Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Proses dan Thread pada Komputer

Banyak di antara kalian mungkin , masih belum paham dan mengerti, tentang pengertian ,serta apa yang dimaksud dengan Proses dan Thread ,serta hubungan keduanya. Oke pada artikel kali ini saya akan membahas, tentang pengenalan Proses dan Thread yang terdapat pada Komputer, yang kalian gunakan sehari-hari.

Sebuah Komputer dapat berjalan dengan baik ,karena terdapat otak yang ada di dalamnya , yang biasa kita kenal dengan nama CPU (Central Processing Unit) atau Processor. Proses dan Thread adalah sebuah fungsi atau kegunaan ,yang terdapat pada CPU atau Processor. Serta dapat kita lihat dalam bentuk tampilan task ,di dalam Sistem Operasi. Sekarang mungkin pertanyaanya akan seperti ini :

Perbedaan Persamaan Beleajar Mengenal Apa itu yang dimaksusd Proses dengan Thread PC Komputer

Apa yang dimaksud Proses ?


Setiap proses menyediakan resource , yang dibutuhkan untuk mengeksekusi Program. Sebuah proses adalah instansi dari sebuah Aplikasi atau Program,serta beberapa Sistem Operasi merujuk pada task , untuk merujuk  pada Program yang sedang berjalan. Sebuah Proses juga selalu disimpan ke dalam memori utama ,atau yang biasa kita kenal RAM ( Random access memory).

Oleh karena itu , proses ini sebagai bagian,  dari proses yang aktif untuk sementara. Jadi akan menghilang, ketika kita merestart PC atau Komputer kita. Setiap proses dimulai setidaknya memiliki satu thread (Single Thread), sering disebut primary thread, dan dapat membuat thread tambahan dari setiap threadnya. Pada sistem multiprocessor ,beberapa proses dapat di eksekusi secara paralael.




Apa yang dimaksud Thread ?

Sebuah thread adalah bagian di dalam sebuah proses ,yang dapat dijadwalkan untuk di eksekusi. Semua thread dari sebuah proses ,akan saling membagi virtual address space  dan system resources. Sedangkan proses mempunyai virtual address space tersendiri atau terpisah. Thread memiliki akses langsung ke segmen data dari proses. sedangkan proses mempunyai salinan segmen data ,dari induk proses sendiri.


Contoh Gambar Proses dan Thread
Contoh Proses dan Thread

Untuk lebih jelasnya , saya akan sajikan dalam bentuk tabel , seperti berikut:

Perbedaan Proses dan Thread :


Proses

Thread

Setiap proses menyediakan resource , yang dibutuhkan untuk mengeksekusi Program


Setiap thread adalah bagian di dalam sebuah proses ,yang dapat dijadwalkan untuk di eksekusi.
Proses mempunyai salinan segmen data ,dari induk proses sendiri.
Thread memiliki akses langsung ke segmen data dari proses
Semua proses mempunyai virtual address space tersendiri atau terpisah. 
Semua thread dari sebuah proses ,akan saling membagi virtual address space  dan system resources. 
Proses membutuhkan duplikasi dari induk proses.
Thread baru akan dengan mudah dibuat.
Proses sangat mungkin mempunyai     overhead
Thread hampir  tidak mempunyai     overhead



Kurang lebih ,demikian penjelasan mengenai Proses dan Thread, di dalam Sistem Operasi Komputer. Jika ada penambahan atau kesalahan akan saya update. Terima Kasih,


Post a Comment for "Belajar Mengenal Proses dan Thread pada Komputer"