Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Fitur Google Assistant Indonesia di Android Nougat

Pada awal bulan April 2018 lalu , Google telah resmi merilis Google Assistant ,dengan Bahasa Indonesia, yang dimana sebelumnya hanya tersedia versi Bahasa Inggris saja. Bagi kalian user atau pengguna , yang belum mengenal apa itu  Google Assistant. Google Assistant adalah salah satu aplikasi milik Google , yang mirip dengan aplikasi Siri milik Apple, yang fungsinya sebagai Asisten (pembantu) , untuk membantu user atau pengguna ,dalam melakukan berbagai aktivitas ,lewat perangkat Android mereka. 

Seperti misalnya ,menjawab pertanyaan user atau pengguna ,tentang info terbaru ,cuaca hari ini , olahraga , berita terbaru , menerjemahkan bahasa ,dan lain sebagainya.

Tips Cara Mengaktifkan Fitur Aplikasi Google Assistant Berbahasa Indonesia di Android Lollipop Nougat
Google Assistant juga dapat melakukan aktivitas , yang biasa kita lakukan sehari-hari , seperti mengirim sms, menyetel reminder (pengingat), mencari email ,serta masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan Google Assistant ,yang bisa kalian coba sendiri tentunya.

Pada artikel tentang tips android kali ini ,saya akan membahas tentang bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Google Assistant , dengan Bahasa Indonesia di Android Nougat. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :









Spesifikasi Minimal Android Untuk Menjalankan Aplikasi Google Assistant:


1.Sebelum itu ,agar dapat menjalankan aplikasi Google Assistant ,dengan Bahasa Indonesia ini. Pastikan hape atau smartphone Android kalian , minimal  menggunakan OS(sistem operasi)  Android Lolipop 5.0 ke atas. Sebagai contoh disini saya menggunakan Samsung Galaxy J5 2016 ,dengan OS Android Nougat 7.1.1 ,yang sudah di update. Serta pastikan juga bahasa yang tersetting,  menggunakan Bahasa Indonesia.


Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Aplikasi Google Assistant: 


2 . Pertama-tama  kalian sentuh atau tahan tombol Home , di hape atau smarphone Android kalian.


Contohnya ,seperti pada gambar berikut :



Tombol Home di Samsung Galaxy J5 2016
Tombol Home di Samsung Galaxy J5 2016 (source )


3. Selanjutnya , kalian pilih tombol Lanjutkan. Seperti pada gambar di bawah :

Google Assistant Bahasa Indonesia
Menaktifkan Google Assistant  Bahasa Indonesia

4. Setelah itu kalian juga dapat mengaktifkan Dapatkan info terkait konten yang ada di layar , dengan menekan tombol switch ke kanan. Jika sudah pilih tombol Berikutnya.


Google Assistant Bahasa Indonesia
Menggunakan Google Assistant  Bahasa Indonesia secara optimal



5. Sampai sini , kalian sudah berhasil mengaktifkan fitur Aplikasi Google  Assistant Berbahasa Indonesia. Sekarang kalian tinggal ikuti instruksi,  atau perintah yang diarahkan asisten kalian. Seperti mainkan game , setel alarm ,dan lain sebagainya. 

Jika ingin memberikan perintah suara , kalian cukup tekan tombol voice di bagian tengah bawah, dan juga untuk mengatur settingan kalian bisa pilih tombol di bagian pojok kanan atas.



Memberi perintah suara dan mengatur settingan Google Assistant  Bahasa Indonesia
Memberi perintah suara dan mengatur settingan Google Assistant  Bahasa Indonesia


Demikian artikel tips tentang , Cara Mengaktifkan Fitur Google Assistant Bahasa Indonesia di Android Nougat. Dengan adanya fitur  Aplikasi Google Assistant ini , pastinya sangat berguna dan bermanfaat ,bagi user atau pengguna , yang membutuhkan kecepatan akses , dan juga untuk produktivitas.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Fitur Google Assistant Indonesia di Android Nougat"