Belajar Membuat Aplikasi Input dan Output Kotlin Android
Input dan Output adalah suatu proses mengambil atau menangkap suatu data(nilai atau value) ,yang di lakukan oleh user atau pengguna , yang dimana nantinya akan di terima , lalu di proses oleh sistem ,dalam hal ini bahasa pemrograman. Kemudian hasilnya akan ditampilkan ,berdasarkan inputan data(nilai atau value) ,yang dimasukan oleh user atau pengguna. Jika di artikel tutorial belajar Kotlin sebelumnya ,saya telah mencobanya ,menggunakan Input dan Output ,dengan data text , yang dimana saya masih menggunakan Software IntelliJ IDEA. Pada artikel tutorial belajar Kotlin kali ini , kita akan menerapkan Konsep Input dan Output Data(nilai atau value), pada Aplikasi Android, dengan menggunakan Android Studio pastinya. Mari kita simak lebih lanjut :
Jika kalian masih belum familiar dengan Kotlin ,dan juga passing data antar Activity , disarankan kalian membaca artikel sebelumnya , terlebih dahulu :
- Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android
- Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android
Membuat Activity Kotlin baru :
1. Pertama-tama , seperti biasa kalian bisa buka Android Studio , dengan project baru atau yang sudah ada.
2. Disini posisi nya saya menggunakan Kotlin (MainActivity.kt), yang dimana sudah di convert ,dan di coding ulang dari Empty Activity. Lalu disini saya akan membuat Actvity Kotlin baru , yang bisa kalian lakukan dengan cara :
- Klik kanan pada package , di project explorer bagian kiri , lalu pilih New , Pilih Kotlin Activity.
Membuat Kotlin Activity baru |
- Seperti biasa , pilih Empty Activity , lalu pilih tombol Next.
Menambah Empty Activity |
- Sebenarnya secara teknis , sama halnya saat kita ingin membuat Activity baru ,dengan bahasa pemrograman Java. Yang pasti perbedaanya ,tentu saja setelah kita buat , bahasa pemrogramanya (Empty Activity) akan secara otomatis menggunakan bahasa pemrograman Kotlin. Disini kalian tinggal tentukan nama Activity , pada kolom Activity Name ,lalu nama layout file xml pada kolom Layout Name , jika sudah pilih tombol Finish.
Customize the Activity |
Desain Layout:
3. Sebelum kita membahas bagian baris logic coding pada Activity , dengan bahasa pemrograman Kotlin. Kita disini akan mendesain layout terlebih dahulu.
Disini saya menggunakan dua layout yang bernama , activity_main.xml (default) ,dan activity_output.xml. Kalian bisa lihat contoh desain , berserta codenya seperti ini :
Contoh design activity_main.xml |
activity_main.xml :
activity_main.xml |
Contoh activity_output.xml |
activity_output.xml
activity_output.xml |
Coding Activity Kotlin:
4. Setelah kita selesai mendesain layout , waktunya kita melakukan coding pada Activity ,menggunakan bahasa pemrograman Kotlin , yang dimana sebelumnya masih kosong dalam keadaan Empty Activity. Mari kita bahas lebih lanjut :
Disini saya menggunakan 2 Activity yaitu , MainActivity.kt(default) dan OutputActivity.kt .
MainActivity.kt
MainActivity.kt |
Penjelasan :
Kita mulai dari atas ,seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Disini kita menggunakan import kotlinx.android.synthetic.main.activity_main.*, yang dimana kita tidak perlu binding view dengan menggunakan findViewById() lagi. Jadi kita hanya perlu memanggil berdasarkan nama ID pada layout xml.
companion object digunakan sebagai pengganti untuk tipe variable untuk constant object in a class , pada bahasa pemrograman Kotlin, yang dimana saya gunakan untuk membuat Key dari tipe data berpasangan Key-Value , pada objek dari tipe data Bundle ,untuk membungkus dan mempassing data antar Activity.
Lalu untuk membuat judul atau subjudul ,pada Action bar di Aplikasi, disini kita hanya perlu menggunakan supportActionBar?.title , dan supportActionBar?.subtitle ,lalu kita isi nilainya yang sesuai dengan tipe data String.
tombolRegistrasi , adalah nama ID dari Button , yang telah didefinisikan pada layout xml (activity_main.xml).
lalu diikuti method .setOnClickListener untuk interaksi Button.
Selanjutnya disini saya menggunakan cek kondisi if dan else if , yang dimana untuk kolom yang kosong, , yang peringatanya ditampilkan lewat pesan text Toast.
isEmpty = jika nilai atau value kosong.
isNotEmpty() = jika nilai atau value tidak kosong.
checkedRadioButtonId == -1 digunakan untuk tipe data boolean , seperti pada RadioButton , jika nilai atau value kosong.
isEmpty = jika nilai atau value kosong.
isNotEmpty() = jika nilai atau value tidak kosong.
checkedRadioButtonId == -1 digunakan untuk tipe data boolean , seperti pada RadioButton , jika nilai atau value kosong.
Untuk membuat objek intent ,yang digunakan untuk menghubungkan antar Activity, kita menggunakan val intent = Intent(this, OutputActivity::class.java). Diikuti objek bundle untuk membungkus dan mempassing data atau nilai/value antar Activity.
Lalu Key-Value nya berisi seperti NAMA, inputNama.text.toString() . InputNama adalah Nama ID dari EditText pada layout layout xml (activity_main.xml)
text adalah salah satu Properties ,pada bahasa Kotlin , untuk menggantikan getText dan setText. Jadi kita hanya perlu menggunakan text , untuk memanggil keduanya sekaligus. toString() seperti pada bahasa pemrograman Java ,digunakan untuk mengconvert nilai ke dalam tipe data String.
Di bawahnya ,kita membuat method untuk memanggil toast dengan
fun toast(message: String, length: Int = Toast.LENGTH_LONG) {
//method memanggil toast
Toast.makeText(this, message, length).show()
}
Jadi kalian hanya perlu memanggil toast ( "ISI TEXT" ,panjang durasi).
OutputActivity.kt
OutputActivity.kt |
Penjelasan :
Pada Activity ke dua kita hanya perlu memanggil data dari Intent , yang telah dibuat
dengan val bundle = intent.extras . Sebelumnya kita menggunakan getIntent ,dan getExtras , di bahasa Java. Namun di bahasa Kotlin , dengan Properties kita hanya perlu menggunakan intent dan extras.
Seperti outputNama.text = ("Nama : " + bundle.getCharSequence(MainActivity.NAMA))
5. Kemudian , jika sudah selesai semua kita jalankan Aplikasinya lewat Android Studio.
Cara Kerja Aplikasi :
User atau pengguna diminta , untuk menginputkan data seperti Username , Password , Alamat Email , dan Jenis Kelamin , pada Activity 1, jika sudah terisi , user atau pengguna mengklik tombol Registrasi. Selanjutnya pada Activity 2 , akan menampilkan output data berdasarkan data , yang sudah terisi pada Activity 2.
Baca juga sebelumnya : Belajar Input dan Output Data di Bahasa Program Kotlin
Post a Comment for "Belajar Membuat Aplikasi Input dan Output Kotlin Android"
Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP