Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak dibutuhkan di 2018

Menjadi Developer ,dan Software engineer ,atau juga pekerjaan lain yang disematkan untuk orang yang berkecimpung di dunia pengembangan software atau aplikasi.  Memang merupakan suatu pekerjaan yang dinamis ,seiring dengan tekonologi baru yang kian cepat perkembanganya. Karena itu , seorang developer dituntut ,terus-menerus mempelajari hal baru , dan juga yang berhubungan dengan pekerjaanya, seperti halnya belajar bahasa pemrograman baru.

Sudah bukan rahasia umum lagi, banyak orang yang bekerja sebagai developer atau engineer, namun dulunya bukan merupakan lulusan IT ,atau juga sebelumnya mempunyai pekerjaan yang tidak ada hubunganya dengan IT. Untuk itu , belajar bahasa pemrograman berlaku bagi siapa saja ,terlepas apapun pekerjaan kalian saat ini. Bagi kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman , untuk menjadikan pekerjaan kalian. Kalian wajib  menyimak artikel list kali ini. 
contoh lowongan kerja cara belajar macam macam bahasa pemrograman populer banyak dicari dibutuhkan

Pada artikel list kali ini ,saya akan membahas tentang ,7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak dibutuhkan di 2018. Berdasarkan referensi dari codingdojo.com ,yang telah menganalisis data yang bersumber dari situs lowongan kerja indeed.com. Dimana datanya berdasarkan setiap lowongan kerja yang di posting di situs web tersebut.  Berikut mari kita simak lebih lanjut:


Data Statistik Bahasa Pemrograman yang banyak digunakan di perusahaan dunia kerja  Terpopuler di Tahun 2017-2018 Situs Web Lowongan Kerja
Bahasa Pemrograman Terpopuler di Tahun 2017-2018 (source: codingdojo)



1. Java 

Meskipun mengalami penurunan dibanding tahun 2017, berdasarkan jumlah setiap postingan job pada gambar data statistik diatas. Namun , Java masih merupakan salah satu bahasa pemrograman populer, yang banyak dibutuhkan di tahun 2018 , menurut versi situs web indeed.com. Mengingat umurnya sudah lebih dari 20 tahun , yang telah digunakan oleh banyak jutaan developer dan juga perangkat teknologi yang menggunakan  bahasa pemrograman ini seperti : desktop ,server ,mobile dan lain sebagainya .Tak heran hingga saat ini , masih kokoh di urutan teratas. Selain itu juga ,banyak resource atau referensi tentang tutorial belajar bahasa pemrograman java  ,yang bertebaran di Internet. Jadi kalian tidak perlu bingung lagi ,harus memulai dari mana untuk mulai belajar bahasa pemrograman ini.


2.  Python

Di posisi ke 2 yaitu di tempati oleh bahasa pemrograman Phyton. Mengalami peningkatan berdasarkan jumlah setiap postingan job , dibanding tahun 2017 lalu. Kelebihan bahasa pemrograman Phyton ini ,dibanding bahasa lain , memang terletak pada baris coding atau syntax code ,yang dapat mudah dibaca dan dipahami. Jadi mungkin ini sangat bagus, untuk pemula yang ingin memulai belajar bahasa pemrograman. Termasuk ke dalam general-purpose programming language  ,yang digunakan untuk pengembangan Web ,dan juga dukungan bahasa untuk software developer. Bahasa pemrograman Phyton juga di pakai untuk ,  scientific computing, data mining dan juga machine learning. Seiring dengan banyaknya permintaan akan teknologi machine learning , membuat bahasa Phyton semakin populer di kalangan developer.


3. Javascript


Di posisi ke 3 yaitu di tempati oleh bahasa pemrograman Javascript. Meskipun sedikit mengalami penurunan berdasarkan jumlah setiap postingan job , dibanding tahun 2017 lalu. Sebenarnya bahasa Javascript , merupakan bahasa populer mengalahkan Java dan Phyton , menurut survey yang dirangkum oleh situs web stackoverflow.com.  Berdasarkan survey tersebut bahasa Javascript , digunakan oleh 80% lebih Web Developer. Dan juga dilihat berdasarkan statistik penggunaan , sekitar  94% dari keseluruhan web di Internet ,menggunakan bahasa Javascript. Serta beberapa framework front-end yang menggunakan Javascript , seperti React  dan AngularJs. Seiring dengan permintaan tekonologi IoT dan Mobile device di masa depan ,yang akan terus berkembang, membuat bahasa Javascript ini ,akan semakin populer kedepanya.



4. C++

Di posisi ke 4 yaitu di tempati oleh bahasa pemrograman C++. Bahasa C++  merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa Java, selain keduanya merupakan bahasa tingkat tinggi . Bahasa Program C++ dan Java juga sama-sama menganut konsep OOP(object-oriented programming) . Meskipun begitu ,terdapat juga banyak perbedaan antara Bahasa Java dan C++.  Bahasa C++ juga merupakan bahasa yang sudah tua umurnya, namun masih sangat populer khususnya bagi kalangan game developer ,yang membuat dan mengembangkan game. Kalian bisa lihat  selengkapnya , list daftar game engine oleh Wikpedia, yang menggunakan bahasa pemrograman C++.



5. C#

Di posisi ke 5 yaitu di tempati oleh bahasa pemrograman  C#. Bahasa C++ juga memiliki kemiripan dengan bahasa C++ , karena bahasa C merupakan induk bahasa dari C# dan C++. Bahasa ini juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek , yang dikembangkan oleh Microsoft ,untuk didesign agar berjalan di platfrom Microsoft’s .NET . Bahasa ini juga digunakan oleh engine seperti Unity ,dalam mengembangkan game di berbagai platform.



6. PHP

Di posisi ke 6 yaitu di tempati oleh bahasa pemrograman PHP.  PHP merupakan bahasa scripting ,yang digunakan untuk pengembangan server. Banyak developer menggunakan PHP untuk pengembangan Web, seperti menambahkan fungsi pada HTML atau berinteraksi dengan database MySQL.


7. Perl

Terakhir di posisi paling buncit ke 7 ,yaitu di tempati oleh bahasa pemrograman Perl. Bahasa yang dulunya dikembangan pada sistem operasi Unix, juga sudah sangat tua umurnya. Beberapa di antara kalian juga , mungkin jarang mendengar bahasa ini . Bahasa ini juga menggunakan konsep Pemrograman berorientasi objek,  sejak Perl versi 5.


Demikian ,artikel list tentang 7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak dibutuhkan di 2018. Sebenarnya data statistik diatas bersifat tidak tetap ,namun valid. Setidaknya ini bisa menjadi referensi , kalian dalam memilih bahasa pemrograman. Mengingat  akan selalu hadir bahasa pemrograman baru setiap tahunya , untuk itu kita harus selalu siap untuk beradaptasi dengan perubahaan. Selanjutnya tergantung kalian memilih , bahasa pemrograman mana ,yang ingin kalian tekuni. Karena pada dasarnya semua bahasa pemrograman mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jadi tergantung kebutuhan kita akan teknologi yang di tawarkan oleh bahasa pemrograman tersebut.

Post a Comment for "7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak dibutuhkan di 2018"