Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebenarnya Apa itu Android ?

Oke  di artikel kali ini   kayanya saya bakal membahas sesuatu yang sifatnya sangat-sangat mendasar ,atau basic skill terlebih dahulu karna meskipun sepele tapi ini wajib atau penting di ketahui , khususnya untuk kalian yang ingin menjadi developer android. Dan sebelum kalian belajar lagi tentang membuat, dan mengembangkan aplikasi android di android studio.

Karna pada dasarnya untuk menguasai suatu bidang ,baik itu bidang programmer,bidang desain,atau pun bidang lainya yang kalian tekuni dan pelajari. Pastinya memiliki sebuah tingkatan level.


Sebenarnya Apa itu Android ? Android adalah


Seperti layaknya kita main sebuah game pasti ada tingkatan kesulitan seperti:


  • Easy > Medium > Hard 

Dan juga :


  • Beginner / Pemula / Newbie > Advanced > Expert /Master /Professional


Kurang lebih sih seperti itu.  Jadi untuk menjadi seorang developer android yang Expert. Kita harus memahami atau mengerti dulu hal-hal yang sifatnya fundamental (mendasar) dan mudah(Easy) dipelajari untuk para Beginner ,Pemula atau Newbie. Sebelum lanjut ke tingkatan selanjutnya.


Kalian bisa ke page  ini untuk melihat daftar resource untuk para Developer Android

Pastikan kalian belajar yang mudah dulu :




Oke kembali ke topik pembahasan kita.


Sebenarnya Apa sih  yang dimaksud Android?

Oke disini kita gak ngomongin tentang Android yang ada di anime dragonball, Disini kita ngomongin sebuah OS atau Sistem Operasi. Ya kalian yang sekolah atau kuliah tentang komputer pasti tau kan Sistem Operasi ?. Ya sama halnya seperti Sistem Operasi yang ada di PC kalian. Bedanya Sistem Operasi ini untuk sebuah perangkat mobile.

Loh bukanya sebelumnya sudah ada Sistem Operasi untuk mobile ?

Yups, kalian mungkin sudah tahu bahwa Android bukanlah sebuah pionir sistem operasi di perangkat mobile.karna sebelumnya sudah ada yang lebih dahulu terkenal seperti : Nokia , iPhone ,dan juga Blackberry ,Samsung (featured phone).Android merupakan ciptaan nya dari om Andy Rubin yang sifatnya Open Source, karna sifatnya Open Source semua vendor merek  ternama bekerja sama dengan Google , untuk menyematkan Android  ke dalam merek perangkat mobile mereka. Seperti Samsung,lenovo,ASUS,HTC, Xiaomi dan lain-lain. Android versi yang pada awalnya bernama Alpha 1.0 sampai sekarang yang bernama  Marshmallow 6.0 ,untuk lebih lengkap tentang sejarahnya kalian bisa cari di Google.


Baca juga :




Terus siapa saja yang memakai atau menggunakan Android ? 

Seiring dengan jumlahnya perangkat yang terinstall ,terus meningkat tiap-tahunya. Mungkin saya bisa klasifikasikan 3 Ciri Khas Pengguna Android :


  • User Biasa : Nah ini adalah ciri khas pengguna yang mungkin hanya menggunakan perangkat Android ,untuk keperluan alat komunikasi ,menggunakan aplikasi, internet ,main game dan lain-lain.
  • Pengoprek : Nah ini adalah ciri khas pengguna yang selain sifatnya sama seperti User biasa , dia juga doyan ngoprek perangkat Android. Ngoprek disini jadi suka ngotak-ngatik tentang rooting,custom rom ,antar muka (user interface) perangkat android, dan lain-lain.
  • Developer :  Nah ini adalah cri khas pengguna yang selain sifatnya juga sama seperti User biasa, atau dia juga pengoprek, yang menggunakan perangkat Android untuk keperluan membuat dan mengembangkan aplikasi android.

Namun dengan semakin mudahnya membuat Aplikasi Android ,mungkin User biasa juga bisa memiliki sifat developer.

Nah terus Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Android ?

Ini mungkin sudah menjadi kalimat sejuta umat ,bagi para pemula yang menanyakan di grup facebook yang ingin belajar tentang membuat aplikasi android.

Oke sebelum kalian mulai ingin membuat Aplikasi Android ?

Ada beberapa pertanyaan yang mungkin kalian harus ketahui.


Kalian ingin membuat Aplikasi Android dengan bahasa pemrogramman atau tanpa pemrogramman ?

  • Jika tanpa pemrogramman 

Banyak sekarang tool dan situs web yang menyediakan layanan untuk membuat Aplikasi Android secara instant sebut saja seperti : appmkr,appgreyser dll.


  • Dengan bahasa pemrogramman

Bagi kalian anak sekolah ataupun mahasiswa  pastikan kalian memilih bahasa pemrogramman yang kalian kuasai. Pastinya untuk logika dasarnya kalian bisa mempelajari bahasa C++.

Jika kalian ingin membuat Aplikasi atau Game Android di :

Android Studio = Bahasa Java
Adobe Flash  = Action Script 3.0
Unity    =  C# dan Javascript.
Libgdx,phonegap = HTML5

Jadi jika kalian ingin membuat Aplikasi Android dengan bahasa pemorgramman ,pastikan kalian sudah memahami logika dasar dari bahasa pemrogramman diatas.

Siapa target pengguna Aplikasi kalian ?

Untuk membuat Aplikasi Android , pastinya kalian harus menentukan target pengguna kalian . Seperti :

  • Apakah target Aplikasi kalian untuk pengguna lokal atau global ?
  • Apakah target Aplikasi kalian untuk perangkat OS versi 4.0.3 ke atas atau sebelumnya ?
  • Apakah terget Aplikasi kalian untuk anak-anak ,remaja,orang dewasa atau semua orang ?






Post a Comment for "Sebenarnya Apa itu Android ?"