Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Codingan MainActivity Android Java

Seperti yang saya sudah katakan di artikel sebelumnya, untuk membangun sebuah User Interface pada Aplikasi Android. Kita bisa melakukan dengan dua cara, pertama membangun secara dinamis,dengan bahasa pemrograman (programatically ex= Java ) dan kedua membangun dengan cara layouting , atau dengan cara statis(XML). Nah pada tutorial belajar android kali ini , kita akan mencoba mengenal Codingan MainActivity Android Java. Pada dasarnya ,jika kalian sudah memahami bahasa program Java.  Otomatis kalian sudah bisa memahami  codingan logic dari MainActivity.java , Hanya berbeda kumpulan class atau library nya saja ,yang kita akses dan digunakan ,untuk pengembangan Aplikasi Android. 


Belajar Mengenal Codingan MainActivity Android Java




Jadi itu lah alasan utama ,kenapa saya membuat halaman belajar java , karna kebanyakan orang ,tidak memahami betul konsep dan logikanya ,tentang bahasa pemrograman Java. Memang masih belum sempurna ,saya tahu itu ,masih banyak kekurangan disana-sini, tapi setidaknya kalian sudah punya gambaran atau bayangannya, tentang bahasa pemrograman Java.


Pertama-tama saya jelaskan ,ke bagian saat kita membuat Hello World dulu ,dimana itu masih MainActivity.java kosong. Belum ada objek atau method yang kita buat ,selain method by default(bawaan), untuk menampilkan TextView dari Layout ,pada layar di perangkat Android kita. Perhatikan contoh  MainActivity.Java di bawah:

Contoh Empty Activity Android Studio
Contoh Empty Activity



Penjelasan:

1. MainActivity.java : Nama codingan file java harus sama dengan nama class. Jadi jika kalian mempunyai nama class MainActivity , codingan file harus sama dengan nama class yaitu MainActivity.java .

2. package com.okedroid.contohaplikasi :  Sebuah alamat direktori dan pengelompokan ,codingan file-file Java. Jika kita sedang mengembangkan Aplikasi yang Kompleks,kita akan membutuhkan banyak package, yang sesuai dengan ,Aplikasi yang sedang kita kembangkan.


3. import android.os.Bundle;  Kumpulan class atau library dari Bundle digunakan untuk meneruskan atau membagi data, antar Activity ,dan juga Komponen Aplikasi lainya di Android. Yang dimana seperti pada gambar diatas ,digunakan untuk menyimpan state ,dari Aplikasi yang sedang di jalankan.

 import android.support.v7.app.AppCompatActivity; Kumpulan class atau library ,yang digunakan untuk mewariskan semua sifat-sifat dari Super Class AppCompatActivity, (Baca : Inheritance), ke dalam Sub Class MainActivity ,dengan cara overriding (Baca : Polymorphism).


4.public class MainActivity extends AppCompatActivity { : Maksudnya adalah kita mempunyai Sub Class yang bernama MainActivity  dengan keyword extends ,yang digunakan untuk mewariskan sifat-sifat yang ada di dalam Super Class AppCompatActivity. 


5.  @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);


    }

Method onCreate adalah salah satu Method secara default(bawaan) ,yang berasal dari Class AppCompatActivity ,yang digunakan untuk membuat Activity pertama kali ,dengan cara overriding ,(Baca : Polymorphism ). Saat Aplikasi dijalankan pertama kali, Berisi tipe data Bundle ,dan juga parameter savedInstanceState. Keyword super  pada Bahasa Permrograman Java ,   berfungsi sebagai variable referensi class , yang digunakan untuk rujukan dari Super Class atau Parent class (Baca lebih jelasnya ).setContentView adalah method yang dipanggil , untuk mengkaitkan atau mereferensikan Activity kita ,kedalam desain (XML) yang dimana dalam hal ini ,R.layout.activity_main (Lokasi : resource -> layout -> activity_main.xml )


Jika kalian ingin tahu cara kerja Activity bisa baca : Tips Cara Membuat Log Coding di Android Studio.




//Kurang lebih itu dulu jika ada kesalahan atau penambahan akan saya update

Post a Comment for "Belajar Mengenal Codingan MainActivity Android Java"