Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Aplikasi User Login Sederhana Tanpa Database Android

Form User Login banyak digunakan di berbagai platform Aplikasi baik Desktop, Web ataupun Mobile. Untuk keperluan security ,dan juga menjaring akun user ,untuk mendapatkan hak akses ke dalam  fitur Aplikasi tersebut. Nah untuk mendapatkan user login ,seseorang biasanya harus mendaftarkan atau membuat akun user terlebih dahulu. Seperti halnya  jika kita  ingin menggunakan akun Facebook ,kita di haruskan untuk membuat akun Facebook terlebih dahulu, dengan cara mengisi Form Register. Setelah kita membuat akun Facebook ,kita dapat mengakses dan menggunakan akun Facebook ,dengan mengisi Username (Email dan Phone) dan Password kita. pada Form User Login di Facebook.


Aplikasi Login Android No Database


Pada artikel tutorial belajar android kali ini ,kita akan mencoba membuat Aplikasi User Login Sederhana ,Tanpa Database pada platform Mobile, khususnya Android. Jadi disini kita tidak menggunakan Database seperti SQLite atau MySQL. Mungkin  Aplikasi ini bisa disebut juga semacam purwarupa (prototype atau bentuk awal) jika kalian ingin membuat Aplikasi, dengan Form User Login. Sisanya kalian bisa kembangkan sendiri Aplikasi ini.


1. Pertama kalian buat Project Baru atau Project yang sudah ada di Android Studio.

2.  Disini  sebagai contoh , kita akan menggunakan 2 Activity dan 2 Layout . dan settingan di Android Manifest.

Jadi ketika kita menginputkan Username dan Password , pada widget EditText,  jika cocok atau sesuai, maka akan masuk ke Activity 2 pada Layout 2. Jika tidak , maka akan menampilkan pesan text Toast ,begitu juga saat kita tidak mengisi  atau menginputkan baik Username dan Password.  Maka codingan yang cocok untuk algoritma tersebut, kita bisa menggunakan Conditional if else .


3.  Pada bagian Layout 1 dan Activity 1 , kalian bisa menggunakan codingan berikut:

activity_main.xml




MainActivity.java




4. Pada bagian Layout 2 dan Activity 2, kalian bisa menggunakan codingan berikut:

activity_second.xml


SecondActivity.java




5. Pada settingan AndroidManifest.xml ,pastikan seperti berikut:

AndroidManifest.xml 





Hasilnya kurang lebih akan seperti ini :


User Login No Database Android
User Login No Database

Sekali lagi selanjutnya kalian bisa kembangkan Aplikasinya ,entah itu menggunakan database atau memakai data lain,sesuai dengan keinginan kalian. Yang pasti Aplikasi diatas masih dalam bentuk awal atau prototype.



Post a Comment for "Cara Membuat Aplikasi User Login Sederhana Tanpa Database Android"