Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android
Jika kita mengacu pada situs resmi developer.android.com , pertama-tama saat kita ingin membangun Aplikasi pertama kali, kita di instruksikan untuk membangun Aplikasi antarmuka sederhana , dengan mengunakan widget EditText dan Button , lalu selanjutnya saat user atau pengguna menjalankan Aplikasinya . User atau pengguna , akan menginputkan textnya pada kolom input (EditText) , pada Activity Satu , lalu saat menekan tombol (Button) , pada Activity Dua akan tampil text (TextView) berdasarkan inputan user atau pengguna tersebut. Nah ,begitulah yang akan kita bahas pada artikel tutorial belajar android kali ini , disini kita akan mencoba belajar mempassing atau melempar nilai dari Activity satu ke Activity lainya pada Aplikasi Android.
1. Pertama-tama pastinya kalian bisa membuat project baru, atau yang sudah ada di Android Studio.
2. Lalu pada bagian package (contoh disini :com.okedroid.contohaplikasi) , klik kanan pada mouse kalian , kita akan membuat Activity baru. Pilih New > Activity > Empty Activity . Selengkapnya bisa lihat pada gambar dibawah:
Membuat Activity Baru |
3. Selanjutnya ,pada bagian Configure Activity , kalian bisa mengisi pada bagian Activity Name (Contoh : SecondActivity) ,dan Layout Name (Contoh : activity_second) terserah kalian memberi atau mengisi namanya apa. Jika sudah bisa pilih tombol Finish.
Configure Activity |
4. Sebelum kita membahas code atau codingan logic pemrograman pada Activity , kita akan mendesign layoutnya terlebih dahulu. Karena disini saya menggunakan Constraint Layout , kalian bisa membaca artikel sebelumnya , untuk belajar mengenal Apa itu Constraint Layout.
Baca sebelumnya : Belajar Membangun Responsive UI ConstraintLayout di Android Studio
Atau kalian bisa juga menyalin code berikut pada layout activity_main.xml dan activity_second.
activity_main.xml
activity_second
Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya ,disini kita menggunakan EditText ,Button dan TextView di dalam ConstraintLayout.
5. Setelah itu ,jika kita sudah selesai mendesign layoutnya , disini kita akan mulai menulis code atau codingan logic pemrograman pada Activity , khususnya pada MainActivity.java dan SecondActivity.java. Berikut selengkapnya mari kita bahas:
MainActivity.java
Penjelasan :
Karena disini kita akan mempassing atau meneruskan nilai , dari Activity satu ke Activity lainya. Dimana di dalam codingan MainActivity.java akan difungsikan sebagai pengirim(sender). Sedangkan di dalam codingan SecondActivity.java , akan difungsikan sebagai penerima (receiver). Untuk menghubungkan antar Activity satu ke Activity lainya , disini kita menggunakan class atau library Intent. Intent juga dapat membawa dan meneruskan nilai , dengan tipe data berpasangan ,atau yang biasa kita kenal key-value.
Seperti yang kalian lihat pada code diatas , disini kita mendefinisikan dan menginisialisasi tipe data konstanta dan static , dengan variable yang bernama EXTRA_MESSAGE (sebagai Key). (Baca lebih lanjut : Keyword Static)
Karena di dalam layout activity_main.xml tepatnya pada widget Button , kita telah mengisi atribut dengan android:onClick="kirimPesan".
Maka di dalam MainActivity.java , kita hanya perlu membuat method void kirimPesan(View view) {}.
Method ini akan dipanggil, ketika user atau pengguna mentap atau memilih Button.
Jadi secara praktis ,kita tidak perlu lagi menginisialisasi ,dan membuat objek dari Button ,dan juga menggunakan method OnClickListener,
Nah di dalam method kirimPesan() , kita membuat objek dari class Intent , nah disini Intent dapat menerima parameter dari Context (this ) dan Class(SecondActivity.class). (Baca : tentang Context dan keyword this ).
Setelah itu kita membuat objek dari class EditText , lalu mengakses resource id dari editText yang sudah di definisikan di layout.
Untuk mengkonversi dan mengambil inputan text , berdasarkan inputan user atau pengguna, di kolom widget EditText kita menggunakan method .getText().toString(); di objek editText
Selanjutnya kita simpan di dalam variable message dengan tipedata String , yang dimana kita akan jadikan sebagai Value.
Lalu pada objek intent kita akan menggunakan method .putExtra(EXTRA_MESSAGE,message); , yang membawa tipe data berpasangan key-value , yaitu EXTRA_MESSAGE dijadikan sebagai Key , dan message dijadikan sebagai Value.
Kemudian kita jalankan objek intent , dengan menggunakan startActivity(intent);
SecondActivity.java
Penjelasan :
Seperti yang saya sudah katakan sebelumnya ,karna di dalam codingan SecondActivity.java , akan difungsikan sebagai penerima (receiver). Maka, logic pemrogramanya akan berbeda dibandingkan dengan yang ada di dalam MainActivity.java.
Disini kita membuat objek intent , lalu menggunakan method getIntent() untuk menerima dan mengambil nilai yang berada di Activity baru, yang dimana disini bernama SecondActivity.java.
Kemudian objek intent menggunakan method getStringExtra() untuk mengextract String , yang parameternya berdasarkan Key dari MainActivity.EXTRA_MESSAGE. Lalu disimpan ke dalam variable message dengan tipedata String.
Setelah itu kita buat objek textView , lalu mengakses resource id textView yang sudah di definisikan di layout.
Pada objek textView kita menggunakan method setText() ,untuk menampilkan output atau tampilan text berdasarkan nilai yang disimpan di dalam variable message.
6. Pada AndroidManifest.xml akan tersetting seperti ini:
7. Jika sudah selesai semua , sekarang kita coba jalankan Aplikasinya dengan menggunakan tombol Run di Android Studio. Kira-kira hasilnya akan terlihat pada video dibawah:
Post a Comment for "Belajar Mempassing Nilai dari Activity satu ke Activity lainya Android "
Silakan berkomentar dengan baik ,jangan SPAM di komentar ini . NO BACKLINK /LINK HIDUP