Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Cara Membuat Aplikasi Browser Sederhana Android

Browser adalah salah satu Aplikasi yang sangat populer ,karena kita bisa mengakses dan menjelajah internet lewat Aplikasi ini , banyak digunakan untuk platform Desktop ataupun untuk platform Mobile. Khususnya untuk perangkat Android ,Browser yang Sangat Populer digunakan di kalangan user (pengguna) ,seperti contohnya , Chrome ,Firefox, UC Browser ,Opera dll. Nah yang pasti tiap Aplikasi Browser ,memiliki kelebihan masing-masing ,entah itu dari segi kecepatan ,performa ,fitur untuk hemat kouta dll.


Belajar Cara Membuat Aplikasi Browser Sederhana Android



Pada tutorial belajar android kali ini , kita akan mencoba membuat Aplikasi Browser Sederhana Android, dengan menggunakan Android Studio. Disini kita akan menggunakan library Webkit , Fitur-fitur yang akan kita sematkan hanya dasar-dasar nya saja, seperti perintah untuk , refresh, stop ,go back ,dan forward. Yang pasti sisanya kalian bisa kembangkan Aplikasi ini.


1. Pertama kalian bisa membuat project baru ,dengan nama "MySimple Browser" ,atau dengan nama yang kalian tentukan sendiri.


2.  Karena Aplikasi kita membutuhkan koneksi Internet , maka pada Android Manifest.xml/ Kalian tambahkan ,   <uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" />.

Android Manifest.xml




3.  Pada bagian folder resource /layout / activity_main.xml. Kalian bisa tambahkan baris instruksi atau codingan berikut :

 activity_main.xml




4.  Pada bagian folder menu , menu_main.xml . Kalian bisa tambahkan baris instruksi atau codingan berikut :

 menu_main.xml 




5. Pada bagian file Java , MainActivity.java .  Kalian bisa tambahkan baris instruksi atau codingan berikut :

MainActivity.java 



6.  Setelah itu kita coba , jalankan Aplikasinya.


Kurang lebih hasilnya akan seperti ini.


Contoh Aplikasi Browser Simple Android Studio
Contoh Browser Aplikasi Sederhana "MySimpleBrowser"

Nah ,Sisanya kalian bisa kembangkan sendiri ,entah itu mempercantik User Interfacenya ,menambahkan fitur-fiturnya . Sekian dan Terima Kasih.


Post a Comment for "Belajar Cara Membuat Aplikasi Browser Sederhana Android"