Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Menghitung Diskon Suatu Harga Barang di Java

Seperti yang kita ketahui ,saat kita belanja sesuatu baik itu lewat online ataupun offline,  pasti kita sering mengunjungi dan melihat harga dari suatu barang mendapat diskonan. Biasanya harga dari produk atau barang tersebut dilabeli tanda diskon seperti 10% ,yang dimana artinya harga produk atau barang tersebut berkurang atau lebih murah dengan presentase 10%. Serta berbagai macam besaran diskon lainnya yang biasa kalian temui. 

Nah sebagai orang awam , yang baru berbelanja , mungkin diantara kalian , ada yang tidak tahu persis harga diskon dari presentase, dan juga harga akhir setelah barang dipotong diskonan.  

belajar cara membuat contoh code program menghitung menentukan diskon suatu harga barang produk di bahasa pemrograman java

Untuk itu pada artikel belajar java kali ini , kita akan mencoba membuat suatu program untuk menghitung diskon suatu harga barang atau produk , menggunakan bahasa pemrograman Java. Selengkapnya berikut mari kita simak lebih lanjut :


1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:


Contoh Code :


contoh code program java menghitung menentukan diskon suatu harga barang produk java
Contoh Code Program

Output :

output hasil contoh code program java menghitung menentukan diskon suatu harga barang produk
Output Hasil

Penjelasan :

Pada contoh code program java di atas , pertama-tama kita mendeklarasikan keempat variabel yaitu hargaBarang ,diskon ,hargaDiskon , dan hargaAkhir.

Selanjutnya kita membuat atau menginstansi objek input dari class Scanner.

Di dalam variable hargaBarang dan juga diskon, akan disimpan nilai input user atau pengguna dengan tipe data integer , dengan menggunakan method .nextInt()

Rumus Mencari Harga Diskon : Harga Barang x Diskon / 100 


Lalu pada variable hargaDiskon , kita akan menyimpan hasil perhitungan untuk mencari harga diskon ,atau lebih jelasnya jumlah diskon yang dikenakan pada suatu harga barang atau produk.


Setelah kita mengetahui harga diskon , kemudian kita akan mencari harga akhir setelah barang terkena potongan diskon.

Dimana hasilnya akan dismpan ke variable hargaAkhir.

Demikian artikel tentang Contoh Program Menghitung Diskon Suatu Harga Barang di Java. Setelah itu sekarang kalian bisa coba latihan sendiri,  dengan beberapa barang yang ingin kalian labeli harga lalu kalian beri diskon. Kalian bisa ambil contoh barang-barang yang tersedia di minimarket.


Baca juga :  Contoh Program Menghitung Persentase di Bahasa Java


Post a Comment for "Contoh Program Menghitung Diskon Suatu Harga Barang di Java"