Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Factory Method Pattern pada Program Java

Factory Method adalah salah satu contoh konsep design pattern  ,yang dapat memisahkan pembuatan , pada objek produk dengan objek client(Main Class). Secara konsep penggunaan pattern ini ,adalah perubahan pada class produk tidak akan berpengaruh pada  class client ,class yang menggunakan pattern ini akan  membuat suatu method dengan tipe return value yang sama , namun dengan input data yang berbeda-beda, serta dapat digunakan oleh banyak class. Jadi analoginya sama seperti contoh pabrik pada umumnya , pengguna atau konsumen tidak harus tahu menahu , tentang nama dan proses pembuatan dari suatu produk yang diminta.


Belajar Mengenal Contoh Pengertian Factory Method Pattern Java adalah



Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan mencoba menggunakan penerapan Factory Method Pattern ,dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak caranya :


1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2. Sebelum kita membahas contoh code, untuk lebih jelasnya kalian bisa perhatikan contoh konsep , atau class diagram dari factory method  pada  gambar dibawah:



Contoh class diagram dari Factory Method Java
Contoh class diagram dari Factory Method (source :dzone)


Nah kita akan gunakan konsep atau class diagram diatas ,ke dalam bahasa pemrograman Java. Pada contoh kasus kali ini , saya akan menggunakan sebuah pabrik minuman  dengan 3 jenis rasa. Langsung saja, kita simak berikut Contoh Code ,beserta penjelasanya:



Contoh code :

Minuman.java  


Minuman.java contoh factory method pattern java
Minuman.java


Penjelasan :

 Berperan sebagai Product ,yang methodnya akan di implementasikan ke Concrete Product. Yang dimana Concrete Product bernama  TehManis.java  , TehHijau.java , dan TehTawar.java.


TehHijau.java

TehHijau.java  contoh factory method pattern java
TehHijau.java


TehManis.java

TehManis.java contoh factory method pattern java
TehManis.java


TehTawar.java


TehTawar.java  contoh factory method pattern java
TehTawar.java

Penjelasan:


Class TehManis.java  , TehHijau.java , dan TehTawar.java. berperan sebagai Concrete Product ,yang akan mengimplementasikan interface dengan keyword implements , lalu mengisi nilai atau value ,dari method  override rasa() dari interface Minuman.


JenisMinuman.java

JenisMinuman.java contoh factory method pattern java
JenisMinuman.java



Penjelasan:

Menyimpan static variable untuk menyimpan nilai atau value dari Method getMinuman ,yang berperan sebagi Concrete Creator.


MinumanFactory.java
Minuman Factory.java contoh factory method pattern java
MinumanFactory.java




Penjelasan :

Class MinumanFactory.java ,berperan sebagai Creator ,yang akan menerapkan method dari Concreate Creator ,yaitu method getMinuman yang digunakan untuk mengambil object dari jenisMinuman , dengan menggunakan interface Product (Minuman).



Class Main 

Main Class contoh factory method pattern java
MainClass


Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat pada contoh code dalam Main Class , diatas. Disini kita hanya perlu memanggil object dengan syntax . Product(Minuman)<spasi> objek =  MinumanFactory.(Creator/Factory) getMinuman(Concreate Creator) .

Lalu nilai atau value yang yang ada di dalam method getMinuman() ,akan di kembalikan , berdasarkan  jenis minuman dari Concreate Product yaitu TehManis.java  , TehHijau.java , dan TehTawar.java.

Setelah itu untuk menampilkan methodnya kita bisa menggunakan objek.tampilMethod();

Output :


TehManis : Rasanya  manis ,tapi segerr
TehTawar : Rasanya hambar ,tapi cocok di sajikan saat makan
TehHijau : Rasanya sangat pahit ,tapi menyehatkan


Demikian contoh penggunaan Factory Method Pattern , di dalam bahasa pemrograman Java , selanjutnya kalian bisa kembangkan sendiri pattern ini lebih baik lagi ,untuk memecahkan solusi saat kalian sedang melakukan aktivitas pengembangan project program.

Post a Comment for "Belajar Factory Method Pattern pada Program Java"