Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Perbedaan == dan .equals() di Program Java

Sebagian dari kalian ,pasti sering menggunakan method .equals() , dan operator (==) , untuk membandingkan kesamaan  nilai pada  kedua variable. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama ,tapi terdapat beberapa perbedaan ,jika kita pelajari lebih dalam lagi. 

Salah satu perbedaan , yang paling utama dari keduanya, yaitu  jika (==) adalah salah satu jenis operator relasi , yang digunakan untuk , perbandingan referensi (perbandingan alamat lokasi memori) ,yang pada dasarnya untuk tipe data primitif seperti int , long , double ,dan lain sebagainya. 

Sedangkan method .equals() , adalah salah satu method ,yang digunakan untuk membandingkan nilai objek sebenarnya(perbandingan konten) , yang berasal dari class Object (java.lang.Object) , yang merupakan induk dari semua class di java. 


belajar mengenal contoh program perbedaan fungsi kegunaan operator == method equals() di pada java


Pada artikel belajar java kali ini , kita akan mencoba mengenal perbedaan contoh penggunaan operator  == dan  method .equals() , menggunakan bahasa pemrograman java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


Contoh Code Program Perbedaan Perbandingan Operator == dan Method .equals() di Program Java
Contoh Code



Output :

Output Hasil Contoh Code Program Perbedaan Perbandingan Operator == dan Method .equals() di Program Java
Output Hasil


Penjelasan :


Contoh perbedaan penggunaan operator  == dan  method .equals() dari contoh code program di atas , kalian bisa perhatikan pada gambar di bawah:



Contoh Perbandingan Difference between Penggunaan Operator == ,dengan method equals() di pada program java
Contoh Perbandingan Penggunaan Operator == ,dengan method equals()


Pada contoh code program di atas ,kita menginisialisasi nilai "okedroid" , pada variable kata1 ,kata2, dan kata3 , dengan tipe data String.


Selanjutnya , dengan menggunakan operator ==,  pada perbandingan baris code  System.out.println(kata1 == kata2); , akan menghasilkan nilai false ,dikarenakan kata1  memiliki lokasi memori yang berbeda , dengan kata2. Meskipun kedua variable , mempunyai nilai atau value yang sama.  Serta nilai objek ini , disimpan ke string pool

Pada baris code selanjutnya , yaitu System.out.println(kata3 == kata4); , akan menghasilkan nilai true. Dikarenakan pada baris code  String kata4 = kata3; ,kita telah mereferensikan lokasi memori yang sama pada variable kata3 ke kata4. Serta nilai objek ini juga , disimpan ke string pool.


Selanjutnya , dengan menggunakan method equals() , pada baris code  System.out.println(kata1.equals(kata2)); , dan  System.out.println(kata1.equals(kata3)); ,akan menghasilkan nilai true. Dikarenakan kata1 , kata2 ,dan kata3 , memiliki nilai value yang sama, meskipun lokasi memorinya berbeda. Serta nilai objek ini , disimpan ke memori heap.

Baca juga  : Belajar Mengenal Perbedaan Alokasi Memori Stack vs Heap di Java

Point :

  • Operator (==) : Pada dasarnya ,digunakan untuk tipe data primitif , membandingkan lokasi memori , pada objek. 
  • Method equals() : Pada dasarnya , digunakan untuk tipe data referensi , seperti class String, membandingkan nilai aktual pada objek.


Baca juga :   Contoh Penggunaan Method hashCode() dan equals() di Program Java

Post a Comment for "Belajar Mengenal Perbedaan == dan .equals() di Program Java"