Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunjungi Tampilan Halaman Situs Web Jaman Dulu

Pernahkah terbesit di dalam pikiran ,kalian bisa mengunjungi tampilan situs web jaman dulu. Kita mungkin bisa saja mengetikan keywordnya  lewat Google Image , namun itu hanya sebatas situs web terkenal saja, yang dapat kalian lihat.  Bagaimana  jika situs web tertentu atau yang kalian ingin kunjungi ?. Ibarat seperti mesin waktu   kita bisa mengunjungi tampilan situs web jaman dulu , lewat  situs web yang akan dibahas di dalam artikel ini. Selain itu juga , kalian bisa mengunjungi tampilan situs web, yang sudah terhapus di database. Pada artikel kali ini,  saya akan membahas tentang bagaimana cara mengunjungi tampilan situs web jaman dulu. Berikut mari kita simak selengkapnya :


Cara Mengunjungi Visit Melihat Tampilan Menampilkan Halaman Situs Web jJadul Jaman Dulu






1. Pertama kalian bisa kunjungi situs web https://web.archive.org/.


2. Kalian bisa masukan url situs web yang ingin kalian kunjungi , pada kolom yang di tunjukan pada gambar dibawah:


Internet Archive Wayback Machine Home Page
Internet Archive Wayback Machine Home Page


Sekilas tentang Internet Archive Wayback Machine.  Dilihat dari judul pada situs web ini,  beberapa diantara kalian mungkin sudah mengerti , kegunaan dari situs web ini itu untuk apa. Yup , situs web ini akan memuat arsip atau database , dari halaman situs web di seluruh dunia dari tahun ke tahun , berupa screenshoot atau snapshoot , lewat cara crawler yang mereka  gunakan pada situs web Alexa Internet. 


Manfaatnya ,itu tergantung kebutuhan kalian masing-masing. Yang pasti , kita bisa mengetahui sejarah website dari tampilan awal atau jadul (jaman dulu), sampai tampilan modern atau sekarang.

Kekuranganya ,mungkin ada beberapa situs web yang tidak sempurna tampilanya , dikarenakan  situs web ini ,tidak mampu menangkap Javascript , dan juga mungkin sang pemilik situs web , memblock beberapa halaman ,agar tidak di crawl atau ditampilkan oleh robot(baca : robot.txt Google).




3. Selanjutnya , contoh disini saya ingin mengunjungi tampilan situs web detik.com jaman dulu. Kalian bisa memilih berdasarkan tahun dan tanggal. Seperti pada gambar dibawah :



detik.com di Wayback Machine
detik.com di Wayback Machine


4.  Berikut Contoh tampilan situs web detik.com , pada tanggal 24 bulan Juni tahun 2005.




detik.com tampilan situs web jadul jaman dulu di tahun 2005 Wayback Machine
detik.com di tahun 2005


Setelah itu , kalian bisa merubahnya dari tahun ke tahun , lewat navigasi yang disediakan di bagian atas. Atau kalian juga bisa mengunjungi situs web lainya.


Post a Comment for "Cara Mengunjungi Tampilan Halaman Situs Web Jaman Dulu"