Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Blog

Istilah blogger mulai populer di Indonesia sejak tahun 2010-an. Blogger adalah sebutan bagi orang yang memiliki blog pribadi dan secara aktif mengisi blognya. Saat itu mulai bermunculan blog-blog yang kebanyakan berisi jurnal pribadi yang diterbitkan menggunakan domain Blogspot, WordPress, maupun domain mandiri.

Dari blog-blog tersebut, banyak bermunculan blogger-blogger ternama yang bisa menghasilkan uang dan ketenaran dari blog. Beberapa di antaranya adalah Raditya Dika, Shitliscious, Maxmanroe, Sugeng.id, dan PanduanIM.

7 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Blog
Seiring berjalannya waktu, popularitas untuk menjadi blogger pun meningkat. Mengelola blog pribadi memang memiliki manfaat dan keuntungan tersendiri. Beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dari mengelola blog adalah sebagai berikut.







1. Mengekspresikan Diri

Melalui blog kita bisa mengekspresikan diri kita melalui artikel yang kita tulis. Kita bisa menjadikan pengalaman pribadi, pengalaman lucu, ataupun pengalaman menarik sebagai bahan untuk artikel. Misalnya, Raditya Dika membagikan pengalaman-pengalamannya sebagai jomblo di blognya.

2. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Karena konten blog kebanyakan berisi artikel, kamu bisa mengasah kemampuan menulismu. Kemampuan menulis ini tidak eksklusif untuk orang-orang yang ingin menjadi wartawan saja. Menulis membantu kita untuk menuangkan ide secara terstruktur.

3. Menghasilkan Uang

Blog bisa menghasilkan uang? Iya, kamu bisa menghasilkan uang dari blog. Tapi tentu saja kamu tidak langsung menghasilkan uang tepat setelah membuat blog. Kamu perlu membangun blog tersebut dengan konsisten mengunggah konten berkualitas yang bisa mendatangkan banyak visitor.

4. Berbagi Ilmu

Blog bisa menjadi tempatmu untuk berbagi pengetahuan tentang bidang yang kamu kuasai. Misalnya, kamu ahli di bidang komputer, kamu bisa menulis artikel yang berkaitan dengan komputer seperti cara install Windows 10 atau tips-tips menggunakan Microsoft Office.

5. Membantu Orang Lain

Dengan berbagi pengalaman, tips dan trik, ataupun tutorial kita membantu pembaca kita memecahkan masalah yang mereka miliki. Apalagi saat ini banyak orang yang mencari solusi masalah melalui mesin pencarian Google. Jika artikel yang kita tulis berhasil masuk ke halaman pertama hasil pencarian, semakin banyak orang yang akan membaca artikel kita, dan menyelesaikan masalah yang dialami berdasarkan pengalaman kita.

6. Belajar Skill Baru

Selain bisa dijadikan kesempatan untuk belajar menulis, aktivitas blogging juga membuat kita untuk belajar hal-hal teknis dalam blogging seperti bagaimana mengoperasikan Blogspot atau WordPress. Selain itu, kita juga dituntut untuk mempelajari Search Engine Optimization (SEO) agar artikel yang kita tulis muncul di hasil pencarian Google.

Saat ini kemampuan teknis seperti yang disebutkan di atas sangatlah penting karena meningkatnya kebutuhan content marketing. Bisa jadi suatu saat nanti, kita bisa mengaplikasikan skill baru tersebut dalam pekerjaan di masa depan.

7. Membangun Network

Banyak orang yang mempunyai blog dengan tema yang sama dengan kita. Dari blog travel, blog marketing, blog teknologi, blog otomotif, blog kecantikan, blog seni, dan masih banyak lagi tema-tema blog lain.

Dengan konsisten menulis tentang satu tema, secara tidak langsung kita membangun identitas diri bahwa kita ahli dalam bidang tersebut. Hal ini bisa dijadikan modal untuk membangun network dengan blogger-blogger lain dengan tema yang sama.

Kesimpulan

Menjadi blogger dapat dilakukan oleh siapa saja, asal memiliki tekad dan kemauan yang kuat. Untuk masalah teknis seperti bagaimana mengoperasikan Blogspot, WordPress, ataupun SEO dapat dipelajari sambil jalan.

Jika kamu sudah memiliki banyak trafik pengunjung di blog, sebaiknya segera pindahkan hosting blog kamu ke self hosting agar bisa menampung lebih banyak trafik. Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya yang akan kamu habiskan untuk membeli hosting karena saat ini tersedia banyak penyedia hosting murah. Salah satunya adalah Niagahoster, penyedia hosting Indonesia terbaik yang sudah beroperasi sejak tahun 2013. Terlebih lagi, kalau kamu beli hosting di Niagahoster, kamu juga akan mendapatkan domain gratis selamanya. Jadi kamu bisa punya blog dengan domain sendiri!


Post a Comment for "7 Manfaat dan Keuntungan Memiliki Blog"