Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java

Pengertian modifier adalah sebuah ijin hak akses level  atau kontrol akses, untuk penggunaan suatu atribut atau method, pada suatu Package dan Class , di dalam bahasa pemrograman Java. 

Terdapat empat 4 jenis Modifier Java ,yang bisa kalian gunakan , terdiri dari public ,private, protected ,dan 1 tambahan lagi yaitu no modifier. Maksud dari no modifier disini sebenarnya , adalah suatu atribut atau method ,yang tidak mempunyai ketiga jenis modifer.  Sebagian dari kalian khususnya untuk para pemula , mungkin masih sedikit kesulitan ,membedakan fungsi akses dari ketiga jenis modifier tersebut.


belajar mengenal perbedaan contoh code program pengertian jenis jenis akses arti modifier public private protected pada java



Pada artikel belajar java kali ini , kita akan mencoba mengenal contoh perbedaan penggunaan dari modifier public ,protected, dan private ,menggunakan bahasa pemrograman Java . Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :





1. Untuk lebih jelasnya lagi , kalian bisa perhatikan tabel perbandingan , jenis-jenis modifier di Java. Seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah :



contoh pengertian jenis-jenis akses arti modifier pada java
Jenis-jenis akses modifier Java


Modifier Akses Java

  • Public dapat di akses dari class yang sama,package yang sama ,subclass ,dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama ,package yang sama ,subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
  • Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.
  • No Modifiers dapat diakses dari class dan package yang sama.


2. Selanjutnya , kita akan coba menerapkan ketiga modifier java , pada contoh code program di bawah :


Contoh Code Program :


contoh code program pengertian jenis-jenis akses arti modifier public private protected  pada java
Contoh Code Program


Penjelasan :

Pada contoh code program di atas ,kita mencoba menggunakan  3 jenis akses level modifer yaitu public ,private , dan protected. Satu tambahan lagi ,kita menggunakan no modifier.

Pada variable nama , dengan tipe data String , kita menggunakan modifier private. Dimana ini artinya kita hanya,  dapat mengakses dan menggunakan  variable tersebut,   di ruang lingkup class Binatang saja.

Jadi jika kalian membuat class turunan yang di extends dari class Binatang, misal Anjing extends Binatang. Variable nama akan menjadi error, dan tidak dapat di akses.


Selanjutnya , pada variable umur,  tipe data integer, kita menggunakan modifier protected. Dimana ini artinya , kita hanya ,dapat mengakses dan menggunakan variable tersebut , pada class yang sama (Binatang) ,Class turunan , dan juga package yang sama.

Jadi jika kalian membuat package baru,  selain seperti contoh package di atas :  com.okedroid.belajarjava.

Variable umur akan menjadi error ,dan tidak dapat di akses.


Pada variable jenisKelamin, dengan tipe data String ,kita tidak menggunakan jenis modifier sama sekali , alias no modifier. Dimana artinya , kita hanya dapat mengakses dan menggunakan variable tersebut , pada class yang sama ,dan package yang sama.

Jadi jika kalian membuat class turunan yang di extends dari class Binatang, misal Anjing extends Binatang. Serta kalian membuat package baru,  selain seperti contoh package di atas. Variable jenisKelamin akan menjadi error, dan tidak dapat di akses.


Terakhir , pada method .tampilInfo() , dengan tipe void (tidak mengembalikan nilai) , kita menggunakan modifier public. Dimana artinya,  kalian dapat mengakses ,method tersebut dimana saja.


Point :

  • Private : Hanya di dalam class yang sama
  • Protected :  Class sama ,class turunan ,dan package sama
  • Public : Akses dimana saja
  • No modifier : package dan class sama

Post a Comment for "Belajar Mengenal Modifier Public,Protected, dan Private pada Java"