Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Menghitung Nilai Angka Positif ,Negatif dan Nol di Java

Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membuat contoh program , tentang  menghitung nilai angka positif ,negatif dan nol ,dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Seperti yang saya sudah jelaskan di artikel sebelumnya. Bilangan positif merupakan kumpulan bilangan atau angka yang mempunyai nilai lebih besar dari (>) atau sama dengan 0. Sedangkan bilangan negatif merupakan kumpulan bilangan atau angka yang mempunyai nilai kurang dari atau lebih kecil dari 0. Nol berada di tengah-tengah keduanya.



Contoh Program Cara Mencari Menghitung Jumlah Bilangan Nilai Angka Positif ,Negatif dan Nol di Java



Jika di artikel sebelumnya ,kita telah membuat contoh program tentang menentukan atau memeriksa bilangan positif atau negatif.  Bedanya disini kita akan mencoba menghitung berapa banyak jumlah bilangan atau angka yang bernilai positif ,negatif ,dan nol ,yang di inputkan user atau pengguna. Jadi pertama user atau pengguna,  akan mendefinisikan jumlah batasan input nilai angkanya , lalu  user akan menginputkan nilai angka atau bilangan, yang selanjutnya akan di hitung jumlahnya  yang bernilai positif , negatif , dan nol. Selengkapnya mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:


Contoh Code :
Contoh Code Program Menghitung Nilai Angka Positif ,Negatif dan Nol di Java
Contoh Code


Penjelasan :

Pada contoh code program diatas ,pertama kita inisialisasi dan deklarasi variable angka , hitungPositif, hitungNegatif , hitungZero , dan index.


Disini pastinya kita akan gunakan Array , untuk mentukan max panjang atau jumlah array ,yang diinputkan kita definisikan nilainy menjadi 50.


Lalu kita instansikan objek input , untuk mengambil nilai input user , berdasarkan jumlah atau nilai angka yang ingin di input , dan juga menginputkan bilangan atau angka yang bernilai positif ,negatif ataupun nol.

Selanjutnya . kita akan gunakan 2 looping for , untuk menampilkan nilai dari  bilangan atau angka yang diinputkan user atau pengguna, dan juga untuk menentukan mana , yang termasuk bilangan atau angka yang bernilai positif ,negatif ,dan nol.

Setelah itu , kita tampilkan output hasilnya.


Output :
Output Hasil Contoh Program Menghitung Nilai Angka Positif ,Negatif dan Nol di Java
Output Hasil


Post a Comment for "Contoh Program Menghitung Nilai Angka Positif ,Negatif dan Nol di Java "