Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Mengurutkan (Sort) Huruf Acak di Java

Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan membuat contoh program tentang bagaimana cara mengurutkan (sorting) huruf ,yang di definisikan secara acak , dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Untuk mendefinisikan urutan nilai dari huruf , kita bisa menggunakan tipe data char lalu kita simpan ke dalam variable array []. Serta untuk menampilkanya kita dapat menggunakan looping for each, dan mengurutkanya dengan method  sort(), dari class Array. Selengkapnya , mari kita simak lebih lanjut :

Contoh Program Mengurutkan Huruf yang Acak dengan method sort dan looping for di Java




1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:


Contoh Code:


Contoh Code Program Mengurutkan (Sort) Huruf Acak di Java
Contoh Code


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas. Kita menggunakan variable arrayCharacter , untuk menyimpan deretan nilai huruf yang di definisikan secara acak. 

Lalu kita tampilkan , deretan nilai hurufnya sebelum di urutkan , dengan menggunakan  looping for each. Kita gunakan variable output , untuk menampilkanya.

Selanjutnya , kita gunakan method static sort()  dari class Array (import java.util.*;). Untuk mengurutkan nilai huruf ,yang tersimpan di variable arrayCharacter.

Setelah itu kita tampilkan lagi,  deretan nilai hurufnya,sesudah di urutkan, dengan menggunakan looping for each. Kita gunakan variable output , untuk menampilkanya.



Output:


Output Hasil Contoh Program Mengurutkan (Sort) Huruf Acak di Java
Output Hasil

Post a Comment for "Contoh Program Mengurutkan (Sort) Huruf Acak di Java"