Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Menggunakan Singleton Pattern di Program Java

Singleton adalah salah satu contoh konsep dari design pattern,  yang sering digunakan oleh para programer atau developer , dalam hal menangani masalah, khususnya saat kita membuat instansi dalam suatu class. Dengan menerapkan konsep ini , kita tidak perlu lagi membuat object atau instansi berulang kali   ,dalam tiap kelas. Kita hanya perlu membuat satu instansi,  lalu kita bisa terapkan untuk semua class. Jadi singleton memastikan bahwa suatu class hanya memiliki satu instansi ,lalu secara global dapat diakses dan digunakan. Pada artikel belajar java kali ini,  kita akan mencoba belajar menggunakan  contoh Singleton , di bahasa pemrograman java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:



Belajar Menggunakan Contoh Design Pattern Singleton pada Program Java



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2. Sebelum kita membahas contoh code, untuk lebih jelasnya kalian bisa perhatikan contoh konsep dari singleton pada  gambar dibawah:




Contoh Konsep Gambar  Singleton Java
Contoh Konsep Singleton




3. Selanjutnya kita akan membahas contoh penggunaanya di bahasa pemrograman Java. Kalian bisa perhatikan contoh code beserta penjelasanya di bawah:


Singleton.java

Contoh singleton design pattern java
Contoh singleton 



Penjelasan :

Pada baris code pertama, kita memenginstansiasi objek dari singleton , dengan static (milik class) dan hak akses private.

Lalu untuk mencegah constructor , di akses dengan keyword new  pada class lain ,kita gunakan hak akses private pada constructor Singleton(){}


Selanjutnya untuk menggantikan instansi singleton , kita gunakan method getInstance()


Lalu di baris yang terakhir ,kita buat method turunan yang digunakan untuk mengetest method dari class Singleton.java ini.


Singleton.java (versi klasik)


Contoh singleton klasik design pattern java
Contoh singleton klasik



Penjelasan:

Disini kita juga bisa menggunakan cara atau contoh ke  2 yaitu versi klasik ,dari penggunaan Singleton di program Java.

Perbedaanya disini ,kita mendeklarasikan null terlebih dahulu di awal.

Lalu melakukan pengecekan di dalam block method getInstance() , yang dimana jika singleton null maka akan menginstansiasi objek singleton.


Untuk lebih jelasnya lagi mengenai Singleton,  bisa perhatikan  gambar class diagram dibawah ini:


Contoh Singleton class diagram Java
Contoh Singleton class diagram (source : javaworld)


Main.java(Main Class)


Contoh Main Class design pattern java
Contoh Main Class


Penjelasan :

Nah ,untuk pemanggilan method yang ada di class Singleton contohnya , kita bisa menggunakan 2 cara , cara 1 kita bisa membuat objek terlebih dahulu , lalu kita panggil methodnya. Atau ,langsung saja dengan nama class Singleton , diikuti method getInstance() , lalu nama method dalam contoh ini testMethod().

Output:

Testing method Singleton
Testing method Singleton


Demikian artikel belajar java , tentang contoh penggunaan Singleton pada bahasa pemrograman Java. Semoga bisa membantu ,  terima kasih.


Post a Comment for "Belajar Menggunakan Singleton Pattern di Program Java"