Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mematikan Chrome yang Berjalan Background di Windows 10

Bagi kalian yang menggunakan Google Chrome , sebagai Browser Web di PC atau Laptop kalian. Mungkin sebagian dari kalian ada yang tahu ,dan ada yang belum tahu.  Secara default ,Google Chrome  tidak benar-benar sepenuhnya tertutup ,ketika kita keluar(exit) menutup jendela program Google Chrome.

Hal ini dikarenakan ,adanya salah satu fitur yang terdapat di Google Chrome , yang bernama "Continue running background apps when Google Chrome is closed". Fungsi dari fitur ini adalah untuk menjalankan atau melanjutkan,  program aplikasi yang berjalan secara background (latar belakang), ketika program Google Chrome tertutup. Contoh program aplikasi yang akan berjalan seperti : extensions yang terinstall, notifikasi yang muncul dari suatu website ,tab-tab browser yang terakhir dibuka ,dan lain sebagainya.

2 Cara Mematikan Menghentikan Program Aplikasi Chrome yang sedang Berjalan Background(latar belakang) di Windows 10 PC Komputer Laptop

Bagi sebagian user atau pengguna , mungkin akan sangat terbantu dengan fitur ini. Namun , bagi sebagian user atau pengguna lain , fitur ini sedikit annoying (menjengkelkan). Seperti contoh kasusnya, saat saya menggunakan Google Chrome di Windows 10 ,pada update yang terbaru pastinya. 






Ketika saya mematikan (shut down) PC atau Komputer , tanpa menutup program Google Chrome ,beserta tab-tab browsernya. Besoknya , ketika PC atau Komputer saya dihidupkan kembali , secara otomatis  , akan membuka kembali Google Chrome ,beserta tab-tab browser yang kemarin belum ditutup saat startup. Padahal program Google Chrome di startup sudah dimatikan (disable). 

Nah ini mungkin akan menjengkelkan , ketika kalian tadinya sedang membuka banyak tab browser , seperti youtube ,website musik , dan lain sebagainya. Apalagi khususnya untuk user atau pengguna ,yang menggunakan kuota paket internet , pastinya akan sangat menguras sekali kuota , karena tiba-tiba Google Chrome membuka banyak tab browser secara bersamaan.

Untuk itu pada artikel tentang tips komputer kali ini , saya akan membahas tentang 2 Cara Mematikan Chrome yang Berjalan Background di Windows 10. Selengkapnya , berikut mari kita simak lebih lanjut :




Cara Pertama : Mematikan lewat System Tray Icon

1. Cara pertama kalian bisa perhatikan pada system tray icon ,yang terletak di bagian pojok kanan bawah. Kalian bisa lihat ada icon Google Chrome.


System tray icon Google Chrome Windows 10 PC Komputer Laptop
System tray icon Google Chrome



2. Selanjutnya kalian cukup klik kanan pada icon tersebut. Lalu pilih Let Google Chrome run in the background.

Let Google Chrome run in the background system tray icon windows 10 pc komputer laptop
Let Google Chrome run in the background


3. Seketika icon Google chrome akan menghilang.


Seketika icon Google Chrome menghilangkan di system tray icon windows 10 pc komputer laptop
Seketika icon Google Chrome menghilang


Cara Kedua : Mematikan lewat Setting di Google Chrome

1.  Cara kedua , kalian bisa membuka Google Chrome. Selanjutnya pilih menu (gambar 3 titik), yang terletak pada bagian pojok kanan atas ,lalu kalian pilih Settings.



Menu > Settings Google Chrome Windows 10 pc komputer laptop
Menu > Settings


2. Kalian scroll sampai bawah , lalu pada bagian System > di fitur Continue running background apps when Google Chrome is closed.  Kalian bisa matikan fitur  tersebut , dengan cara memilih button switch ke kiri ,yang berada di samping kanan.


System > Continue running background apps when Google Chrome is closed windows 10 pc komputer laptop
System > Continue running background apps when Google Chrome is closed


3. Selesai




Post a Comment for "2 Cara Mematikan Chrome yang Berjalan Background di Windows 10"