Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Ripple Effect Material Design Android

Seperti yang kalian ketahui semenjak update OS Android 5.0 Lollipop , banyak sekali para developer android yang merubah sisi user interface di Aplikasinya, ke dalam bentuk Material Design. Disamping User Interface nya yang sangat menarik di lihat ,dengan adanya tambahan fitur-fitur lainya yang ada di Material Design. Mengubah User Interface Aplikasi dari yang lama menjadi Material Design terbukti mampu meningkatkan penginstallan dan rating di Google Play Store.

Cara Menerapkan Contoh Widget AnalogClock Android

Pada tutorial belajar android , kali ini kita akan mencoba menerapkan salah satu fitur dari Material Design yaitu Ripple Effect yang dimana fitur ini memungkin kan si user (pengguna), menekan tombol atau menu  akan muncul efek seperti cipratan air.Disini kita akan menggunakan library dari salah satu developer android di github. Jika kalian penasaran kita langsung mencoba membuatnya :



1. Pertama buka project Android Studio kalian.

2. Lalu seting dependencies dari build.gradle seperti dibawah ini:





3. Lalu kita terapkan widget <com.andexert.library.RippleView> ke dalam file layout activity_main.xml( sebagai contoh) .

copykan kode dibawah ini:





4. Kemudian kita coba jalankan Aplikasinya di Android Studio :


Hasil Ripple Effect Material Design Android
Hasil Ripple Effect Android

Sekilas memang tampak tidak ada sesuatu yang berubah, namun jika kalian menekan atau menyentuh tombol warna yang ada di dalam aplikasi tersebut. Maka akan muncul Ripple Effect seperti cipratan air.




Post a Comment for "Cara Menggunakan Ripple Effect Material Design Android"