Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Menghitung Jumlah Digit Angka Integer di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program tentang menghitung jumlah digit keseluruhan angka ,dengan tipe data integer, menggunakan bahasa pemrograman Java. Beberapa di antara kalian , mungkin masih ada yang bingung ,tentang maksudnya menjumlahnya itu bagaimana. Kita bisa ambil contoh dari angka  = 253, yang dimaksud dari digit yaitu  2 , 5 dan 3.  Berarti untuk menjumlahkan digitnya , dengan cara 2 + 5 + 3 = 10. Contoh lain = 164 , menjumlahkan digitnya  yaitu 1 + 6 + 4 = 11. Begitu juga seterusnya , bisa juga kalian bayangkan sendiri contoh angkanya. Sekarang kita akan mencoba menerapkanya di program java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:


Contoh Program Mencari Menghitung Jumlah Digit Angka Integer di Java




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :



Contoh Code Program Menghitung Jumlah Digit Angka Integer di Java
Contoh Code



Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,pertama kita menginstansikan objek inputUser , untuk mengambil nilai input dari user atau pengguna.


Lalu kita gunakan variabel angka , untuk menyimpan nilai tipe data integer yang diambil , dengan menggunakan method inputUser.nextInt().

Selanjutnya  , kita akan gunakan method overloading , dengan keyword static   yang bernama .jumlahDigit(parameter), untuk mengkalkulasi atau menghitung jumlah digit angka tipe data integer ,berdasarkan nilai input user.

Di dalam method tersebut , pertama kita inisialisasi variable jumlah = 0.

Lalu kita gunakan looping while , pada code angka !=0 , yang dimana kondisinya jika nilai dari variable angka tidak sama dengan 0, maka looping atau perulangan akan terus berjalan.

//!= termasuk operator relasi


Di dalam looping tersebut , kita jumlahkan nilai dari variable jumlah dan angka , lalu kita lakukan pembagian dan sisa bagi 10.


Kemudian kita kembalikan nilainya , ke variable jumlah dengan keyword return.

Setelah itu ,kita tampilkan output hasilnya.



Output :

Output Hasil Contoh Code Program Menghitung Jumlah Digit Angka Integer di Java
Output Hasil


Post a Comment for "Contoh Program Menghitung Jumlah Digit Angka Integer di Java"