Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mengenal Exception Handling dalam Coding Java

Exception Handling adalah suatu mekanisme untuk penanganan masalah saat terjadi erorr atau malfunction , saat Aplikasi dijalankan (Runtime ). Exception Handling merupakan fasilitas java, yang sangat penting, saat kita mengembangkan sebuah Aplikasi yang semakin kompleks kedepanya. Karena ditujukan untuk menangani masalah ,dari beberapa faktor dari kondisi yang tidak terduga. Meskipun tidak semua erorr dapat ditangani ,namun setidaknya ini akan lebih memudahkan programer ,dalam menangani masalah error.



Belajar Mengenal Exception Handling dalam Coding Java



Hirarki dari Exception di Class Java :

Hirarki Susunan Bagan Exception Object Java
Hirarki Exception Class Java (source : javatpoint)


Saat kita coding khususnya  di dalam bahasa pemrograman Java, terdapat 3 jenis exception yang dapat kita kenali. diantaranya adalah :

- CheckedException 

Exception jenis ini merupakan suatu Class yang mewarisi class dari Throwable kecuali RunTime Exception ,lalu bug atau erorr akan dikenal sebagai CheckedException. Seperti IOException ,SQLException dll. Termasuk kedalam Compile-time Error ,dimana saat kita coding di code editor java ,maka akan dapat dikenali dan dideteksi oleh sistem.


- UncheckedException 

Exception jenis ini merupakan suatu Class yang mewarisi class dari RuntimeException ,lalu bug atau erorr akan dikenal sebagai UncheckedException. Seperti ArithmeticException, NullPointerExceptionNumberFormatException,dll. Termasuk kedalam Runtime Error, dimana akan dikenali dan dideteksi ,saat Aplikasi dijalankan dan digunakan.

-Error

Exception jenis ini merupakan sebuah error yang terjadi diluar dari 2 jenis Exception diatas. Seperti :VirtualMachineError ,AssertionError. dll.



Untuk menggunakan Exception Handling , kita bisa menggunakan 5 keyword berikut saat kita coding dengan bahasa pemrograman Java:


1. try : adalah salah satu keyword di dalam bahasa pemrograman Java , yang digunakan untuk menjalankan  dan memproses block program ,yang berpotensi akan mengalami error nantinya. Keyword ini biasa disandingkan dengan keyword catch atau finally. Kalian bisa menggunakan keyword try secara bersarang (nested).

Contoh coding :

Contoh try exception handling java
Contoh try


 Output:

java.lang.ArithmeticException: / by zero


2. catch :adalah salah satu keyword di dalam bahasa pemrograman Java ,yang digunakan untuk menangkap terjadinya bug atau error,  yang terjadi pada block program didalam keyword try.  Nah setelah itu programer atau developer ,dapat membuat statement(pernyataan) ,mengenai bug atau error tersebut ,bisa berupa text atau lainya. Seperti : Data file tidak ada ,Format Penulisan salah, dll. Kalian bisa menggunakan keyword catch ,lebih dari satu dalam bahasa pemrograman java.

Contoh coding :


Contoh catch exception handling java
Contoh catch




3. finally : adalah salah satu keyword di dalam bahasa pemrograman Java ,yang digunakan untuk menampilkan statement(pernyataan) ,pada setiap block program yang telah dieksekusi. Jadi ketika block program telah dieksekusi ,maka akan menampilkan statement yang ada di keyword finally ,baik block program itu mengalami bug atau erorr ,ataupun tidak sama sekali,


Contoh coding :

Contoh finally exception handling java
Contoh finally



 Output :

Terjadi kesalahan
Program telah dijalankan

4. throw :adalah salah satu keyword di dalam bahasa pemrograman Java ,yang digunakan secara eksplisit, untuk melempar exception. Jadi kita bisa menggunakan CheckedException atau UncheckedException di dalam keyword throw.


Contoh coding :


Contoh throw exception handling java
Contoh throw


 Output:

Exception in thread "main" java.lang.ArithmeticException: Umur tidak Valid



5. throws : adalah salah satu keyword di dalam bahasa pemrograman Java ,yang digunakan untuk mendeklarasikan sebuah exception ,yang kemungkinan terjadi bug atau error. Jadi kita akan mendeklarasikan exception terlebih dahulu,sebelum penangganan bug atau erorr.

Contoh coding :

Contoh throws exception handling java
Contoh throws



 Output :

java.lang.NullPointerException


Post a Comment for "Belajar Mengenal Exception Handling dalam Coding Java"