Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Contoh Widget ImageButton Android

ImageButton adalah sebuah salah satu widget yang berfungsi sebagai komponen User Interface (Antar Muka)  yang tidak hanya  menampilkan sebuah gambar , namun juga dapat di navigasikan menjadi button yag dapat  menghubungkan antar Activity.Berbeda dengan ImageView yang hanya bisa menampilkan sebuah gambar saja.


Pada  tutorial belajar android kali ini ,kita akan mencoba membuat Contoh Penerapan Widget ImageButton Android. Dan kita akan memberikan sebuah fungsi event onClick ,dan ketika diklik akan menampilkan sebuah pesan text berupa Toast.



Cara Membuat Contoh Penerapan Widget ImageButton Android



   Pastikan kalian sudah Membaca Cara Membuat Aplikasi HelloWorld di Android Studio untuk dasarnya ,karna tutorial disini kita akan langsung mulai pemrograman Aplikasi di dalam Android Studio .



1. Pertama kita akan membuat dua buah widget ImageButton dan TextView yang akan kita masukan ke file layout activity_main.xml.

Copykan baris instruksi berikut pada file activity_main.xml

activity_main.xml



2. Kedua kita buat sebuah file java MainActivity.java

Copykan baris instruksi berikut pada file MainActivity.java

MainActivity.java




Oh ya sebelum itu juga pada atribut drawable bila erorr kalian harus memasukan gambarnya,terlebih dahulu lalu isikan namanya sesuai atribut yang akan dipanggil. Seperti pada gambar dibawah:

Lokasi folder drawable Android Studio
Lokasi folder drawable


Nah sekarang kita coba jalankan Aplikasinya di Software IDE Android Studio,

Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah:
Hasil Contoh ImageButton Android
Hasil Contoh ImageButton Android

Jadi ketika dijalankan Aplikasinya, akan menampilkan dua buah ImageButton yang ketika diklik makan akan menampilkan pesan text berupa Toast.



Post a Comment for "Cara Membuat Contoh Widget ImageButton Android"