Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Apa itu Thread pada Program Java

Thread adalah class library yang mengatur setiap aliran eksekusi pada suatu program di bahasa pemrograman Java. Pada dasarnya suatu program , memiliki setidaknya minimal satu single Thread.  Akan menjadi masalah , ketika suatu program menerima banyak action atau eksekusi ,di waktu yang bersamaan, lalu program tidak dapat mengatasinya. Thread akan mengatur tentang ,kapan suatu eksekusi program di jalankan ,di hentikan sementara , di matikan(diselesaikan) atau di jalankan bersamaan. Untuk menjalankan sebuah thread kita bisa menggunakan keyword  extends(Mewariskan) pada class library Thread ,   atau  menggunakan keyword implements(Mengimplementasi) dari interface Runnable . Pada artikel belajar java kali ini , kita akan membahas salah satu contoh penggunaan Thread , di dalam bahasa pemrograman Java. Berikut mari kita simak lebih lanjut:


cara mengimplementasikan thread pada java,contoh fungsi coding program thread pada java ,pengertian apa itu thread bahasa pemrograman java


1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.


2.  Kalian bisa perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:


Contoh Code:

Method sleep() di Thread java
Method sleep() di Thread



Penjelasan :

Pada contoh code diatas kita akan mencoba menjalankan suatu perintah loop , dengan menggunakan Thread. Untuk menjalankan sebuah eksekusi program dengan Thread , kita bisa menggunakan method void run()  ,yang berasal dari interface Runnable ,serta juga di implementasi oleh class Thread. Alternatif lain juga ,kita bisa menggunakan method void start(), yang telah di definisikan di class Thread.


Di dalam method void run() ,kita akan mengeksekusi handling try catch {} . Di dalam block try  kita menggunakan looping , untuk menampilkan output text ,yang Tampil sebanyak 5x. Lalu kita menggunakan method Thread.sleep untuk menjeda atau mendelay ,setiap tampilan output pada perulangan pertama atau ke 1 sampai terakhir atau ke 5. Lamanya jeda atau delay ,tergantung seberapa satuan milidetik yang kita tentukan. Dalam contoh code diatas kita menggunakan 600 milidetik. Karena kita menggunakan Thread.sleep , kita wajib menggunakan exception di block catch, dengan menggunakan InteruptedException atau Exception.

Selanjutnya kita jalankan method tersebut, dengan menginstanstiasi objek  dengan keyword new,lalu menjalankan method run() atau start(). Sehingga tampilan hasil outputnya ,akan terlihat pada contoh gambar di bawah:


Output:

Hasil Output Thread Sleep Program Java
Hasil Output Thread Sleep















Baca juga :



Post a Comment for "Belajar Mengenal Apa itu Thread pada Program Java"