Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java

Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan mencoba membuat contoh program input dan output , menggunakan Scanner, di dalam bahasa pemrograman Java. Beberapa di antara kalian , mungkin ada yang masih belum tahu apa itu Scanner. Sebelumnya , mari kita kenalan dulu apa itu Scanner. 

Scanner adalah salah satu class library ,di dalam bahasa pemrograman Java (java.util.Scanner) sejak JDK Versi 5, yang dimana objeknya digunakan untuk menerima atau memparsing nilai  input tipe data primitif seperti int , boolean, double  , dan lain sebagainya, dan juga tipe data String , dari user atau pengguna lewat keyboard ataupun file. Scanner dapat memparsing tipe data primitif dan Strings ,menggunakan Regular Expressions.

Contoh Program Input dan Output Data Nilai Menggunakan Scanner di Java



Kekurangan dari Scanner , bila dibandingkan dengan class libary untuk input lainya ,seperti BufferedReader, yaitu tidak  memiliki thread safe, yang artinya kalian tidak bisa menggunakan banyak thread (multiple thread) , menggunakan Scanner. Serta  Scanner juga hanya memiliki memori buffer yang kecil (1KB char buffer) , bila dibandingkan dengan BufferReader(8KB byte buffer). Disini kita akan mencoba menggunakanya dalam program java berikut. Selengkapnya mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


Contoh Code Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java
Contoh Code


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas,  pertama kita membuat,  atau menginstansi objek baru dari class Scanner yaitu input.

Disini kita menggunakanan code  System.in , agar user atau pengguna dapat menginputkan nilai , lewat keyboard. Pada code in disini , merupakan objek dari class InputStream , yang di definisikan pada class System.  Sama halnya  seperti  out, dari code System.out , merupakan objek dari class OutputStream , yang juga di definisikan pada class System.


Lalu objek tersebut digunakan untuk mengakses method  input.nextLine() , yang fungsinya untuk mengambil nilai input tipe data String , dan  juga method  input.nextInt() , yang fungsinya untuk mengambil nilai input tipe data integer.

Selain itu juga ,kalian bisa mengambil nilai input dengan tipe data lainya , yang tersedia di class Scanner . Contohnya seperti , untuk mengambil nilai input 1 karakter atau huruf ,kita bisa menggunakan method .next().charAt() , dan juga untuk mengambil nilai tipe data double , kita bisa menggunakan method .nextDouble() , serta contoh lainya , yang  bisa kalian praktekan sendiri.


Beberapa method yang tersedia di Class Scanner Java
Beberapa method yang tersedia di Class Scanner


Selanjutnya , kita simpan nilai inputnya ke dalam variable nama dan umur.


Setelah itu , untuk outputnya kita menggunkan method System.out.println() .


Output :


Output Hasil Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java
Output Hasil

Baca juga : Contoh Program Input dan Output Menggunakan BufferedReader di Java

Post a Comment for "Contoh Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java"