Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Contoh Widget EditText Android

EditText adalah salah satu widget yang berfungsi sebagai komponen User Interface (Antar Muka) yang berisi sebuah kotak input dari sebuah user. Seperti contohnya pada pengeisian sebuah formulir.


Pada  tutorial belajar android kali ini ,kita akan mencoba membuat Contoh Penerapan Widget EditText Android. Disini kita akan membuat dan menggunakan EditText yang akan menerima input dari si pengguna (user).  

Disini si pengguna (user) akan mengisikan sebuah kotak input, Nama Pertama dan Nama Terakhir yang akan menggunakan EditText.   Dan ketika si pengguna (user)  menekan tombol Button Tampil maka akan menampilkan sebuah Text hasil dari inputan si pengguna (user) .

Cara Membuat Contoh Penerapan Widget EditText Android


   Pastikan kalian sudah Membaca Cara Membuat Aplikasi HelloWorld di Android Studio untuk dasarnya ,karna tutorial disini kita akan langsung mulai pemrograman Aplikasi di dalam Android Studio .




1. Pertama kita akan membuat widget EdiText ,Button dan TextView yang akan kita masukan ke file layout activity_main.xml.

activity_main.xml.




2. Kedua kita buat sebuah file java MainActivity.java

Copykan baris instruksi berikut pada file MainActivity.java

MainActivity.java



Nah sekarang kita coba jalankan Aplikasinya di Software IDE Android Studio,

Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah:



Hasil EditText Android
Hasil EditText Android


Jadi ketika dijalankan Aplikasinya, akan menampilkan dua buah kotak input , dan ketika pengguna (user) memasukan sebuah text atau nama. Maka ketika pengguna (user) menekan tombol Button Tampil akan menampilkan hasil dari inputan si pengguna (user).  



Post a Comment for "Cara Membuat Contoh Widget EditText Android"