Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Perbedaan Mode Hibernate dan Sleep di PC\Laptop

Bagi sebagian user atau pengguna PC dan Laptop , untuk mengakhiri atau menutup aktivitas ,yang telah dilakukan seperti menjalankan program aplikasi , browsing ,menonton film , dan lain sebagainya, kita biasa memilih opsi shutdown pada tombol power, jika kita tidak menggunakanya lagi. 

Serta kita juga bisa memilih opsi restart pada tombol power , jika PC atau Laptop mengalami sedikit masalah ,atau kita baru saja menginstall software aplikasi baru. Selain itu terdapat 2 opsi lain yang terdapat pada tombol power , yaitu mode hibernate dan sleep.

Belajar Mengenal Perbedaan Apa itu Pengertian Arti dari  Mode Hibernate dan Sleep di PC\Laptop Windows 10

Salah satu atau keduanya ,kalian mungkin sering menggunakanya. Kedua opsi mode tersebut , secara fungsinya mungkin hampir mirip ,namun sebenarnya sangat berbeda jika kita aplikasikan atau gunakan. Untuk itu kita harus mengenal lagi apa itu opsi mode hibernate atau sleep , agar tidak keliru nantinya, saat kita ingin menggunakan salah satu , atau kedua mode opsi mode tersebut.

Pad artikel kali ini , kita akan belajar mengenal perbedaan,  apa itu mode hibernate dan sleep di PC dan Laptop. Selengkapnya berikut mari kita simak lebih lanjut :





A). Apa itu Mode Hibernate ?


Apa itu arti dari Opsi Mode Hibernate di Start Menu Windows 10
Opsi Mode Hibernate di Start Menu Windows 10


Hibernate adalah salah satu opsi yang tersedia pada tombol power di OS Windows, yang merupakan cara alternatif untuk mematikan PC atau Laptop ,dengan menyimpan semua aktivitas komputer , ke dalam hard disk drive ,yang menghasilkan file hiberfile.sys , yang dimana ukuran filenya tergantung dari seberapa banyak aktivitas yang kalian lakukan. 

Selanjutnya saat  PC atau Laptop dihidupkan lagi , akan mengembalikan semua aktivitas yang sebelumnya kita lakukan seperti membuka program , browsing internet , mengatur file , dan lain sebagainya.  Jadi intinya kita tidak perlu memulai dari awal lagi ,seperti halnya kita melakukan shut down pada PC ataupun Laptop.


Kekurangan mode hibernate :

  • Mode hibernate akan menghasilkan file hiberfile.sys , yang pastinya akan memakan space yang sangat besar. Karena besar ukuran filenya tergantung,  dari seberapa banyak aktivitas komputer yang telah dilakukan.
  • Saat dinyalakan kembali hampir sama, seperti kita mematikanya dengan shutdown.

Mode ini tidak secara default ada di Windows 10 , jadi kalian harus mengaktifkanya secara manual.





B). Apa itu Mode Sleep ?


Apa itu Arti dari Opsi mode sleep di Start Menu Windows 10
Opsi mode sleep di Start Menu Windows 10


Sleep adalah salah satu opsi yang tersedia pada tombol power di OS Windows, yang merupakan cara alternatif untuk mematikan PC atau Laptop, dengan menyimpan semua aktivitas komputer , ke memory RAM. Mode ini juga biasanya digunakan ,saat  kalian menutup Laptop.

Selanjutnya saat PC atau Laptop dihidupkan lagi, akan mengembalikan semua aktivitas yang kita lakukan sebelumnya  lebih cepat hanya beberapa detik saja.


Kekurangan mode sleep :

  • Jika mati listrik semua aktivitas komputer akan hilang , karena mode ini menyimpanya di memory RAM, yang bersifat sementara.
  • Mode ini masih mengkonsumsi daya listrik, meskipun hanya sedikit.



C). Jadi lebih baik pilih mana , mode hibernate atau sleep?

Jadi lebih baik pilih mana , mode hibernate atau sleep? di PC Komputer Laptop Windows 10


Jawabanya , secara klise saya katakan tergantung kebutuhan kalian apa. Misal kalian punya keperluan pekerjaan tertentu , namun kalian meninggalkan PC atau Laptop kalian hanya sebentar saja. Kalian bisa pilih opsi mode sleep. Serta jika kalian punya banyak pekerjaan ,dari banyak program yang berjalan , dan ingin melanjutkanya besok, kalian bisa pilih opsi mode hibernate. Jadi semua kembali lagi pada kebutuhan dan situasi atau kondisi kalian.


Post a Comment for "Belajar Mengenal Perbedaan Mode Hibernate dan Sleep di PC\Laptop"