Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Fundamental dari sebuah Aplikasi Android?

Hal-hal Fundamental (mendasar) yang harus kalian ketahui dari sebuah Aplikasi Android, adalah bahwa Android ditulis dengan bahasa pemrogramman Java. Jadi jika kalian sudah tahu dari logika dasar dan konsep OOP yang diterapkan pada Java ,kalian sudah mempunyai modal awal untuk membuat dan mengembangkan Aplikasi Android dengan bahasa pemrogramman Java.




Apa Fundamental dari sebuah Aplikasi Android?
Proses compiling

Lalu Android SDK tools yang yang terdapat di Android Studio , akan mengcompile seluruh code ,resource file dan data ke dalam sebuah paket Aplikasi Android ,yang disebut Android Package (.apk)  Satu .apk berisi semua konten Aplikasi Android yang siap diinstall dan digunakan di perangkat Android kalian. Jika kalian  menguji coba Aplikasi kalian di perangkat Android (Real Device) maka .apk akan terinstall secara otomatis dan menjalankan dan menampilkan ,hasil Aplikasi yang kalian buat di perangkat Android  (Real Device), di dalam proses debugging.


Perlu kalian ketahui setelah Aplikasi, berhasil terinstall di perangkat Android (Real Device) kalian :

  • Sistem Operasi dari Android adalah sebuah multi user linux ,Jadi setiap Aplikasi bisa digunakan oleh siapa saja.
  • Secara bawaan ,sistem akan menentukan tiap Aplikasi User Linux ID Unik (Yang dimana tidak akan ditampilkan di Aplikasi). Sistem akan mempunyai set permission( perizinan) ,perizinan disini maksudnya apakah user boleh mengakses internet ,mengakses file SD Card,menggunakan GPS dan lain-lain di dalam Aplikasi.Untuk boleh mengaksesnya setiap pengguna menggunakan User Linux ID unik.
  • Secara bawaan, setiap aplikasi yang berjalan sendiri di dalam proses Linux. Sistem Android akan memulai proses ketika salah satu komponen app harus dieksekusi, kemudian menutup proses ketika itu tidak lagi diperlukan atau ketika sistem harus memulihkan memori untuk aplikasi lain.

Sistem Android menerapkan prinsip paling istimewa.Oleh karena itu ,setiap aplikasi, secara bawaan, mempunyai hak akses hanya untuk komponen yang dibutuhkan saja untuk melakukan tugasnya dan tidak lebih. Ini menciptakan sebuah environment atau lingkungan yang sangat aman di mana sebuah aplikasi tidak dapat mengakses bagian dari sistem yang tidak diberikan izin.



Selengkapnya bisa baca di http://developer.android.com/guide/components/fundamentals.html



Post a Comment for "Apa Fundamental dari sebuah Aplikasi Android?"