Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Fungsi format String Pada Program Java

Di dalam class library String (java.util.Formatter) pada bahasa pemrograman Java , terdapat salah satu method yang bernama format(). Method ini berfungsi  mengembalikan nilai string  , dengan menggunakan format string , dan juga argumen yang telah di tentukan.

Kita dapat menggabungkan text , atau nilai  dengan tipe data String (concatenate) , dan juga tipe data lainya  ,menggunakan method ini secara bersamaan. Serta menampilkan output hasilnya ,dengan menyimpan nilainya,  di variable dengan tipe data String. 
Belajar Mengenal Membuat Menggunakan Contoh  Method Fungsi format() Class String Pada Program Java
Pada artikel belajar java kali ini , kita akan mencoba membuat contoh penggunaan,  dari method format() dalam class String , dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Selengkapnya , berikut mari kita simak lebih lanjut :







1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:


Parameter :

Parameter di Class method.format() String Java
Parameter method .format() di Class String
Pemformatan String :


Contoh Code :



menggabungkan menggunakan nilai tipe data string dengan method format() di program java
Contoh Code


Output Hasil :


output hasil menggabungkan menggunakan nilai tipe data string dengan method format() di program java
Output Hasil



Penjelasan :


Pada contoh code program di atas , kita menggunakan variable blog ,untuk menyimpan nilai "okedroid.com", dengan tipe data String .

Selanjutnya , kita menggunakan method .format(), untuk menggabungkan nilai dari variable blog , dengan menggunakan format string (%s), yang dimana nilai hasilnya akan disimpan ke variable text.


Setelah itu , kita coba kita tampilkan output hasilnya.



%s : Memformat sebuah string , dengan banyak karakter yang digunakan.


Contoh Code 2 :


menggabungkan menggunakan banyak jumlah karakter yang di tentukan nilai tipe data string dengan method format() di program java
Contoh Code



Output :


output hasil menggabungkan menggunakan banyak jumlah karakter yang di tentukan nilai tipe data string dengan method format() di program java
Output Hasil



Penjelasan :

Pada contoh code program 2 di atas , kita mencoba mengembangkan code sebelumnya. 


Seperti pada variable text1, yang menyimpan hasil dari method  .format()dengan menggunakan format string (%20s). Dimana fungsinya untuk menentukan jumlah karakter (20) , lalu akan menyisakan spasi di sebelah kiri.

Jadi misal kita menggunakan variable blog ,yang mempunyai nilai "okedroid.com" , dengan jumlah 12 karakter. Maka sisa kosong yang tersisa yaitu 8 karakter ,berada di sebelah kiri.


Selanjutnya pada variable text2 , yang menyimpan hasil dari method  .format() ,dengan mengunakan 
format string (%-20s). Dimana fungsinya untuk menentukan jumlah karakter (20) , lalu akan menyisakan spasi di sebelah kanan.


Jadi misal kita menggunakan variable blog ,yang mempunyai nilai "okedroid.com" , dengan jumlah 12 karakter. Maka sisa kosong yang tersisa yaitu 8 karakter ,berada di sebelah kanan.


Setelah itu , kita coba tampilkan output hasilnya ,dari kedua variable tersebut.


  • %20s : Memformat sebuah string ,berdasarkan jumlah karakter (ex : 20) yang ditentukan , lalu menyisakan ruang spasi di sebelah kiri, karena karakter tidak cukup.
  • %-20s : Memformat sebuah string ,berdasarkan jumlah karakter (ex :20) yang ditentukan, lalu menyisakan ruang spasi di sebelah kanan, karena karakter tidak cukup


Pemformatan Integer :



Contoh Code :



Contoh Code menggabungkan menggunakan nilai tipe data integer angka bilangan method format() di program java
Contoh Code



Output :

output hasil menggabungkan menggunakan nilai tipe data integer angka bilangan method format() di program java
Output Hasil


Penjelasan :


Pada contoh code program di atas , kita menggunakan variable tahun , untuk menyimpan nilai 2004 , dengan tipe data integer.

Selanjutnya , kita menggunakan method .format() , untuk menggabungkan nilai integer dari variable tahun,   dengan menggunakan format string (%d) ,yang dimana nilai hasilnya akan disimpan ke variable text.

Setelah itu kita tampilkan output hasilnya.



%d : Memformat sebuah string ,dengan banyaknya bilangan atau angka yang digunakan.



Contoh Code 2 :


Contoh Code menggabungkan menggunakan nilai tipe data integer menentukan jumlah angka bilangan method format() di program java
Contoh Code


Output :


output hasil Contoh Code menggabungkan menggunakan nilai tipe data integer menentukan jumlah angka bilangan method format() di program java
Output Hasil



Penjelasan :


Paca contoh code program 2 di atas ,kita mencoba mengembangkan code sebelumnya.

Seperti pada variable text1 , yang menyimpan hasil dari method  .format()dengan menggunakan format string (%20d). Dimana fungsinya untuk menentukan jumlah , bilangan atau angka (20), lalu menyisakan spasi di sebelah kiri.

Selanjutnya pada variable text2 , yang menyimpan hasil dari method  .format() , dengan menggunakan format (%020d). Dimana fungsinya untuk menentukan jumlah  bilangan atau angka , dan mengisi angka 0 dari sisa kosong yang tersedia di sebelah kiri.

Setelah itu , kita tampilkan output hasilnya , dari kedua variable tersebut.


  • %20d : Memformat sebuah string ,berdasarkan jumlah bilangan yang ditentukan, lalu menyisakan spasi di sebelah kiri.
  • %020d :Memformat sebuah string ,berdasarkan jumlah bilangan yang ditentukan, lalu menyisakan angka 0  di sebelah kiri , jika bilangan atau angka tidak cukup.

Pemformatan Float:


Contoh Code :


Contoh Code menggabungkan menggunakan nilai tipe data float atau double desimal menentukan jumlah angka bilangan method format() di program java
Contoh Code


Output:



Ouput Hasil menggabungkan menggunakan nilai tipe data float atau double desimal menentukan jumlah angka bilangan method format() di program java
Ouput Hasil



Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,kita menggunakan variable nilai1 , nilai2 dan nilai3.

Pada variable nilai1 ,kita menyimpan hasil dari method .format() , yang menggunakan format string (%f). Dimana fungsinya , untuk menyimpan  bilangan atau angka yang digunakan  , dari 6  tempat desimal yang tersedia.

Pada variable nilai2 ,kita menyimpan hasil dari method .format() , yang menggunakan format string (%.2f). Dimana fungsinya , untuk menyimpan  bilangan atau angka yang digunakan  , dari 2  tempat desimal yang tersedia.


Pada variable nilai3 ,kita menyimpan hasil dari method .format() , yang menggunakan format string (%10.2f). Dimana fungsinya , untuk memformat 2 tempat desimal, yang jumlah seluruh stringnya 10. Jika tidak cukup jumlahnya ,maka akan menampilkan spasi di sebelah kiri.



  • %f : Memformat sebuah string ,dengan banyaknya angka yang digunakan. Serta memberikan 6 tempat desimal.
  • %.2fMemformat sebuah string ,dengan banyaknya angka yang digunakan. Serta memberikan 2 tempat desimal.
  • %10.2fMemformat 2 tempat desimal, yang jumlah string = 10. Jika tidak cukup , akan menampilkan spasi , di sebelah kiri.


Baca selanjutnya : Belajar Menggunakan String Regex di Program Java

Post a Comment for "Belajar Mengenal Fungsi format String Pada Program Java"