Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Binding View Menggunakan Library ButterKnife Android

ButterKnife adalah salah satu library yang dikembangkan oleh Jake Wharton ,yang berguna untuk membantu proses pengembangan Aplikasi Android ,dalam hal membinding view dengan layout pada Aplikasi. Biasanya kita menggunakan View pada resource id di layout ,menggunakan findViewById(R.id.view) .Namun,  dengan menggunakan library ini (ButterKnife) ,kita tidak  perlu menggunakan itu lagi ,kita hanya perlu menginject view tersebut Jadi kegunaan atau fungsi library ButterKnife ini  untuk mencegah terjadinya pengulangan baris code(boilerpate) ,dan baris code kita juga akan lebih sedikit dan mudah dibaca. Pada artikel belajar android kali ini ,kita akan mencoba belajar menggunakan library ButterKnife ,pada project Aplikasi di Android Studio .Berikut mari kita coba :


cara menggunakan  kegunaan fungsi library butterknife android studio





1. Pertama buat project baru , atau yang sudah ada di Android Studio.


2. Selanjutnya  kita akan mengatur dependencies , pada build.gradle(Module:app) terlebih dahulu.

Kalian bisa perhatikan code dibawah :



3. Lalu sebagai contoh penggunaan  , saya menggunakan Button dan TextView pada layout. Berikut contoh codenya:


activity_main.xml




4. Pada baris code  file java ,  disini kita akan menerapkan contoh penggunaan librarynya , kalian bisa perhatikan code dibawah :


MainActivity.java



Penjelasan :

Pertama untuk menginject view ,dengan ButterKnife ,kita tulis baris code   ButterKnife.bind(this); , di dalam method onCreate.

Setelah itu untuk binding view kita  gunakan @BindView untuk mereferensikan resource id view pada layout , lalu  @OnClick , untuk response pada tombol.


5. Hasil Aplikasi akan terlihat seperti ini :

Contoh Aplikasi library butterknife android studio


Jika kalian ingin mengeksplorasi,  contoh penggunaan library ButterKnife ini lebih dalam lagi ,kalian bisa baca lebih lanjut dokumentasi resminy di github disini.



Post a Comment for "Belajar Binding View Menggunakan Library ButterKnife Android"