Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Perbedaan Game PUBG Versi Mobile dengan PUBG Versi PC

Playerunknown's Battlegrounds atau orang-orang biasa mengenalnya dengan PUBG . Game yang mempunyai konsep battle royale  , karya Brendan Greene ini , begitu sangat populer oleh kalangan gamer jaman now. Game ini dirilis  di Steam pada tanggal 23 Maret 2017 , saat masih tahap Early Access . Lalu untuk versi final akhirnya , dirilis akhir tahun lalu , tepatnya pada  tanggal 21 Desember 2017. Meskipun sudah dirilis tahun lalu , namun kopopuleran dari game ini terus merangkak naik hingga kurang lebih 3 juta player lebih , sudah memainkan game ini. Game ini begitu sangat fenomenal , karena konsep battle royale,  sudah terlebih dahulu ada . Bahkan game ini juga mengalahkan kepopuleran,  dari game yang dikembangkan oleh Valve ,seperti CS:GO dan Dota 2. 

7 Perbedaan Perbandingan Game PUBG Versi Mobile Hape Android Smartphone dengan PUBG Versi PC Komputer


Dengan rilisnya atau hadirnya secara resmi versi mobile ,yang sudah tersedia di Google Play Store, beberapa waktu yang lalu. Pastinya ,membuat kalian para player dari gamer atau non-gamer ,yang ingin memainkan game ini ,bertanya-tanya tentang perbedaan kedua versi dari game tersebut. Nah ,pada artikel kali ini ,saya akan membahas 7 Perbedaan Game PUBG versi Mobile dengan PUBG versi PC  ,yang perlu kalian ketahui. Selengkapnya , berikut mari kita simak lebih lanjut :

1. Free to Play vs Buy to Play

Perbedaan ini mungkin menjadi salah satu faktor utama ,bagi kalian yang ingin memainkan game PUBG. Pada PUBG versi PC menawarkan model bisnis Buy to Play , yang artinya kalian harus membayar untuk dapat memainkan gamenya. Serta di dalam gamenya , hanya menawarkan item mall yang bisa kalian beli , berupa kunci atau key. Dimana kunci tersebut , dapat kalian gunakan untuk membuka crate atau loot item yang terkunci,yang dapat kalian beli lewat battle point (BP),yang bisa kalian dapatkan setaiap selesai match atau pertandingan. Kalian hanya bisa membeli dan mendownload gamenya lewat Steam disini.



Halaman store PUBG versi PC di Steam
Halaman store PUBG versi PC di Steam

Beda halnya dengan PUBG versi Mobile ,yang menawarkan model bisnis Free to Play ,yang artinya kalian secara gratis dapat memainkan game ini. Namun , terdapat item mall ,yang bisa kalian beli di dalam game ,dengan pulsa atau voucher Google Play Store. Dimana item mall tersebut , berupa unknown cash , untuk membeli PUBG Crate , yang didalamnya berupa kosmetik , untuk mempercantik karakter kalian , seperti baju ,celana , sepatu dan lain sebagainya. Kalian bisa mendownloadnya lewat Google Play Store disini.




PUBG crate dapat dibeli denngan unknown cash PUBG Mobile
PUBG crate dapat dibeli denngan unknown cash

Bagi kalian player PC ,yang ingin memainkan game PUBG ,namun terhalang oleh dana , atau kurangnya spesifikasi minimum PC. Kalian bisa memainkan game PUBG Mobile menggunakan Emulator Tencent Gaming Buddy.

//item mall atau bisa disebut juga microtransaction

2.  Berbeda Developer

Perbedaan yang kedua ,terletak pada developer yang membuat dan mengembangkan , kedua versi game PUBG. Pada PUBG versi PC ,dibuat dan dikembangkan oleh Bluehole Studio ,yang bekerja sama dengan PUBG Corporation. Sedangkan untuk PUBG versi Mobile , dibuat dan dikembangkan oleh LightSpeed & Quantum Studio ,yang bekerja sama dengan Tencent Games. Jadi perusahaan Tencent ,hanya membeli lisensi atau hak cipta saja kepada PUBG Corporation. 

Namun kedua versi game PUBG tersebut ,sama-sama dikembangkan menggunakan software game engine ,yang bernama Unreal Engine.

Logo loading lightspeed & quantum studios PUBG Mobile
Logo loading lightspeed & quantum studios
Sebenarnya terdapat 1 developer lagi ,yang membuat dan mengembangkan PUBG Mobile , yang bernama Timi Studio. Sayangnya , saat ini hanya tersedia untuk versi China ,yang bisa kalian download via Aplikasi Tap-Tap.


3. Kualitas Grafis

Perbedaan yang ketiga ,terdapat pada kualitas grafis yang ditawarkan. Pada PUBG versi PC ,secara logika pastinya tampilan dan kualitasnya lebih realistis ,dibandingkan dengan PUBG versi Mobile .  Karena memang , kualitas grafis ,yang ditawarkan di PUBG versi Mobile , lebih disesuaikan dan dioptimasi , khusus untuk perangkat mobile.  Jadi texture bangunan , rumput ,jalanan , dan benda-bendanya ,tidak realistis dan selengkap ,seperti ada pada PUBG versi PC. 



Contoh screenshot kualitas grafis PUBG versi Mobile
Contoh screenshot kualitas grafis PUBG versi Mobile

Meskipun begitu , kualitas grafis PUBG Mobile , masih dibilang yang terbaik dibandingkan ,dengan game sejenis battle royale lainya , seperti Rules of Survival dan Free Fire. Namun , pastinya setiap player punya kenyamanan yang berbeda-beda, saat memainkan gamenya. Ada yang lebih suka tampilan yang sedikit gelap , dan ada yang suk tampilan yang sedikit lebih cerah dan realistis, dan lain sebagainya.

4. Sistem Ranked 

Perbedaan yang keempat , fitur ranked yang terdapat pada kedua versi game PUBG. Pada PUBG versi PC , sistem ranked berdasarkan rating point , dan terdapat leaderboard untuk masing-masing mode dan server di dalam game. Jika permainan kalian bagus ,konsisten di setiap match atau pertandingan,  maka kalian bisa mencapai top 10 di mode server tersebut.  Namun , kedepan mungkin saja akan diterapkanya update , untuk sistem yang ranked ,yang lebih kompetitif di PUBG versi PC.




Sistem leaderbord PUBG versi PC
Sistem leaderboard PUBG versi PC


Berbeda dengan PUBG versi Mobile , yang menerapkan tidak hanya rating point saja ,tapi juga sistem level dan pangkat ,yang bisa kalian capai, untuk menjadi yang teratas. Sistem rank atau pangkat yang diterapkan juga ,hampir sama seperti game-game multiplayer online lainya ,seperti bronze ,silver ,gold ,dan lain sebagainya.


5. Settingan Kontrol

Perbedaan yang kelima ,terdapat pada settingan kontrol di PUBG versi Mobile.  Jika PUBG versi PC ,settingan kontrol ,bisa dibilang standar ,seperti yang terdapat pada game-game tps atau fps lainya. Beda halnya , dengan PUBG versi Mobile , yang  memiliki sistem auto pick-up(mengambil loot secara otomatis , aim assist ( lebih mudah mengeker atau membidik musuh ) , quick chat (pesan singkat cepat ), dan lain sebagainya ,yang bisa kalian temukan di dalam game.



Fitur auto-pickup di PUBG versi Mobile
Fitur auto-pickup di PUBG versi Mobile


Karena didesain khusus untuk perangkat Mobile , pastinya settingan kontrol lebih disesuaikan dan dipermudah , untuk kenyamanan player saat bermain.


6. Jumlah Crate dan Daily Mission

Perbedaan yang keenam , terdapat pada fitur crate (loot box) dan misi harian. Pada PUBG versi PC ,terdapat banyak variasi crate atau loot box ,yang bisa kalian dapatkan, yang ditukar dengan battlepoint (BP).  

Berbeda pada PUBG versi Mobile ,yang saat ini hanya memiliki sedikit crate atau lootbox gratis. Namun ,untuk mendapatkan battlepoint (BP), tidak hanya didapatkan lewat match atau pertandingan saja , tapi bisa dengan cara menyelesaikan misi harian , login mingguan, dan lain sebagainya.



Weekly Login Rewards di PUBG versi Mobile
Weekly Login Rewards di PUBG versi Mobile



7.  Jual Item Game

Perbedaan yang ketujuh , ini mungkin bisa dibilang sangat signifikan , untuk keuntungan yang ditawarkan ,pada penjualan item-item kosmetik game. Pada PUBG versi Mobile ,kita bisa dengan mudah mendapatkan ,item-item mahal ,seperti jacket , sepatu ,mask dan lain sebagainya dari crate atau lootbox. Tetapi ,sayangnya tidak dapat dijual ,hanya sekedar mempercantik karakter kita saja.

Beda halnya dengan PUBG versi PC ,yang dimana item-item kosmetik gamenya ,bisa dijual lewat fitur Steam Community. Jadi bisa dibilang kita bisa sambil berbisnis ,dengan hanya terus memainkan game PUBG. Hasil penjualanya bisa kita pakai untuk ,membeli item kosmetik game lainya ,atau juga bisa membeli game lain  ,yang tersedia di Steam.




Contoh market PUBG versi PC di Steam Community
Contoh market PUBG versi PC di Steam Community


Jika kalian beruntung , kalian bisa mendapatkan item langka ,yang dijual bisa mencapai jutaan rupiah. Dengan hasil tersebut ,kalian bisa membeli lebih dari 1 game triple A, di Steam.


Demikan  artikel tentang 7 Perbedaan Game PUBG Versi Mobile dengan PUBG Versi PC. Sebenarnya , masih banyak lagi beberapa perbedaan ,yang masih belum dibahas. Namun ,setidaknya ini bisa menjadi referensi atau gambaran ,untuk perbandingan kalian , sebelum memainkan game PUBG.




Post a Comment for "7 Perbedaan Game PUBG Versi Mobile dengan PUBG Versi PC "