Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Waktu Konversi Menit ke Tahun dan Beberapa Hari di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program , tentang konversi menit ke beberapa hari dan tahun , dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Seperti yang kita tahu , jika kita konversikan dalam 1 tahun  ,terdiri dari 365 atau 366 hari , dan jika kita konversikan ke menit , terdiri dari  sekitar 525+ ribu lebih menit. Nah ,disini kita akan mencoba menerapkanya dengan  mengkonversikan menit , yang di ambil dari inputan user atau pengguna, ke dalam tahun dan beberapa hari. Selengkapnya , mari kita simak lebih lanjut :

Contoh Program Cara Konversi Waktu Menit ke Tahun dan Beberapa Hari di Java







1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


Contoh Code Program Konversi Menit ke Tahun dan Beberapa Hari di Java
Contoh Code


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,pertama kita menginstansikan objek inputUser , untuk mengambil nilai input dari user atau pengguna.

Lalu kita gunakan variable menitDalamTahun , untuk mencari dan menyimpan hasil dari perhitungan beberapa menit dalam 1 tahun.  Pada code  60 * 24 * 365


Lalu kita gunakan juga variable angka , untuk menyimpan nilai input user  dengan tipe data double , pada code inputUser.nextDouble().

Selanjutnya , kita akan menggunakan Type Casting ,  dan juga pembagian dan sisa bagi. Untuk mencari hasil dari konversi menit ke dalam tahun ,yang disimpan pada variable tahun , pada code :(long) (angka/menitDalamTahun)

Serta untuk mencari hasil dari konversi menit ke dalam beberapa hari ,yang disimpan pada variable hari , pada code : (int) (angka/60/24) % 365.


Setelah itu kita tampilkan output hasilnya.




Output :

Output Hasil Contoh Code Program Konversi Menit ke Tahun dan Beberapa Hari di Java
Output Hasil

Post a Comment for "Contoh Program Waktu Konversi Menit ke Tahun dan Beberapa Hari di Java"