Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Button Sejajar Vertikal dan Horizontal Pada Layout XML

Pada artikel tutorial belajar android kali ini, kita akan mencoba membuat , tombol Button sejajar  secara vertikal dan horizontal, pada layout XML di Android Studio. 

Disini kita akan menggunakan RelativeLayout dan LinearLayout , dan juga untuk komponen User Interfacenya ,  menggunakan TextView dan Button.  

Perlu kalian ketahui juga ,disini kita akan mencoba mendesain layout saja , jadi kita bukan membahas tentang code logic atau mengatur fungsi Button saat di klik. Selengkapnya berikut mari kita simak lebih lanjut :

Cara Membuat Tombol Widget Button Sejajar Rata Kiri Kanan Atas Bawah Vertikal dan Horizontal Pada Layout XML Android Studio



Berikut Cara Membuat Button Sejajar Vertikal dan Horizontal Pada Layout XMLdi Android Studio:



1.  Pertama-tama kalian bisa membuka,  atau membuat project baru di Android Studio. 


2. Pada bagian Project explorer sebelah kiri  , kalian pilih  res > layout > activity_main.xml , atau nama file layout yang kalian gunakan.



Project explorer Android Studio
Project explorer


3.  Selanjutnya , kalian bisa pehatikan contoh code,  beserta penjelasanya di bawah :




Membuat Button Sejajar Horizontal :


Contoh Code :


Contoh Code Membuat Button Sejajar Horizontal Layout XML Android Studio
Contoh Code

Hasil Tampilan :


Hasil Tampilan Button Sejajar Horizontal Android Studio
Hasil Tampilan Button Sejajar Horizontal


Membuat Button Sejajar Vertikal :


Contoh Code :

Contoh Code Membuat Button Sejajar Vertikal Layout XML Android Studio
Contoh Code


Hasil Tampilan :


Hasil Tampilan Button Sejajar Vertical Android Studio
Hasil Tampilan Button Sejajar Vertical

Penjelasan :

Pada kedua contoh code program diatas ,kita menggunakan RelativeLayout , sebagai root atau parent , dan LinearLayout sebagai child.  


Di dalam RelativeLayout , kita menggunakan TextView , hanya sebagai tanda ,  bahwa komponen user interface tersebut , berada dalam RelativeLayout.


Di dalam LinearLayout , kita menggunakan 4 Button , untuk membuatnya sejajar ,baik itu secara vertikal dan horizontal.


Saat kita membuat button sejajar secara horizontal , kita menetapkan value pada atribut tiap Button , yaitu android:layout_width="0dp"  , dan   android:layout_weight="1". 

Pada atribut layout_width="0dp" , kita set nilai valuenya 0dp , agar ruang space pada lebar yang ada,  dapat digunakan oleh button lainya. Nah ,disinilah fungsi dari atribut   layout_weight="1"  untuk mengisi lebar yang tersisa.

Begitu juga ,saat kita  membuat button sejajar secara vertikal , kita menetapkan value pada atribut tiap Button yaitu  android:layout_height="0dp" , dan android:layout_weight="1".

Pada atribut layout_height="0dp" , kita set nilai valuenya 0dp , agar ruang space pada tinggi yang ada , dapat digunakan oleh button lainya. Disini fungsi dari atribut  layout_weight="1" , untuk mengisi tinggi yang tersisa.


Point yang harus diingat:

  • Untuk membuat button sejajar ,kalian bisa menggunakan LinearLayout , dengan atribut orientation , yang valuenya horizontal atau vertical.
  • Menetapkan nilai 0dp , pada atribut layout_height , untuk vertikal , dan layout_width untuk horizontal.
  • Fungsi dari atribut layout_weight adalah untuk menentukan seberapa banyak ruang tambahan, yang tersedia di layout,  yang akan di alokasikan ke tampilan.
  • Atribut  layout_weight  , hanya dapat digunakan di dalam LinearLayout.



Post a Comment for "Cara Membuat Button Sejajar Vertikal dan Horizontal Pada Layout XML "