkan fungsionalitas kepada pengguna. Jadi user atau pengguna tidak tahu-menahu proses pembuatanya , hanya secara fungsional kita dapat menggunakanya. Sebagai contoh kasus , saat kita mengetik text ,lalu mengirim SMS. Kalian tidak tahu detail , proses pengiriminya, yang kita tahu SMS ,tiba-tiba sudah terkirim atau tidak.
D). Modifier Java
Modifier merupakan sebuah ijin hak akses untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class. Terdapat empat 4 jenis Modifier yaitu public ,private,protected ,no modifier. Contohnya nya kalian bisa melihat gambar berikut:
Modifier Akses Java |
- Public dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
- Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
- Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.
- No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.
Baca selengkapnya : Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java
E). Mulai Coding Java
Sebelum kita memulai coding di bahasa pemrograman Java , kalian harus mengenal terlebih dahulu 3 langkah dasar, untuk membuat program java sederhana. 3 langkah dasar itu terdiri dari :
- Create : Pada tahap pertama kita menulis baris code java ,dengan menggunakan text editor,lalu simpan dengan nama file, seperti ContohProgram.java
- Compile : Pada tahap kedua , sebuah compiler akan mengenali dan menerjemahkan bahasa Java ke bahasa yang dimengerti oleh komputer , yang akan menghasilkan file.class.
- Excecute : Pada tahap ketiga , setiap kali kita mengcompile bahasa java ,kita juga dapat mengeksekusinya. Disini komputer akan mengikuti , apa yang kalian instruksikan atau perintahkan ,lalu menjalankan sebuah program yang telah kalian buat.
Untuk latihan awal , kalian bisa baca artikel sebelumnya tentang , Cara Menjalankan Program Java lewat CMD(Command Prompt),
1. Untuk melakukan coding dan membuat program , dengan bahasa pemrograman Java. Pertama-tama kita harus menginstall dan setting path Java terlebih dahulu.
2. Selanjutnya kita bisa memilih Tool IDE yang bisa kita gunakan seperti Eclipse IDE ,Netbeans IDE ,dan IntelliJ IDEA (pilih salah satu). Lalu kalian install di Komputer atau Laptop kalian.
3. Disini saya lebih prefer memilih IntelliJ IDEA , untuk coding bahasa pemrograman Java. Kalian bisa membuat project baru , di salah satu IDE yang kalian gunakan ,setelah itu kalian bisa perhatikan contoh code ,beserta penjelasanya dibawah:
Baca juga sebelumnya : 3 Software IDE Tool Terbaik Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Java
Orang.java
Contoh Struktur Code Java |
//klik gambar untuk zoom
Penjelasan :
- package Data = nama package untuk mengelompokan class file java
- public = salah satu tipe modifier , untuk akses ke semua class dan package
- Orang = nama class yang menggunakan keyword class.
- {} = merupakan ruang lingkup atau jangkauan dari suatu class.
- String = tipe data non primitif ,yang mendefinisikan nilai dari kumpulan karakter.
- nama = variable yang bernama nama , yang menyimpan nilai dari tipe data String.
- "Fathurrahman" = nilai yang di definisikan
- ; = tanda titik koma ,digunakan untuk mengakhiri suatu statement. Setiap akhir baris code java , harus di akhiri dengan titik koma ,agar tidak terjadi error saat compile.
- System.out.println("Nama Saya : "+nama); = salah satu statement , untuk menampilkan output text ,ditambah nilai yang diisi oleh variable nama.
- public void tampilNama(){} = mendefinisikan method tampilNama ,yang berisi statement untuk menampilkan output di dalamnya.
Syntax cara membuat objek baru di suatu class |
Contoh Konsep dari Variable Referensi pada Objek |
- Tempat Remote TV sebagai Variable Referensi
- Remote TV sebagai Referensi
- TV sebagai Objek
Setiap kita membuat objek baru , menggunakan operator atau keyword new. Kita mengalokasikan ke ruang memori pada objek , lalu menggunakan konstruktor , untuk menginisialisasi ruang tersebut.
Lokasi atau alamat ,dari ruang ini kita tugaskan ke variable referensi. Karena itu variable referensi ,bisa disebut juga sebuah pointer atau penunjuk ke beberapa objek.
Seakan-akan , variable seperti sebuah tempat duduk untuk remote tv ,yang dapat digunakan untuk mengendalikan sebuah objek yang baru dibuat. Jadi objek tersebut mempunyai cara untuk menunjuk objek ,lalu memintanya untuk melakukan sesuatu atau memberi kita akses ke datanya.
Main.java
Contoh Struktur Code Java |
//klik gambar untuk zoom
Penjelasan :
- package Java = nama package untuk mengelompokan class file java
- import Data.Orang = mengimport class yang bernama Orang ,dari package Data
- public class Main{} = nama class Main ,beserta jangkauan atau ruang lingkupnya
- public static void main(String[] args) = method yang secara default ,untuk mengeksekusi program java ,yang terdapat dalam ruang lingkup atau jangkauanya ( dalam block code {}).
- Orang orang = new Orang(); = menginstansiasi objek orang ,dari class Orang ,dengan keyword new , dengan constructor Orang().
- orang.tampilNama(); = memanggil method tampilNama , untuk menampilkan output text.
- //Belajar java di okedroid.com = salah satu komentar di dalam baris code ,yang akan di abaikan saat eksekusi atau menjalankan program Java. Kalian bisa menggunakanya untuk catatan atau dokumentasi pada setiap baris code.
Output:
Salah satu contoh Output ,setelah program di eksekusi |
Alur Eksekusi Program Java:
Alur Eksekusi Program Java |
Baca juga : Belajar Mengenal Perbedaan Apa itu Compiler dan Interpreter
F). Mengenal Jenis Error Java
Seperti halnya yang terdapat di bahasa pemrograman lain , ketika kita menjalankan sebuah program ,dengan menggunakan bahasa Java. Tak lepas dengan terjadinya Erorr , yang di sebabkan dari banyak faktor. Terdapat 3 Jenis Error ,yang dapat kita kenali , beberapa di antaranya :
Compile-Time Error : Error atau kesalahan ini terjadi , saat kita mengcompile program Java. Error ini di tujukan untuk mencegah compiler ,melakukan penerjemahan sebelum program di jalankan. Contoh nya seperti : kesalahan nama variable ,method , tidak menggunakan simbol (;) untuk mengakhiri statement.
Run-Time Error : Error atau kesalahan ini terjadi , ketika kita mengeksekusi atau menjalankan sebuah program , namun terdapat operasi yang tidak valid. Contohnya : ketika input data , program akan menampilkan Error ,Exception
Logical Error : Erorr atau kesalahan ini terjadi , mungkin salah satu yang sulit terdeteksi. Karena ini di sebabkan ,banyak faktor ,seperti terjadinya bug di dalam program , kesalahan algoritma , design pattern, dan lain sebagainya.
Kita juga dapat menangani ,terjadinya error dengan menggunakan Exception Handling , yang di sediakan di dalam class library bahasa pemrograman Java.
G). Keterangan Lainya pada bahasa Java
Komentar :
Kita bisa memberikan komentar ,di antara baris code yang kita tulis , dengan tanda // dan /* */. Sebuah komentar di dalam baris code ,ditujukan untuk memberi keterangan terkait fungsi atau kegunaan baris code tersebut.
Dasar Syntax Java:
Dasar dari penulisan syntax dalam bahasa pemrograman Java ,yang perlu kalian ketahui salah satunya adalah :
- Bersifat Case Sensitivity : artinya penamaan dari kata "HelloWorld" dengan "helloworld" sangat berbeda.
- Nama Class : untuk nama class huruf pertama harus menggunakan huruf besar. (contoh : class NamaClass )
- Nama Method : untuk nama method huruf pertama harus menggunakan huruf kecil. ( contoh : public void namaMethodSaya() )
- Nama Program : nama program java harus sama dengan nama class. Jadi jika kalian mempunyai nama class NamaClass , program file harus sama dengan nama class yaitu NamaClass.java.
Point Penting:
- Pada dasarnya sebuah objek mempunyai state atau behavior.
- State atau atribut pada sebuah objek ,akan disimpan ke dalam sebuah variable.
- Behavior pada sebuah objek,akan di didefinisikan ke dalam sebuah method.
- Menyembunyikan data internal dari luar class, lalu di akses hanya dengan method modifier public ,disebut juga dengan data enkapsulasi.
- Sebuah blueprint dari sebuah objek , disebut dengan Class.
- Sebuah Method yang di definisikan di SuperClass , lalu akan diturunkan atau di wariskan ke subclass , dilakukan dengan cara menggunakan keyword extends.
- Sebuah perkumpulan method tanpa implementasi disebut dengan interface.
- Sebuah namespace yang mengatur class-class dan interface disebut sebagai package.
Untuk mempelajari bahasa pemrograman Java, pastinya kita butuh banyak-banyak menulis baris code java , agar kita terbiasa memahaminya. Bagi kalian yang ingin mempelajari ,tutorial belajar lain tentang bahasa pemrograman Java. Kalian bisa baca selengkapnya disini : Tutorial Belajar Bahasa Pemrograman Java Indonesia
Post a Comment for "Belajar Cara Memahami Konsep Dasar Bahasa Program Java "
Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP