Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Menentukan Bilangan Positif atau Negatif di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program ,tentang cara menentukan atau memeriksa suatu bilangan , itu positif atau negatif dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Jika  kita bicara dalam konteks, materi matematika yang biasa kita temui di bangku sekolah. Bilangan positif merupakan kumpulan bilangan yang mempunyai nilai lebih besar dari (>) atau sama dengan 0. Sedangkan bilangan negatif merupakan kumpulan bilangan yang mempunyai nilai kurang dari atau lebih kecil dari 0. Untuk itu, disini kita akan menggunakan kondisi if else ,dan class Scanner untuk menerima nilai dari input user atau pengguna. Selengkapnya untuk lebih jelasnya , mari kita simak lebih lanjut :




Contoh Program Cara Menentukan Mengecek Memeriksa Check Contoh Coding Code Program Bilangan Positif atau Negatif di Program Java






1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


Contoh Code Program Cek Bilangan Positif dan Negatif Java
Contoh Program Cek Bilangan Positif dan Negatif


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,tepatnya di baris pertama kita menggunakan variable output , untuk menyimpan nilai output,  hasil dari bilangan positif ataupun negatif , dengan tipe data String.


Selanjutnya ,kita menginstansi objek input dari class Scanner, yang digunakan untuk mengambil nilai inputan user atau pengguna , dengan method nextInt() , untuk tipe data integer.

Lalu , kita gunakan kondisi if else untuk mengecek atau menentukan bilangan positif (angka >=0) , dan juga bilangan negatif (angka <0) , atau juga jika itu bukan termasuk bilangan positif atau negatif.


Setelah itu kita tampilkan output hasilnya.




Output :


Output Hasil Contoh Code Program Cek Bilangan Positif dan Negatif Java
Output Hasil



Baca juga :  Contoh Program Menghitung Nilai Angka Positif ,Negatif dan Nol di Java


Post a Comment for "Contoh Program Menentukan Bilangan Positif atau Negatif di Java"