Belajar Mengenal Adobe Flash CS6 dan Tools Penggunaanya Part 2
Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu tentang Belajar Mengenal Adobe Flash CS6 dan Tools Penggunaanya. Jadi sebelum kalian membaca artikel dibawah alangkah baiknya agar paham kalian harus membaca artikel sebelumnya.
Baca sebelumnya : Belajar Mengenal Adobe Flash CS6 dan Tools Penggunaanya Part 1
Setelah di artikel sebelumnya kita mengenal Panel Properties ,selanjutnya kita akan mengenal Panel Library seperti pada gambar dibawah:
![]() |
Tampilan Panel Library |
Panel Library pada panel ini ditujukan untuk menyimpan keseluruhan obyek, seperti simbol,graphic,button,sound dan movie clip yang sudah dibuat.
![]() |
Tampilan Panel Tools |
Penjelasan :
Panel Tools merupakan panel yang berisi beberapa tools atau tombol yang dapat membuat ,mengatur dan juga mendesain suatu objek.
4. Mengatur Stage
Stage atau biasa disebut area lembar kerja di dalam flash yang digunakan untuk meletakan suatu obyek seperti gambar-gambar yang berada di Panel Library. Kalian juga dapat mengatur stage dengan cara:
-Pada menu bar kalian bisa pilih Modify lalu pilih Document setelah itu akan tampil jendela Document Settings seperti pada gambar dibawah. Setelah kalian atur kalian dapat memilih tombol OK.
![]() |
Tampilan Document Settings |
Penjelasan :
Dimension pada bagian ini digunakan untuk mengatur ukuran Stage dengan memberi nilai Width untuk nilai lebar dan juga Height untuk memberi nilai tinggi pada Stage.
Scale content with stage jika di centang maka ukuran objek secara otomatis akan menyesuaikan ukuran Stage ketika diubah.
Ruler units digunakan untuk menentukan nilai satuan ukur yang dipilih seperti pada gambar diatas menggunakan Pixels untuk satuan ukuranya.
Background color untuk menentukan latar belakang dari warna Stage.
Frame rate untuk mengatur banyaknya frame yang dihasilkan dalam setiap detiknya,digunakan untuk keperluan animasi.
Auto-Save fitur yang sangat berguna di Adobe Flash CS6 kalian dapat mengatur waktu untuk penyimpanan otomatis.Jika PC atau komputer kalian mati namun pekerjaan lupa kalian simpan,maka fitur ini akan membuat file recovery ketika kalian membuka lagi Software Adobe Flash CS6.
Kalian dapat menggeser Stage atau lembar kerja dengan menggunakan tools yang ada di Panel Tools.
-Pertama kalian dapat memilih tombol yang bernama Hand tool

-Lalu klik objek atau gambar dan geser pada posisi yang diinginkan.
6. Mengatur Skala Stage
Saat kalian sedang mengerjakan suatu objek terkadang ada salah satu objek yang harus kalian zoom pada posisi tertentu, untuk memaksimalkan hasil dari pengerjaan suatu objek. Nah kalian dapat melakukanya dengan mengatur skala stage dengan cara:
-Kalian dapat memilih tombol yang bernama Zoom tool

-Setelah itu terdapat dua pilihan Enlrage dan Reduce

-Enlrage digunakan untuk memperbesar tampilan di Stage.
-Reduce digunakan untuk memperkecil tampilan di Stage.
7. Menampilkan Ruler pada Stage
Ruler digunakan untuk membantu kalain dalam mengerjakan suatu objek,agar ukuran dan bentuk objek memiliki presisi ukuran yang tepat. Kalian dapat mengaktifkanya dengan cara:
-Pada menu bar kalian dapat memilih menu View lalu pilih Rulers.
-Kemudian rulers akan aktif seperti pada gambar di bawah:
![]() |
Tampilan Rulers |
8. Menampilkan Grid pada Stage
Grid digunakan untuk membantu dalam pengerjaan objek yang dimana akan menampilkan kotak bantu yang berjajar pada area Stage. Kalian dapat mengaktifkanya dengan cara:
-Kemudian grid akan aktif seperti pada gambar dibawah:
![]() |
Tampilan Grid |
9. Menambahkan Scene
Scene atau biasa disebut layar yang biasa digunakan untuk mengatur dan menyusun objek-objek. Kalian dapat menambahkan scene dengan cara:
-Pada menu bar kalian dapat memilih Insert lalu Scene.
-Lalu kalian dapat berpindah-pindah Scene seperti pada gambar dibawah:
![]() |
Tampilan Scene |
Post a Comment for "Belajar Mengenal Adobe Flash CS6 dan Tools Penggunaanya Part 2"
Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP