Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Membaca isi Data File TXT dengan BufferedReader di Java

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya. Pengertian BufferedReader adalah salah satu class library  di dalam bahasa pemrograman java (java.io.BufferedReader) sejak JDK Versi 1, yang fungsinya untuk membaca text , dengan menggunakan buffering ,untuk kemampuan dalam membaca ,dari  skala yang besar  dalam satu waktu. 


BufferedReader  akan membungkus dan  membaca karakter input stream , menggunakan objek dari class InputStreamReader (java.io.InputStreamReader) sebagai argument. InputStreamReader digunakan untuk mengkonversi byte stream menjadi character stream. Selain itu juga BufferedReader , dapat digunakan untuk membaca input file ataupun jaringan.


belajar cara membaca isi data file txt dengan BufferedReader di program Java



Pada artikel sebelumnya ,kita telah menggunakan BufferedReader ,untuk Contoh Input dan Output,yang berasal dari user atau pengguna. Pada artikel belajar java kali ini,  kita akan mencoba membaca isi data file ,yang memiliki ekstensi file (.txt) , dengan menggunakan  BufferedReader ,di  bahasa pemrograman Java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


contoh code program membaca data stream isi file format txt notepad di dengan bufferedreader bahasa java
Contoh Code 


Output :

Output Hasil  contoh code program membaca data stream isi file format txt notepad di dengan bufferedreader bahasa java
Output Hasil


Penjelasan :

Membuat file baru :


Pertama-tama kita buat dulu filenya  ,di bagian project explorer , sebagai contoh disini ,saya menggunakan  IntelliJ IDEA ,jika kalian menggunakan Software IDE lain , kalian bisa menyesuaikan. 

Kalian klik kanan pada nama project kalian ,lalu pilih New > File. Seperti pada gambar di bawah

Nama Project > New > File membuat create file baru new txt di intellij idea program java
Nama Project > New > File


Selanjutnya , kita isikan nama filenya ,terserah kalian. Disini sebagai contoh nama filenya : latihan.txt


Mengisi nama file baru di intellij idea program java
Mengisi nama file baru

Setelah itu ,kalian bisa isikan beberapa karakter , seperti  kata atau kalimat di dalam file latihan.txt. 

Mengisi kata atau kalimat di file txt intellij idea program java
Mengisi kata atau kalimat di file txt

Membahas contoh code program :

Pada contoh code program di atas , pada baris awal kita membuat objek file,  dari class File ,yang digunakan untuk merepresentasikan lokasi file system.

Karena lokasi filenya ,ada di dalam project , jadi kita cukup memberi nilai latihan.txt , pada argument constructor di class File. 

Berbeda jika di artikel sebelumnya ,tentang membaca isi File TXT dengan Scanner di Program Java , yang menggunakan lokasi file D:\\java\\belajar-java.txt , yang berarti lokasi filenya ada di local disk D ,dalam folder java ,dengan nama file belajar-java.txt.

Lalu kita deklarasikan variable referensi br , sebagai null, yang berarti tidak ada nilai , dan kita belum membuat objeknya.

Pada baris code berikutnya ,disini kita wajib menggunakan Exception Handling saat kita ingin mencoba membaca isi file txt ,dengan keyword  try catch  ,yang digunakan untuk menangkap terjadinya error ,saat program di jalankan. 

Di dalam block try , kita membuat objek fileReader , yang mewarisi class InputStreamReader , yang digunakan untuk konversi byte stream ke character stream,

Lalu kita membuat objek br  dari class BufferedReader , yang nilai argumentnya berisi objek  fileReader.


Selanjutnya , kita deklarasi variable referensi baris dari class String.

Karena kita akan membaca isi file txtnya ,tidak hanya 1 baris  saja , jadi disini kita menggunakan looping while   ,yang di dalamnya kita menginisialisasi nilai variable baris ,dengan method br.readLine() , yang  dimana kondisinya sampai tidak sama dengan null (!= null). 

Di dalam block while , kita isikan ,method println() , untuk menampilkan nilai output.

Setelah kita melakukan operasi stream,  membaca karakter isi file txt,selanjutnya kita harus menutup atau menyimpan operasi stream dengan method  br.close(); Agar kita tidak kehilangan data , swaktu program ditutup.

Pada baris code selanjutnya , kita menggunakan 2 exception , pada block catch.  

FileNotFoundException , untuk menangkap error yang terjadi, seperti file tidak ditemukan , kesalahan penulisan nama file , pada baris code.

IOException , untuk menangkap error yang terjadi ,seperti operasi file gagal , atau file yang di target mengalami data corrupt.

Menggunakan try-with-resources Statement

Dukungan untuk  try-with-resources diperkenalkan sejak JDK 7. Dimana kita bisa mendeklarasikan resource statement di dalam block try ,serta secara otomatis akan menutup program. Jadi  kita tidak perlu lagi ,menutup operasi program ,dengan method .close(). Selengkapnya baca.


Pada contoh code di bawah , kita akan merubah sedikit contoh code program sebelumnya ,lalu kita terapkan fitur  try-with-resources .


Contoh Code:

menggunakan try with resources statement contoh code program BufferedReader di Java
Contoh Code 


Penjelasan :

Pada contoh code program di atas ,output yang dihasilkan sama saja ,seperti contoh code sebelumnya.

Kita mendeklarasikan resource statement , di dalam tanda kurung () , setelah keyword try. Dimana di dalam resource statement tersebut adalah 2 objek dari class BufferedReader dan FileReader,yang sebelumnya , kita menuliskan baris codenya secara terpisah.

Dengan menggunakan try-with-resources ,kita juga tidak perlu lagi menggunakan method .close() lagi , untuk menyimpan atau menutup operasi stream. Karena secara otomatis akan ,mengimplementasi interface java.lang.AutoCloseable.


Baca juga :Belajar Menulis isi Data File TXT dengan BufferedWriter di Java

Post a Comment for "Belajar Membaca isi Data File TXT dengan BufferedReader di Java"