Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Contoh Class dan Object di Program Java

Seperti yang kita tahu ,  Java adalah salah satu bahasa pemrograman di komputer ,yang menggunakan konsep OOP(Object Oriented Programming) ,  atau jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ,menjadi Pemrograman berorientasi objek. 

Nah ,konsep OOP ini terdiri dari 4 bagian , yaitu seperti : Inheritance , Polymorphism , Encapsulation , dan Abstraksi. Disini kita tidak akan membahas keempat  bagian tersebut , karena sudah dijelaskan di artikel sebelumnya. Namun ,kita akan membahas salah satu pondasi dasarnya ,dari konsep ini ,yaitu tentang Class dan Object.



Belajar Mengenal Pengertian Contoh Class Kelas dan Object Objek di Program Java



Pada artikel belajar java kali ini ,kita akan belajar mengenal  Class(Kelas) dan Object(Objek) , dengan membahas contoh sederhanya ,di kehidupan sehari-hari ,begitu juga contoh penggunaanya di bahasa pemrograman Java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :





A). Apa itu Class di Java?



Apa itu Class di Java?
Apa itu Class di Java?

Pengertian Class adalah sebuah kerangka/model (blueprint) atau bentuk awal (prototype), yang berfungsi untuk tempat menaruh,  dan mendeksripsikan variabel, method (perilaku ) dari sebuah obyek. Penamaan nama class diprogram ,harus sama dengan nama di struktur file  extention .java jadi jangan salah. 

Contoh sederhana yang bisa kita ambil,  dari kehidupan nyata sehari-hari dari Class adalah: sebuah pengkategorian ,seperti class Binatang , Mobil, Manusia ,Buah ,dan lain sebagainya.


Sebenarnya , jika kita definisikan lagi , Class itu adalah template atau blueprint. 

Mengacu definisi dari kata blueprint itu sendiri ,menurut kamus oxford dictionary  , adalah : "Sesuatu yang bertindak sebagai rencana, model, atau template untuk orang lain".



Contoh blueprint desain mobil dan rumah java
Contoh blueprint desain mobil dan rumah


Jadi untuk membuat dan mengembangkan software aplikasi ,menggunakan bahasa pemrograman Java ,kita membutuhkan kumpulan ribuan class ,yang dinamakan  Java Class Library  , yang satu paket saat kita menginstall dan setting PATH JDK(Java Development Kit) di Komputer atau Laptop ,yang biasa kita gunakan.




Berapa banyak jumlah Class di Java Class Library ? 


Jika berdasarkan jawaban , dari seorang user atau pengguna yang menanyakan di stackoverflow yaitu :
  • 6005 di java 9
  • 4240 di java 8
  • 4024 di java 7
  • 3793 di java 6
  • 3279 di java 5.0
  • 2723 di java 1.4.2*
  • 1840 di java 1.3.1*

Selengkapnya bagi kalian yang ingin,  melihat isi seluruh class Java yang ada , kalian bisa kunjungi linknya disini (All Classes).


Oke ,sekarang kita sudah tahu definisi dari sebuah class ,contoh-contohnya ,class library , dan berapa jumlah class yang ada. Sekarang kita akan coba mengenal komponen-komponen , dari suatu class secara umum ,saat kita memulai membuat suatu program.


Komponen-komponen  Class di Java:



Contoh Code :




Contoh Penggunaan Class Secara Umum di java
Contoh Penggunaan Class Secara Umum



  • Modifier :  Sebuah class ,secara default menggunakan modifier public.
  • Nama Class : Saat kita mendeklarasikan sebuah class ,sesuai dengan naming convention . Penggunaan namanya di awali huruf besar ,mengikuti pola CamelCase.
  • Super  Class : Ini adalah optional ,tergantung kebutuhan  kalian , saat membuat program. Kita mewariskanya ,dengan keyword extends ,untuk pewarisan.
  • Interface : Ini juga optional ,tegantung kebutuhan  kalian , saat membuat progam. Kita dapat menggunakan ,method-method yang ada di interface, menggunakan keyword implement.
  • Body : Ini adalah badan ,atau ruang lingkup dari suatu class yang dibatasi oleh simbol kurung kurawal {}.





B). Apa itu Object di Java?


Apa itu Object di Java ?
Apa itu Object di Java ?


Pengertian Object adalah sebuah representasi dan instansi dari Class. Object merupakan sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Object adalah  unit dasar pemrograman berorientasi objek , yang mewakili seluruh entitas di kehidupan nyata.

Object itu ibarat sebuah produk jadi yang nyata ,di kehidupan sehari-hari ,kita selalu dikelilingi benda-benda, seperti komputer ,lemari ,tempat tidur ,pakaian , jam , dan lain sebagainya ,yang bisa kalian.


Jika kita kaitkan dengan contoh blueprint desain,  pada gambar di atas dari definisi suatu class. Bayangkan jika ,kita adalah orang yang membuat dan merancangnya , berarti tujuan kita menggunakan blueprint tersebut , untuk membuat ?



Contoh kehidupan nyata sehari-hari objek mobil dan rumah di java
Contoh objek mobil dan rumah


Oke sekarang kita sudah tahu ,pengertian dan contoh dari suatu objek. Sekarang kita fokus mengenal ciri-ciri dari sebuah objek , di bahasa pemrograman Java.

Contoh ciri-ciri objek :

Contoh ciri-ciri objek di java
Contoh ciri-ciri objek


Objek terdiri dari :


  • Identitas  :  Memberikan nama unik pada suatu objek ,yang memungkinkan satu objek berinteraksi dengan objek lain. Contoh pemberian nama unik objek : santi

  • State(Atribut)  : Merupakan sebuah unsur data ,yang mencerminkan sifat-sifat suatu objek. Atribut biasanya terdiri dari sebuah data,variabel,propertie dan field.  Atribut bisa juga disebut state dari objek tersebut. Contoh dari suatu atribut : Umur, Jenis Kelamin ,dan Tinggi Badan.

  • Behavior(Method) : Merupakan sebuah perilaku dari suatu objek ,yang juga merespon suatu objek dengan objek lain. Contoh dari suatu behavior : Bernyanyi , Makan ,dan Berjalan.


Kalian bisa bayangkan sendiri contoh lainnya ,selain yang sudah dijelaskan di atas. Karena ada banyak sekali contoh , yang bisa kita ambil dunia nyata , seolah tak terbatas jumlahnya. 


Mendeklarasikan objek di Java

Seperti yang kalian lihat pada contoh gambar di bawah. Ketika sebuah objek dari class dibuat , dapat disebut juga instansiasi(dipakai) class. Semua instansi (santi , andi,budi,cici),  akan membagikan atribut dan method ,dari class.

Tetapi nilai-nilai dari setiap state atau atribut , bersifat unik untuk setiap objek. Satu class dapat memiliki banyak instansi ,tergantung kebutuhan.

Mendeklarasikan objek di java
Mendeklarasikan objek


Saat kita mendeklarasikan sebuah variable seperti (jenis nama;) . Ini akan memberi tahu compiler,  bahwa kita akan menggunakan nama ,untuk merujuk ke data yang sesuai dengan tipenya. Seperti pada contoh code berikut :


Contoh code di java
Contoh code



Jika kita mendeklarasikan variable(santi) seperti contoh code di atas. Nilai di dalam variable tersebut , belum ditentukan , atau biasa disebut null ,sampai sebuah objek benar-benar dibuat ,dan ditetapkan. Jadi hanya mendeklarasikan variable referensi,bukan berarti itu membuat objek.


Menginisialisasi objek di Java


Contoh Code :


Contoh Code membuat dan memanggil mendeklarasikan menginisialisai objek class di java
Contoh Code


Output :

Output Hasil di Contoh Code membuat dan memanggil mendeklarasikan menginisialisai objek class di java
Output Hasil



Penjelasan :

Pada contoh code program di atas  ,kita mendeklarasikan Class ,yang bernama Anak, yang berisi ConstructorSeperti yang sudah dijelaskan ,di artikel sebelumnya ,Constructor adalah method khusus ,yang tidak mempunyai kembalian, dan juga namanya harus sama dengan class.

Di dalam constructor ,kita mendeklarasikan , parameter di dalamnya , serta menggunakan keyword this ,untuk membedakan variable instansi dengan variable lokal.

Selanjutnya ,kita menggunakan method getter ,yaitu  .getNama() , getUmur() , dan getJenisKelamin()
yang digunakan untuk memanggil nilai dari suatu atribut.


Mungkin sebagian dari kalian ,ada yang bertanya-tanya ,darimana asal method .toString() , ko ada Annotations override , padahal class Anak ,tidak mewariskan (extends) Super Class.

Perlu kalian ketahui , di bahasa pemrograman Java ,saat kita membuat suatu class baru , apapun namanya. Secara diam-diam tak terlihat ,kita sebenarnya , telah mewariskan (extends) class yang bernama Object ,yang lokasi class librarinya, berada di java.lang.Object.(baca lebih lanjut)

Object adalah induk dari semua class , yang ada di bahasa pemrograman java ,baik secara langsung dan tidak langsung.

Terdapat beberapa method ,yang tersedia di class Object ,kalian bisa perhatikan lebih jelasnya pada gambar di bawah:


Contoh method class library  java.lang.Object
Contoh method class library  java.lang.Object


Seperti yang kalian sudah lihat ,  pada gambar di atas. Jadi fungsi method  .toString()  ini,  untuk mengembalikan representasi nilai-nilai string objek.


Setelah itu kita membuat dan menginisialiasi nilai objek , dengan 3 nilai argument , yaitu "Santi " , 17 dan ,"Perempuan".

Lalu kita tampilkan output hasilnya ,dengan memanggil method santi.toString()

Saat di eksekusi hasil statementnya, jika dilustrasikan akan menjadi seperti :



Contoh ilustrasi membuat dan menginisialiasi objek java
Contoh ilustrasi membuat dan menginisialiasi objek 


Semua class baru memiliki setidaknya 1 constructor. Jika kita tidak secara eksplisit menentukan nilai argument apa pun , compiler java secara otomatis menyediakan constructor tanpa argument, atau bisa disebut juga constructor default.


Cara membuat objek dari suatu class di java :


Syntax cara membuat objek baru di suatu class di bahasa pemrograman java
Syntax cara membuat objek baru di suatu class



Di java  kita menggunakan operator atau keyword new , untuk membuat objek baru, lalu mengalokasikan memori untuk objek ,yang akan ditangani saat run time (program di jalankan)

Pada contoh code di atas ,kita menggunakan "andi" sebagai variable referensi, dari class Anak.

Lalu "new Anak()"  , adalah objek yang sebenarnya. Lebih tepatnya lagi , akan mengalokasikan memori untuk membuat objek.



Post a Comment for "Belajar Mengenal Contoh Class dan Object di Program Java"